5 Cara Membuat Slime yang Mudah dan Bagus

Cara Membuat Slime

Waktuku.comCara membuat slimeSlime merupakan gumpalan yang menyerupai jelly dan memiliki tekstur kenyal apabila disentuh. Fungsi utama slime adalah untuk membersihkan debu di sela-sela keyboard ataupun kaca.

Namun di zaman yang serba canggih ini slime mulai dijadikan mainan edukasi untuk anak-anak. Bentuk slime dapat diubah-ubah dan di eksplorasi sesuai keinginan anak. Ada banyak cara untuk membuat slime dan bahan yang digunakanpun beraneka ragam.

Bagi anda yang menginginkan slime, lebih baik anda mencoba membuat slime sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan disekitar anda, daripada anda membeli slime di pasaran, karena slime yang beredar di pasaran belum tentu aman bagi anak, bisa saja slime yang dijual dipasaran di olah dengan menggunakan bahan berbahaya yaitu borax.

Borax merupakan mineral yang dapat menimbulkan iritasi apabila kita bersentuhan dengannya. Slime yang mengandung campuran borax sangatlah berbahaya bagi anak-anak anda.

Untuk itu akan lebih baik jika slime yang dimainkan oleh anak anda merupakan hasil buatan anda sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang aman. Berikut akan kami paparkan cara-cara mudah membuat slime tanpa borax yang aman bagi keluarga anda.

Fungsi Slime

Saat ini mainan yang bernama slime tengah meroket tajam di kalangan masyarakat kita. Mainan ini snagat digemari karena dapat dibentuk beraneka rupa dan sangat mudah dimainkan oleh anakan-anak.

Meskipun slime identik dengan mainan anak-anak, namun bukan berarti slime tidak berguna untuk orang dewasa. Ternyata slime memiliki beragam manfaat, diantaranya:

1. Membersihkan sela-sela keyboard

Slime memiliki sifat yang lengket, sehingga sangat memungkinkan untuk digunakan sebagai penyerap kotoran di sela-sela keyboard. Caranya adalah dengan menempelkan slime pada bagian-bagian keyboard yang hendak anda bersihkan. Dengan begitu kotoran akan menempel di slime dan keyboard anda akan terlihat lebih bersih dan mengkilap.

2. Sebagai tempat pulpen dan pensil

Bagi anda yang suka berkreasi, anda juga dapat memanfaatkan slime sebagai tempat pensil, pulpen dan berbagai tempat untuk menyimpan peralatan tulis lainnya.

3. Mengendalikan emosi

Banyak orang yang biasanya akan merusak barang saat stress atau marah. Nah kini hal itu dapat dihindari, dengan adanya slime anda dapat menghancurkannya tanpa takut rugi, karena barang yang terbuat dari slime dapat dengan mudah dibentuk kembali meskipun telah anda remuk-remukkan.

4. Pembersih kipas angin dan ac mobil

Bagi anda yang kesulitan membersihkan kipas angin kini anda tidak perlu khawatir lagi. Karena slime slime dapat dibentuk dan difungsikan sebagai pembersih debu-debu yang menempel di kipas angin dan juga di sela-sela ac mobil anda

5. Penghias ruangan

Ruangan yang polos tentu saja terlihat lebih sepi dan kurang bergairah. Untuk itu anda dapat memanfaatkan slime dengan berbagai bentuk yang kemudian dapat anda tempelkan di dinding kamar anda.

Cara Membuat Slime Dengan Menggunakan Berbagai Macam Bahan:

Slime Dari Tepung Kanji

Slime dari tepung kanji

Karena tepung kanji dianggap menjadi bahan yang paling gampang ditemukan, juga harganya yang benar-benar terjangkau, maka cara membuat slime pertama juga menggunakan tepung kanji. Bahan-bahan yang sudah harus anda persiapkan terlebih dahulu ialah:

– Tepung kanji sebanyak 2 gelas
– Air bersih sebanyak 400 ml
– Pewarna makanan sebanyak 3 hingga 3 sendok the
– Minyak goreng cukup setengah gelas

Setelah semua bahan tadi sudah anda siapkan, kini saatnya mulai melakukan langkah dan cara membuat slime berikut ini.

1. Siapkan wadah terlebih dahulu, cukup dengan ukuran sedang saja karena bahannya memang tidak terlalu banyak. Bersihkan dulu dengan air baru kemudian tinggal anda keringkan

2. Ketika wadah sudah kering, cara membuat slime kedua ialah dengan memasukan seluruh tepung janji ke dalam wadah dan ratakan sambil mulai diuleni

3. Selanjutnya, tuangkan air bersih tadi. Jangan langsung semuanya, namun secara bertahap dan sedikit-sedikit saja. pastikan juga agar anda selalu mengaduk dan menguleninya sehingga tidak akan ada tepung yang menggumpal

4. Kini saatnya anda untuk memasukkan minyak goreng. Jika sudah memasukan seluruh minyak goreng namun adonan dirasa masih terlalu keras, maka anda bisa menambahkan sedikit air dan minyak goreng lagi. Lakukan cara membuat slime ini dengan hati-hati atau adonan slime anda akan menjadi terlalu encer.

5. Dan sampailah pada cara membuat slime yang terakhir, yakni dengan memasukan pewarna makanan pada adonan slime. Aduk pewarna ini sampai rata sehingga warna nya pun akan merata.

6. Kini, nada hanya perlu memasukan adonan yang sudah jadi tadi ke dalam plastik dan mengikatnya yang erat. Dan slime pun sudah siap untuk anda mainkan.

Slime dari Lem FOX

slime dengan lem fox

Bahan lain yang juga sering kali dijadikan bahan utama dalam membuat mainan slime ialah lem fox. Harganya memang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan tepung kanji. Namun tekstur yang dihasilkan nantinya juga akan lebih kenyal dan menggemaskan.

Bahan yang harus anda persiapkan untuk mengikuti cara membuat slime dengan lem Fox ialah

– Lem fox, atau bisa juga anda ganti dengan Lem Povinal atau Lem UHU. Lem ini biasanya juga digunakan oleh pelajar.
– Air secukupnya
– Deterjen atau sabun cair. tidak perlu terlalu banyak, maksimal hanya 100 ml saja. deterjen ini akan menggantikan peranan borax yang memang tidak dianjurkan unutk digunakan oleh anak-anak.
– Sendok untuk dijadikan alat pengaduk
– Mangkuk berukuran sedang sebagia wadah
– Pewarna makanan

Jika semua bahan tadi sudah tersedia, barulah kini anda bisa memulai untuk membuatnya, dan cara membuat slime ialah sebagai berikut

1. Masukan lem ke dalam wadah bersih berukuran sedang yang sudah disiapkan tadi. Tak perlu terlalu banyak, tiga sendok saja sudah cukup

2. Setelahnya, cara membuat slime yang perlu anda lakukan ialah memberikan pewarna makanan. Sebenarnya anda bisa bebas memberikan pewarna makanan ini sebanyak yang anda mau, namun agar tak berlebihan 2 tetes pewarna saja sudah cukup mempercantik warna slime anda nanti

3. Aduk terus lem dan pewarna tadi sehingga warnanya bisa merata dan menjadi seperti yang anda bayangkan

4. Jika sudah, kini saatnya menambahkan sedikit deterjen atau sabun cair. Tak berbeda jauh dengan cara membuat slime sebelumnya, anda juga sebaiknya jangan memasukan deterjen ini terlalu banyak.

5. Aduk lagi hingga cukup lama sehingga bahan yang sudah anda campurkan bisa menggumpal dan menjadi adonan yang seharusnya.

6. Jika sudah, tambahkan sedikit lagi sabun ke dalam wadah adonan sehingga slime tidak terasa lengket ketika anda sentuk dengan tangan. Kali ini, anda tidak perlu mengaduknya lagi.

7. Kini, ambilah slime dari wadah semula dan pindahkan ke wadah lain yang sudah anda isi dengan air. Biarkan dan tunggu hingga sekitar 3 menit.

8. Dan terakhir, slime anda sudah siap untuk dimainkan sendiri atau bersama teman yang memang suka bermain slime.

Slime dari Susu Cair

Slime dari susu cair

Kedua bahan yang sudah disebutkan tadi memang menjadi bahan yang sangat umum untuk membuat slime. Namun, sebenarnya ada cara membuat slime lain yang bisa anda lakukan, yakni dengan menggunakan susu cair.

Istimewanya, slime kali ini juga bisa dikonsumsi. Jadi, anda bisa membuatnya bersama dengan anak dan kemudian juga bisa memakannya bersama. Sepertinya akan menjadi hal yang menyenangkan bukan? Agar tak penasaran, beberapa bahannya ialah

– Susu cair sebanyak satu kotak atau bisa juga menggunakan susu kental manis yang sudah ditambah air
– Bubuk vanili secukupnya saja
– Tepung maizena sebanyak 1 ¼ sendok
– Pewarna makanan

Cara membuat slime dengan susu cair ini ialah

1. Siapkan terlebih dahulu panci bersih dengan ukuran sedang, karena memang bahan-bahan yang sudah disebutkan tadi tidaklah terlalu banyak

2. Langsung masukan susu ke dalam panci tadi, dan mulai panaskan cukup dengan api yang kecil saja. aduk secara perlahan sampai terasa sedikit panas. cara membuat slime ini bertujuan untuk membunuh bakteri-bakteri yang kemungkinan ada di dalam bahan-bahan sehingga susu menjadi benar-benar steril

3. Lalu, masukan juga vanila dan masih dengan terus mengaduknya

4. Tak lama kemudian, tambahkan juga tepung maizena. Ketika menambahkan tepung anda juga harus terus mengaduknya sehingga tepung tidak ada yang menggumpal sendiri dan akan merusak tekstur slime nantinya.

5. Tugas anda selanjutnya ialah mengatur kekentalan slime ini sesuai dengan selera. Jika memang masih merasa terlalu cair, maka bisa menambahkan sedikit tepung maizena lagi. Yang terpenting ialah memastikan bahwa cara membuat slime ini tidak akan membuat slime anda menjadi terlalu kental hingga terasa padat.

6. Jika adonan di dalam panci tadi sudah mendidih, silahkan angkat dan biarkan mendingin terlebih dahulu. Jika memang sudah dingin, barulah nada tinggal menambah pewarna untuk mempercantik tampilan dan warna slime

7. Terakhir, anda tinggal menyimpannya dalam wadah yang tertutup dan memastikan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Hal ini tentu saja untuk menjaga susu tidak rusak.

Slime dari Shampoo dan Pasta Gigi

Cara Membuat Slime Dari Shampo

Ingin membuat slime dengan bahan yang sudah pasti ada di rumah anda? Gunakan saja shampoo dan pasta gigi. Seperti cara membuat slime dengan bahan sebelumnya yang sudah dijelaskan, membuat slime dengan shampoo dan pasta gigi juga tak kalah mudahnya. Bahan-bahanya ialah

– Pasta gigi
– Shampoo yang teksturnya tidak terlalu encer
– Tepung maizena, atau bisa juga dengan menggunakan tepung jagung
– Mangkuk sebagai wada

Cara membuat slime berbahan shampoo dan pasta gigi ialah

1. Pertama, tuangkan terlebih dahulu shampoo ke dalam mangkuk dan barulah menambahkan pasta gigi. Perbandingan yang disarankan ialah 1 banding 1, alias sama saja. namun, pastikan juga bahwa kamu tidak memasukan kedua bahan tersebut terlalu banyak.

2. Jika sudah dimasukan keduanya, maka cara membuat slime selanjutnya tentu saja mencampurkan kedua bahan tadi dengan mengaduknya. Pastikan shampoo dan pasta giginya benar-benar tercampur merata, namun tak perlu juga mengaduknya dengan terlalu keras.

3. Jika keduanya sudah tercampur, selanjutnya simpan terlebih dahulu adonan tadi di dalam lemari pendingin sekitar 10 menit saja, namun waktu pendinginan tersebut bisa saja berbeda pada setiap merk shampoo.
Untuk menghindari adonan tadi menjadi terlalu beku, sebaiknya anda sering-sering mengeceknya ketika sedang didinginkan di dalam kulkas.

4. Jika dirasa sudah cukup, tinggal keluarkan saja adonan tadi dari dalam kulkas. Jika memang anda merasa bahwa adonan masih terasa terlalu lengket dan basah, maka anda bisa menambahkan sedikit pasta gigi lagi, dan masukan kembali ke dalam lemari pendingin.

5. Terakhir, kalau memang ingin membuat slime ini menjadi pewarna, maka masukanlah pewarna makanan dan masukan lagi ke dalam kulkas sebentar saja. Kini, slime sudah selesai dan tinggal anda masukan ke dalam wadah tertutup dan tinggal anda mainkan saja.

Slime Dari Bedak Bayi

Slime dari bedak bayi

Bahan terakhir yang bisa anda gunakan untuk membuat slime ialah bedak bayi. Mungkin akan sedikit terdengar aneh, namun yang terpenting cara membuat slime dengan bedak bayi juga masih tetap mudah seperti bahan-bahan sebelumnya.

Membuat slime dengan bahan ini biasanya dilakukan oleh mereka yang memang sedang memiliki bayi. Lalu, bahan-bahan apalagi yang dibutuhkan? Bahannya ialah sebagai berikut

– Bedak bayi sekitar setengah hingga satu botol
– Baby oil sebanyak 4 sendok makan
– Air bersih sebanyak 2 gelas
– Wadah untuk membuat adonan
– Dan pewarna makanan cukup 2 hingga 3 sendok saja

Bagaimana cara membuat slime menggunakan bedak bayi tersebut? Langkah dan caranya ialah sebagai berikut

1. Ambil terlebih dahulu wadah yang ukurannya sedang. Akan lebih baik lagi jika anda menyiapkan wadah yang memiliki penutup di atasnya seperti toples.

2. Dan cara membuat slime berikutnya ialah dengan mulai memasukan bedak ke dalam wadah tadi. Ratakan bedak tersebut sehingga nantinya akan lebih mudah ketika akan dicampur dengan bahan lain

3. Lalu, masukanlah air dengan cara pelan ke dalam adonan, dan tangan sebelah anda tetap mengaduk adonannya, hampir sama dengan ketika anda sedang membuat kue.

4. Jika sudah dirasa cukup tercampur, cara membuat slime keempat ialah dengan mulai memasukan baby oil ke dalam adonan juga. Jangan lupa untuk mengaduknya kembali sehingga baby oil juga ikut tercampur ke dalam adonan.

5. Jika memang anda berkeinginan untuk memiliki tekstur dan kekentalan sendiri, maka anda bisa melakukannya seperti yang anda mau selama slime tidak menjadi terlalu kental.

6. Terakhir, masukan pewarna ke dalam adonan dan campur kembali. Memberikan pewarna juga bisa anda atur sendiri banyaknya, karena memang setiap orang tentu memiliki kadar warna kesukaannya sendiri. Dan kini slime tinggal anda simpan beberapa jam hingga akhirnya bisa anda mainkan semau dan sepuas anda.

Dari beberapa cara membuat slime dan bahan yang sudah disebutkan tadi, bahan apa yang paling anda favoritkan? Bahan apa pun yang anda pilih, namun yang terpenting ialah anda sebaiknya tetap mengawasi anak anda yang mungkin ingin membuat slime nya sendiri.

Atau akan lebih menyenangkan jika anda sebagai orang tua ikut membuat slime bersama dan membuat proses pembuatannya menjadi lebih menyenangkan.