7 Cara Membuat Pastel Renyah dan Gurih

Cara Membuat Pastel

Watkuku.com – Cara membuat pastel, di Indonesia memang banyak terdapat bermacam-macam jenis kuliner yang lezat dan juga nikmat untuk dimakan disaat kapanpun. Salah satu kuliner yang paling digemari oleh para pecinta kuliner adalah kue pastel.

Kue ini sangat mudah dijumpai dimanapun termasuk pasar tradisional dan juga pusat jajan di setiap kota. Pastel ini sangat fleksibel, mau jenis pastel basah atau kering renyah, semua sama-sama nikmat tergantung selera Anda saja.

Selain itu, Anda juga dapat membuat kue ini sesuai selera Anda. Anda dapat mengisinya dengan berbagai jenis daging seperti daging ayam, daging sapi, atau daging kambing. Anda juga bisa menambahkan sayuran sebagai pelengkap seperti sayur bayam, tauge, kubis, bahkan kangkung.

Cara membuat pastel pun juga tergantung dengan jenis apa yang ingin Anda buat. Jika Anda mengisinya dengan sayuran, atau telur, maka Anda akan menghasilkan pastel jenis basah. Sedangkan jika Anda ingin pastel jenis kering, Anda dapat mengisinya dengan abon, lalu digoreng kering.

Pada umumnya pastel yang dijual dipasaran berisi telur, bihun dan bahan-bahan lainnya. Namun, jika Anda ingin membuatnya untuk anak-anak, Anda dapat mengisinya sesuai selera anak-anak tersebut, dan untungnya pastel ini adalah jenis makanan yang sangat bergizi jika dilihat dari ragam isinya. Sebenarnya ada beberapa tahapan dalam membuat pastel, yaitu membuat kulit, isi, serta pelengkapnya berupa saus, cabe ataupun bumbu lainnya yang Anda suka.

Nah, jika Anda yang tak ingin direpotkan dengan proses membuat kulit tersebut, Anda dapat membeli kulit pastel yang sudah siap pakai. Tentunya dengan begitu Anda akan lebih terbantu dan tak usah repot-repot mengaduk tepung.

Mungkin bagi Anda yang belum pernah membuat pastel, tentu akan terasa kesulitan dalam menentukan bahan, takaran, serta teknis membuatnya. Anda tak perlu bingung tentang bagaimanan cara membuat pastel. Berikut jenis dan cara membuatnya.

Pastel Isi Bihun Wortel

pastel enak dan lezat

Jenis yang pertama adalah pastel isi bihun dan wortel. Jenis ini adalah salah satu jenis pastel yang paling sering dijumpai dipasaran. Meskipun bisa dibilang murah dipasaran, namun pastel jenis ini cukup nikmat dan juga murah.

Sehingga banyak dibeli oleh sebagian orang saat berbelanja di pasar tradisioanal. Nah, jika Anda ingin menikmati pastel ini dengan membuat sendiri, simak cara membuat pastel isi bihun dan wortel di bawah ini dengan seksama.

Bahan-bahan:
– 1 keping bijag yang di rendam
– 1 buah wortel yang diiris sebesar korek api
– Daun seledri
– Daun bawang
– Garam secukupnya
– 2 siang bawang merah
– 1 siung bwng putih yang diiris
– 2 sdm minyak goreng untuk menumis.
– 6 sdm tepung trigu
– 2 sdm mentega
– Air hangat secukupnya serta garam.

Cara membuatnya:
– Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum dan masukkan daun seledri serta daun bawang. Jangan lupa masukkan wortel dan tumis smpai wortelnya mulai layu.
– Kemudian masukkan bijag yang sudah direndam dan tambahkan garam secukupnya.
– Sedangkan untuk kulit, Anda dapat mencampurkan tepung dan mentega lalu aduk hingga rata, kemudian masukkan air hangat sampai adonan kalis dan giling adonan kulit menggunakan gelas sampai tipis. Untuk mendapat bentuk bulat, cetak dengan mulut gelas.
– Terakhir, masukkan isiannya tepat ditengah dan lipat dua lalu plintir-plintir pinggirannya agar isiannya tidak keluar saat digoreng dan gorenglah dalam minyak panas hingga kecoklatan.

Cukup mudah bukan cara membuat pastel diatas? Anda dapat menerapkan cara diatas dirumah dan menyajikan ke keluarga Anda. Tentu keluarga Anda akan sangat menyukainya.

Pastel Contong

pastel contong

Nah, untuk Anda yang tengah memiliki hajatan, pastel jenis ini sangat cocok untyk Anda. Selain cara membuat pastel contong sangat mudah, rasa dan bentuknya juga sangat unik. Mungkin bisa dibilang diantara pastel lain, pastel yang satu ini adalah yang paling unik. Anda penasaran? Berikut bahan dan cara membuatnya.

Bahan yang diperlukan:
– Minyak goreng
– Daun bawang
– Ayam cincang
– Wortel
– Kentang
– Bawang bombay
– Gula
– Garam
– Bawang putih
– Merica
– Pala
– Daun seledri
– Telur puyuh kukus
– Cabe

Cara membuat pastel contong adalah:
– Pertama, siapkan kulit pastel tersebut. Anda dapat membelinya atau dapat juga membuatnya sendiri, namun jangan terlalu lembek.
– Jika Anda membuatnya, ambil sedikit adonan tersebut dan giling sampai tipis dengan lebar sekitar 2cm, dan balutkan memutar ke cetakan contong. Dan gorenglah di minyak panas dengan api sedang agar tidak gosong sambil dibolak balik dengan jepit.
– Selanjutnya buat isinya dengan menghaluskan merica, pala, bawang putih, garam, dan gula. Kemudian, tumis bersama bawang bombay, dan masukan kentang serta wortel yang sudah dikukus, ayam cincang yang sudah dimasak dan daun bawang yang telah diiris. Tumis semua bahan sampai matang.
– Terakhir, masukan isinya kedalam contong sampai penuh, dan hias dengan daun seledri, cabe, dan telur puyuh. Bungkus plastik, dan pastel siap dihidangkan.

Cukup mudah bukan cara membuat pastel diatas? Pastel jenis ini sangat cocok untuk hajatan. Selain bentuknya unik, rasanya pun juga enak. Kulit Contong ini dapat bertahan hingga beberapa hari jik dimasukan toples atau plastik, sehingga jika mau dijual lagi, maka akan sangat cocok.

Pastel Kering Renyah isi Abon Tanpa Telur

pastel

Apakah Anda suka dengan jenis pastel kering? Nah, pastel yang satu ini sangat pas untuk Anda. Selain nikmat, renyah dan juga nikmat, cara membuat pastel yang satu ini juga cukup mudah. Anda penasaran bagaimana cara membuatnya? Berikut langkah-langkah yang perlu Anda ikuti.

Bahan:
– 250 gr tepung terigu
– 1 sdm margarin
– 1 sdm santan kental atau kara
– Garam
– Air
– Abon
– Minyak banyak untuk menggoreng.

Cara membuatnya:
– Campur terigu, garam, santan dan juga margarin dan aduk dengan pelan sambil ditambahkan air sedikit demi sedikit. Hentikan penambahan air jika adonan terasa tidak lembek dan juga tidak keras.
– Gilas adonan sampai tipis dengan botol yg dialasi plastik. Cetak bulat dan isi dengan abon secukupnya lalu pilin pinggirnya. Lalu, panaskan minyak lalu goreng pastel tersebut sampai matang dan kering.
– Tiriskan pastel yang telah digoreng, lalu simpan dalam toples setelah dingin.

Cukup mudah bukan cara membuat pastel diatas? Anda dapat membuatnya untuk Anda konsumsi bersama keluarga dirumah, ataupun Anda juga dapat menjualnya di toko sekitar Anda. Selain mudah, rasa khas dari abon juga sangat nikmat karena dikombinasikan dengan kulitnya yang renyah. Anda penasaran dengan rasanya? Segera terapkan resepnya dirumah.

Pastel Kriuk

pastel kriuk

Apakah Anda ingin merasakan pastel tanpa telur yang rasanya sangat gurih hingga berbunyi “kriuk” saat dikunyah? Nah, pastel jenis ini sangat cocok untuk Anda konsumsi. Tak hanya rasanya yang gurih, cara membuat pastel kriuk pun ternyata sangatlah mudah. Anda tak sabar ingin mengaplikasikannya dirumah? Berikut bahan yang harus Anda siapkan serta cara untuk membuatnya.

Bahan:
– 1/2 sdt garam
– 250 gram terigu
– 30 ml Minyak goreng
– 80 ml air
– 50 ml margarin
– 1/2 sdt gula pasir.

Cara membuatnya:
– Siapkan wadah dan campurkan terigu, garam, dan juga gula pasir. Lalu lelehkan margarin dan masukkan minyak gorengnya.
– Selanjutnya, tuang campuran margarin dan minyak goreng tersebut ke wadah tepung dan masukan air serta uleni. Diamkan adonan selama 10 menit.
– Setelah 10 menit, bahan siap dipakai dan dicetak untuk membuat kulitnya. Untuk isiannya, dapat Anda sesuaikan menurut selera Anda sendiri. Goreng dalam minyak panas, lalu tiriskan jika telah matang, dan pastel pun siap dinikmati.

Dengan takaran diatas, maka Anda dapat menghasilkan pastel dengan ukuran sedang sebanyak 25 biji, sedangkan jika dibuat ukuran kecil akan menghasilkan 30 biji. Anda tertarik? Selain cara membuat pastel yang mudah, rasanya pun juga sangat gurih.

Pastel Carry Daging Sapi Goreng

pastel

Jika membicarakan cemilan, memang tak ada habisnya. Apakah Anda adalah salah satu diantaranya? Jika iya, maka Anda harus tahu bagaimana cara membuat pastel jenis ini. Karena pastel yang satu ini adalah salah satu cemilan yang sangat lezat.

Selain lezat, pasel dengan isi daging ini juga sangat tepat bagi anak Anda, karena kandungan proteinnya sangat berguna bagi perkembangan ototnya. Anda penasaran mengenai bahan dan cara membuatnya? Berikut langkah dan bahannya.

Bahan untuk kulit:
– 1 sdm Gula Pasir
– 500 gram Tepung Terigu
– 50 gram Margarin
– 1 sdt Garam
– 175 ml Air Hangat

Bahan untuk Isi:
– 250 gram Daging Sapi
– 1 buah Kentang
– 1 buah Wortel
– 1 buah Bawang Bombay
– 2 lembar Jahe
– Garam & bubuk kaldu secukupnya
– Sauce Carry secukupnya

Cara membuat pastel daging sapi:
– Campurkan bahan seperti tepung terigu, gula, garam serta margarine yang sudah dicairkan serta air. Uleni sampai kalis, dan diamkan beberapa saat dan tutup dengan plastic wrap.
– Potong daging kecil-kecil dan masak di wajan dengan minyak panas serta jangan lupa diberi jahe. Dan masukan seluruh bahan isi kemudian tambahkan sedikit air, dan masaklah sampai air habis.
– Buat kulitnya dengan gilingan mi agar lebih cepat. Setelah adonan di giling, cetaklah hingga berbentuk lingkaran.
– Terakhir ambil 1 sdm isi pastel dan taruh di tengah lalu tutup dengan ditekan. Setelah itu, gunakan garpu untuk menekan ujungnya agar isinya tidak gampang keluar jika di goreng. Dan panaskan minyak dan goreng sampai kuning keemasan.

Nah, cara membuat pastel diatas sangat pas jika Anda terapkan dirumah untuk camilan keluarga. Selain rasanya enak, nilai gizi dan proteinnya juga tinggi. Anda tertarik mencobanya? Segera terapkan dan nikmati pastel nikmat yang satu ini.

Pastel Isi Sayuran

pastel sayuran

Apakah Anda adalah seorang pecinta sayuran? Nah, pastel jenis ini sangat tepat untuk Anda nikmati di saat apapun. Mungkin bagi segelintir orang, daging adalah suatu momok yang menakutkan, sebab akan menyebabkan badan menjadi gemuk.

Maka dari itu, pastel dengan isi sayuran sangat disarankan. Selain sehat, pastel jenis ini juga lezat. Apakah Anda penasaran bagaimana cara membuatnya? Berikut cara membuat pastel isi sayuran beserta bahan yang perlu disiapkan.

Bahan kulit:
80 gr mentega.
500 gr tepung terigu
Air garam yang dapat Anda sesuaikan dengan selera Anda.

Bahan isian adalah:
– 2 butir telur rebus (potong jadi 8)
– 3 biji kentang (potong berbentuk dadu)
– 5 biji wortel (potong berbentuk dadu)
– 1 bungkus bihun

Bumbu yang harus dihaluskan:
– 1/2 sdt merica bubuk
– 1 bks penyedap rasa
– 5 butir bawang putih yang sudah dikupas.

Cara membuat pastel sayuran adalah:
– Pertama, tumis bumbu terlebih dahulu hingga berbau harum, lalu masukkan sayuran dan tunggulah hingga air bumbu pada sayuran meresap dengan baik.
– Kemudian, masukan mi bihun yang sebelumnya sudah direndam dan digunting kecil-kecil. Sebelum diangkat, sebaiknya cek rasanya lebih dulu.
– Biarkan isian pastelnya agak dingin, sambil Anda buat kulit pastelnya dengan mencampur semua bahan lalu uleni adonan hingga kalis, dan setelah kalis simpanlah ditempat yang tak dihinggapi serangga selama 1 jam.
– Kemudian, gilinglah adonan tersebut diatas plastik dengan menggunakan pakai botol bekas agar kulitnya menjadi tipis. Selanjutnya, cetaklah dan beri isi pada pastel tersebut, dan pastel siap untuk digoreng di minyak panas.

Sebaiknya Anda menggorengnya hingga berwarna kecoklatan, sebab warna tersebut menandakan bahwa pastel sudah matang. Apakah Anda tertarik menerapkan cara membuat pastel diatas? Sebaiknya Anda membuatnya dan menawarkan pada keluarga Anda untuk camilan di sore hari, karena rasanya sangat lezat dan pas untuk camilan keluarga.

Pastel Kentang

pastel kentang

Nah, jika Anda mempunyai anak yang masih kecil, maka pastel jenis ini sangat cocok untuk Anda berikan kepada anak Anda untuk dikonsumsi. Kenapa demikian? Sebab biasanya anak kecil selalu susah makan.

Untuk itu, perlu ada suatu inovasi dalam membuat makanan. Nah, pastel kentang adalah salah satu makanan yang dapat mengatasi masalah tersebut. Penasaran cara membuat pastel yang satu ini? Berikut bahan serta cara membuatnya.

Bahan-bahannya adalah:
– Telur Ayam kampung
– 2 butir kentang
– Tomat
– Unsalt Lada bubuk
– 2 siung bawang putih
– butter untuk menumis
– 3 sdm daging sapi giling
– Wortel
– Gula pasir
– Keju parut
– 3 siung bawang merah

Langkahnya adalah sebagai berikut:
– Buat kulitnya dengan mencampurkan semua bahan, dan uleni hingga kalis, lalu masukkan kedalam cetakan pastel.
– Buat isiannya dengan, kukus kentang sampai empuk, dan tumbuk kentang hingga halus, lalu cincang bawang merah dan bawang putih hingga halus kemudian tumis dengan unsalt batter sampai tercium aroma harum.
– Tambahkan daging cincang dan masak sampai berwarna kecoklatan serta tambahkan wortel, tomat yang telah di potong dadu lalu tambahkan gula pasir secukupnya. Kemudian, masukkan kentang ke alumium foil lau tambahakan daging cincang serta beri keju dan telur ayam kampung yang telah di kocok sebelumnya. Terakhir, kukus semuanya selama 5 – 10 menit dan masukan ke kulitnya.
– Setelah dimasukan ke kulit, gorenglah dengan minyak panas.

Cukup mudah bukan cara membuat pastel diatas? Anda dapat menerapkannya dirumah bersama tetangga Anda ataupun saudara Anda. Selain rasanya enak, pastel ini juga menyehatkan. Anda dapat menikmatinya di pagi hari untuk melengkapi sarapan keluarga Anda. Anda penasaran dengan rasanya? Segera terapkan dirumah.

Apakah Anda penasaran dengan rasa pastel? Mungkin beberapa cara membuat pastel diatas dapat Anda terapkan dirumah dan merasakannya sendiri. Jika Anda berniat untuk membuka bisnis makanan ringan, maka pastel adalah salah satu makanan yang dapat Anda jadikan pilihan, sebab rasanya yang gurih adalah daya tarik dari kuliner yang satu ini. Apakah Anda tertarik dengan kuliner yang satu ini? Terapkan dirumah dan nikmati sensasi nikmatnya.