5 Cara Membuat Pancake Dengan Pilihan Rasa

Cara Membuat Pancake

Waktuku.com – Cara membuat pancake ala rumahan yang enak dan empuk dengan mudah mungkin masih belum diketahui oleh banyak orang. Pasalnya, sebagian besar orang masih menganggap apabila pancake adalah kue mewah yang hanya bisa di dapat di hotel bintang 5 saja.

Pancake disukai oleh banyak orang karena hidangan ini rendah lemak dan rendah kalori. Sehingga bisa menjadi camilan sehat bagi semua orang, khususnya pelaku diet. Pancake memiliki tekstur yang lembut dan rasanya sangatlah lezat, sebagai menu sarapan, makan siang ataupun makan malam juga sama-sama enaknya.

Variasi pancake yang bisa anda buat sendiri di rumah ada banyak sekali, mulai dari pancake coklat, pancake, keju, pancake durian, pancake, pancake oreo, pancake tanpa susu, pancake tanpa mixer, sampai pancake aneka rasa. Nah, pasti anda sudah penasarankan dengan aneka resep cara membuat pancake sendiri di rumah?. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Bagaimana Cara Membuat Pancake Sederhana

Resep Cara Membuat Pancake Tanpa Baking Powder Yang Gampang dan Praktis

pancake

Sebagai awalan dalam belajar membuat pancake, saya akan memulainya dengan tutorial sederhana dahulu. Yaitu kita akan membuat pancake tanpa baking powder. Tidak perlu khawatir pancake yang kita buat akan gagal, karena ada tutorial khusus supaya pancake tanpa baking powder tetap bisa berhasil dan rasanya lezat.

Lantas bagaimana cara membuat pancake tanpa baking powder yang anti gagal?. Ini dia informasi lengkapnya untuk anda.

Bahan-bahan:
– Garam secukupnya
– Margarin
– Susu cair 250 ml
– Telur 1 butir, pisahkan kuning dan putihnya
– Tepung terigu 100 gram

Toping:
Untuk pilihan topingnya, sebenarnya anda bebas memilih apa. Bisa menggunakan cokelat, madu, sirup ataupun yang lainnya. Namun kali ini saya akan memilih madu sebagai toping pancake tanpa baking powder karena kandungan gizinya lebih banyak dan sehat.

Cara membuat pancake tanpa baking powder yang gampang dan praktis:
– Pertama kita siapkan satu buah wadah dahulu, kemudian masukkan kuning telur, garam, susu,dan tepung terigu, aduk-aduk sampai tercampur rata. Jika ingin memakai mixer, maka settinglah kecepatannya menjadi yang terendah.
– Selanjutnya kocok putih telur hingga benar-benar kaku, gunakan garpu atau sendok saja. Jika sudah selesai, masukkan putih telur tadi ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil di aduk-aduk hingga rata.
– Panaskan teflon atau wajan di atas api kecil, jangan lupa untuk mengolesinya dengan margarin dahulu supaya tidak lengket
– Selanjutnya silahkan tuangkan 1 sdm adonan ke dalam teflon, dan jika anda memakai wajan maka pastikan adonan berada tepat ditengah-tengah.
– Segera balik adonan jika bagian pinggirnya mengeras dan sedikit mengeluarkan gelembung udara.
– Pancake yang sudah matang memiliki ciri tekstur berpori dan warnanya agak kecoklatan, angkat
– Sajikan pancake tanpa baking powder yang sudah matang dengan siraman madu

Selesai sudah step by step mengenai resep cara membuat pancake tanpa baking powder yang gampang dan praktis. Bagi pemula, silahkan coba resep yang ini dulu. Jika sudah terbiasa membuat kue, anda bisa mencoba resep cara membuat pancake selanjutnya.

Resep Cara Membuat Pancake Sederhana Tanpa Susu Ala Rumahan

pancake enak dan lembut

Bagaimana cara membuat pancake tanpa susu?, pasti hal ini akan langsung terbesit di pikiran anda begitu membaca judulnya. Anda tidak salah, karena memang dalam membuat pancake dibutuhkan susu cair. Tapi berkat inovasi dan kreatifitas yang ada, resep tanpa susu dan tanpa baking powder bisa dibuat.

Meskipun tanpa susu, namun rasanya masih tetap enak dan menggugah selera. Penasarankan dengan pancake unik ini?, langsung saja disimak baik-baik bahan dan cara membuat pancake sederhana tanpa susu ala rumahan berikut.

Bahan-bahan:
– 2 butir telur
– ½ sendok teh garam halus
– 4 sendok teh penuh baking powder
– 2 sendok makan gula pasir
– 2 gelas air matang, atau secukupnya
– 2 sendok makan mentega, namun jika tidak ada bisa menggunakan 2 sendok makan sayur
– Tepung serbaguna atau tepung self raising 250 gram

Cara membuat pancake tanpa susu:
– Langkah pertama silahkan campurkan bahan-bahan kering seperti tepung, garam, gula pasir, dan baking powder. Aduk terus sampai merata
– Siapkan wadah lagi, lalu masukkan mentega cair dan telur. Mixer dengan kecepatan terendah sampai merata, jika tidak ada mixer maka anda bisa memakai whisk ( kocokan telur berbentuk spiral )
– Selanjutnya campurkan kedua adonan di atas, yaitu adonan mentega dan telur dengan adonan bahan kering. Silahkan mixer atau gunakan whisk sampai tidak ada gumpalan tepung pada adonan
– Sesuaikan kekentalan adonan tersebut, silahkan tambahi tepung jika terlalu encer dan tambahi air jika terlalu kental. Tambahkan air ataupun tepung ke dalam adonan secara perlahan
– Diamkan adonan tersebut selama 1 jam, atau jika sudah muncul banyak sekali gelembung udara pada adonan anda bisa langsung menggunakannya
– Panaskan teflon ataupun wajan datar di atas api kecil, jangan lupa untuk mengoleskan sedikit mentega sebelum digunakan supaya tak lengket
– Setelah itu masukkan adonan secukupnya ke dalam teflon ataupun wajan
– Pancake yang matang akan mengeras di bagian pinggirnya dan bagian bawahnya berubah warna menjadi coklat keemasan
– Balik-balik pancake sampai kedua sisinya matang

Untuk anda yang kurang menyukai susu, maka silahkan mencoba resep cara membuat puding sederhana tanpa susu ini. Rasanya yang lezat akan segera memanjakan lidah anda. Lanjut ke resep cara membuat pancake selanjutnya.

Resep Cara Membuat Pancake Coklat Yang Lembut dan Manis

pancake coklat

Pancake coklat adalah salah satu variasi pancake yang menjadi favorit banyak orang. Tekstur pancake yang lembut berpadu sempurna dengan rasa coklat yang begitu manis. Tentu kombinasi ini akan menghasilkan citarasa yang memuaskan lidah.

Menyajikan pancake coklat sebagai hidangan penutup tentu sangatlah mantap sekali. Nah, bagi anda yang terus bertanya-tanya mengenai bagaimana cara membuat pancake coklat?, silahkan simak ulasannya berikut.

Bahan utama:
– Gula halus 1 sendok makan
– Garam ¼ sendok teh
– Telur 2 butir
– Margarin cair 50 gram
– Rhum ½ sendok teh
– Margarin cair 50 gram
– Tepung terigu 100 gram
– Coklat bubuk 1 sendok makan

Bahan saus coklat:
– Gula halus 60 gram
– Margarin 50 gram
– Coklat blok
– Rhum

Cara membuat pancake coklat yang lembut dan manis:
– Pertama silahkan kocok telur sampai mengembang menggunakan wire whisk. Aduk terus sampai tercampur rata.
– Setelah itu campurkan garam, gula halus, cokelat bubuk, dan tepung terigu sampai merata. Saring terlebih dahulu semua bahan tersebut menggunakan saringan. Selanjutnya tambahkan coklat bubuk dan susu ke dalam adonan. Campurkan sampai adonan merata dan lebih mengental serta warnanya menjadi coklat.
– Setelah itu tambahkan margarin ( cairkan terlebih dahulu margarin sebelum digunakan).
– Selanjutnya siapkan wajan yang sudah diolesi sedikit margarin, panaskan dengan api sedang
-Kemudian masukkan adonan pancake coklat secukupnya, diamkan sampai bagian bawahnya menjadi lebih coklat. Balik-balik sampai kedua bagian matang secara merata. Lakukan cara ini sampai semua adonan habis.
– Setelah pancake selesai, kita buat saus coklatnya. Caranya dengan mencampur semua bahan lalu masak di atas panci sampai meleleh.
– Letakkan pancake di atas piring lalu siram dengan saus coklat

Itu tadi adalah resep cara membuat pancake coklat yang lembut dan manis. Pancake ini bisa menjadi hidangan favorit bagi anda sekeluarga. Menikmatinya saat sarapan juga sangatlah cocok.

Masih kurang?, lanjut ke variasi resep cara membuat pancake berikutnya.

Resep Cara Membuat Pancake Durian yang Simpel dan Spesial

pancake durian
Image by: harianlampung.co.id

Pancake durian merupakan salah satu jenis pancake yang sampai saat ini masih menjadi pilihan utama banyak orang. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya penjual pancake durian, baik penjual offline ataupun penjual online.

Anda bisa membuat pancake durian yang mengembang sempurna di rumah. Tentunya dengan cara mudah, simpel dan praktis. Berikut ini saya sediakan tutorial cara membuat pancake durian yang menjabarkan step by stepnya. Jika dirasa kurang faham, anda bisa mencari videonya di youtube.

Langsung saja disimak bahan dan cara membuat pancake durian berikut ini.

Bahan-bahan:
– Susu cair 200 ml
– Tepung terigu 200 gram
– 2 atau 3 tetes pasta pandan/ essens
– Tepung terigu 200 gram

Bahan untuk isian pancake durian:
– 3 sampai 4 buah durian pisahkan dari isinya dan lumatkan daging buahnya sampai lumat
– Whipped cream ( krim kocok) 1 atau 2 bungkus, dikocok

Cara membuat pancake durian yang simpel dan spesial:
– Langkah pertama siapkan wadah terlebih dahulu, kemudian masukkan pasta pandan, susu cair, telur ayam dan tepung terigu. Aduk-aduk semua bahan sampai benar-benar merata.
– Kemudian olesi teflon dengan sedikit mentega lalu panaskan di atas api kecil. Begitu teflon sudah panas, silahkan masukkan adonan secukupnya berbentuk dadar bulat tipis. Ulangi cara ini sampai adonan habis.
– Kemudian ambil satu lembar kulit pancake, isi dengan daging durian dan krim. Lipat kulit menjadi rapi.
Bagaimana, sangat praktis bukan resep cara membuat pancake durian ini?. Rasanya yang lezat bisa anda hidangkan di sela-sela santai bersama keluarga ataupun bisa juga untuk di jual. Teruslah belajar sampai mahir, nantinya bisa dijadikan bisnis pancake durian.
Mari lanjutkan ke variasi resep cara membuat pancake yang terakhir.

Resep cara membuat pancake aneka rasa yang anti gagal dan instan

pancake enak

Pancake adalah salah satu jenis kue yang bisa dikreasikan menjadi aneka rasa. Mulai dari wortel, blubery, alpukat, nanas, vanila, vla, coklat keju dan masih banyak lagi. Membuatnya juga mudah dan simpel sehingga bisa dikatakan instan.

Selain rasanya yang lezat, tampilan pancake itu sendiri sudah sangat menggoda. Terlebih lagi jika dihiasi dengan crepes atau waffle. Disini, saya akan membagikan resep cara membuat pancake coklat kacang. Rasanya dijamin sangatlah mantap.

Bahan-bahan:
– Garam ½ sendok teh
– Tepung terigu berprotein sedang 275 gram
– Baking powder 1 sendok makan
– Coklat bubuk 25 gram
– Margarin 2 sendok makan, lelehkan
– Susu cair 450 ml
– Gula pasir halus 1 sendok makan
– Kuning telur 2 butir, kocok lepas
– Putih telur 2 butir
– Gula pasir halus 1 ½ sendok makan

Saus pancake:
– Gula pasir 60 gram
– Kuning telur 1 butir, kocok lepas
– Tepung maizena 1 sendok makan
– Coklat masak pekat 100 gram, potong-potong
– Coklat bubuk 25 gram
– Gula pasir 60 gram

Taburan:
-Kacang tanah 75 gram, sangrai dan cincang kasar

Cara membuat pancake coklat kacang:
– Pertama silahkan ayak baking powder, coklat bubuk dan tepung terigu. Setelah itu tambahkan gula halus dan aduk-aduk sampai tercampur merata.
– Selanjutnya tambahkan sedikit demi sedikit susu cair sembari di aduk merata. Masukkan juga kuning telur, lalu aduk sampai merata. Kemudian tuangkan mentega yang telah dilelehkan dan aduk hingga merata. Sisihkan dahulu.
– Di sisi lain, silahkan kocok putih telur sampai setengah mengembang kemudian tambahkan gula pasir halus dan kocok terus sampai mengembang. Setelah itu campurkan adonan ini dengan adonan tepung terigu. Aduk secara perlahan sampai tercampur rata.
– Kemudian panaskan teflon di atas api sedang tanpa diolesi margarin. Lalu masukkan 1 sendok sayurkecil dan biarkan asal berkulit kemudian balik biarkan lagi sampai matang. Ulangi sampai adonan habis.
– Berikutnya silahkan ambil satu lembar panake, olesi dengan saus, taburi kaang diatasnya baru kemudian tutup dengan satu lembar pancake, ulangi sekali lagi dengan cara sama. Kemudian siram dengan saus coklat di atasnya dan taburi dengan kacang.
– Sekarang pancake coklat kacang siap dihidangkan.

Bagaimana, mudah kan untuk membuat pancake coklat spesial nan istimewa ini?. Langsung saja dicoba apabila anda tertarik.

Demikianlah 5 variasi resep cara membuat pancake ala rumahan yang enak dan empuk dengan mudah. Semoga bisa bermanfaat untuk anda semua.