5 Cara Membuat Es Krim Sederhana dan Murah

Cara Membuat Es Krim

Waktuku.comCara Membuat Es Krim sendiri ala rumahan yang praktis dan mudah merupakan topik hangat yang sangat seru untuk dibahas lebih dalam lagi. Seiring dengan semakin boomingnya es krim ditengah-tengah masyarakat, hal ini mendorong semakin banyak pula orang-orang yang ingin belajar membuatnya sendiri.

Untuk membuat es krim sendiri di rumah, ternyata sangatlah mudah dan praktis. Cukup memanfaatkan peralatan yang ada dan bahan-bahan sederhana, maka anda sudah bisa membuatnya sendiri. Tentunya dengan modal yang terjangkau dan murah, baca juga Cara Membuat Bakso.

Berikut ini akan kami bahas bagaimana cara membuat es krim ala rumahan yang mudah dan praktis. Adapun variasinya seperti, es krim cokelat, es krim goreng, es krim, es krim walls, es krim tanpa mixer dan sebagainya.

Cara Membuat Es Krim Enak dan Manis:

Resep Cara Membuat Es Krim Tanpa Mixer

cara membuat es krim

Sebenarnya cara membuat es krim tanpa mixer itu adalah pekerjaan yang cukup mudah. Kita tidak perlu menggunakan banyak sekali bahan, justru bahannya sangatlah sederhana saja. Sedangkan untuk mengganti mixer kita akan memakai blender.

Meskipun bahan yang diperlukan bisa kita beli dengan sangat murah dan proses pembuatannya tanpa mixer, namun hasil es krimnya tetap enak, lembut dan menggugah selera.

Berikut ini adalah bahan dan cara membuat es krim tanpa mixer yang lezat dan lembut:

Bahan-bahan:

– 1/2 bungkus agar-agar swalow
– 1 kaleng susu kental manis
– 1 sendok teh tepung meizena
– 65 ml santan kara kemasan kecil
– Garam secukupnya
– 3 gelas air putih
-1 butir telur

Cara Membuat Es Krim Tanpa Mixer yang Lembut:

– Campur semua bahan yang sudah disiapkan menjadi satu hingga tercampur secara merata
– Masak di atas api kecil, tambahkan garam sedikt dan angkat begitu sudah mendidih. Tunggu adonan ini sampai dingin. Berikutnya blender selama 10 menit supaya hasilnya lembut.
– Yang terakhir tinggal memasukannya ke dalam freezer, dan bisa anda cicipi jika sudah setengah beku. Apabila tekstur es krim masih belum lembut, anda bisa memblender ulang hingga hasilnya benar-benar halus.
– Sekarang es krim tanpa mixer yang super lembut sudah siap dinikmati

Bagaimana, simpel kan cara membuat es krim tanpa mixer diatas?. Silahkan coba sendiri pasti anda akan ketagihan untuk membuatnya. Lanjut ke cara membuat es krim berikutnya.

Resep Cara Membuat Es Krim Cokelat Spesial

es krim coklat

Jika sebelumnya kita sudah membuat es krim tanpa mixer, namun sekarang ini kita akan membuat es krim yang jauh spesial dan lezat yaitu es krim coklat. Cara membuat es krim coklat spesial ini kita akan menggunakan mixer.

Rasanya jauh lebih lezat, manis, segar dan lembut. Berikut ini adalah bahan dan cara membuat es krim cokelat spesial.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

– Telur ayam 3 butir
– Susu 1/2 liter
– Gula pasir 1/2 kg
– Vanili dan garam secukupnya
– Bubuk cokelat 3 sendok makan

Cara Membuat Es Krim Coklat:

– Pertama-tama silahkan ambil telur yang telah anda persiapkan, selanjutnya pisahkan antara putih dan kuning telur. Kemudian ambil bagian kuning telur.
– Selanjutnya campurkan gula dengan kuning telur dan aduk-aduk memakai mixer sampai adonan mengembang.
– Kemudian campurkan garam dan vanili dengan putih telur yang sudah dipisahkan tadi. Selanjutnya aduk-aduk lagi hingga adonan sampai tercampur secara merata dan mengembang.
– Campurkan antara adonan pertama dan adonan kedua hingga merata, kemudian masak campuran adonan ini sampai mendidih. Perlu anda ingat, bahwa selama proses pemasakan teruslah mengaduk-aduk adonan.
– Yang terakhir silahkan larutkan coklat dengan susu. Setelah itu, campurkan larutan coklat dan susu ini ke dalam adonan yang tengah anda didihkan.
– Aduk-aduk terus sampai adonan benar-benar mengental.
– Segera angkat adonan yang telah matang, kemudian dinginkan. Sekanjutnya masukkan di dalam mesin pembuat es krim. Satu hal lagi yang perlu anda ingat, jangan lupa memasukkan garam dan es ke dalam mesin pembuat es krim.

Tips penting yang harus anda perhatikan dalam resep cara membuat es krim cokelat spesial supaya hasilnya bisa maksimal:

– Masukkan es krim ke dalam wadah ataupun mangkuk yang sudah dibungkus menggunakan kantong plastik secara erat. Kemudian simpan selama 24 jam ke dalam mesin es krim.
– Sebeleum menutup wadah es krim, sebaiknya anda menutup permukaannya dengan kertas lilin atu lapisan plastik terlebih dahulu. Supaya tidak menimbulkan kristal.
– Tambahkan buah-buahan lain agar rasanya semakin lezat, misalnya pisang, melon, mangga, almond, vanilla dan sebagainya. Segera habiskan es krim ini dan jangan disimpan lebih dari 1 minggu.

Ya, demikianlah cara membuat es krim cokelat spesial. Mungkin sedikit lebih rumit namun hasilnya tentu tidak mengecewakan. Lanjut ke resep cara membuat es krim berikutnya.

Resep Cara Membuat Es Krim Goreng

es krim
Image by: hellosehat.com

Es krim goreng?, apakah anda sudah pernah mendengarnya?. Jika belum saya akan menjelaskan sedikit apa itu es krim goreng. Es krim goreng adalah es krim yang dilapisi biskuit atau roti tawar pada bagian luarnya kemudian ia digoreng. Meskipun digoreng namun es krim tersebut tak meleleh.

Cara membuat es krim goreng kedengarannya memang sulit, namun jika langsung mempraktekkannya ternyata super mudah. Kita bisa membuat es krim yang crispy, lezat, dan lumer di mulut dengan cara simpel.

Berikut adalah bahan dan cara membuat es krim goreng lengkap dengan saus strawberry:

Bahan-bahan yang diperlukan:

– Tepung roti 50 gram, ayak dahulu sebelum digunakan
-Tepung terigu 50 gram, ayak dahulu sebelum digunakan
– Telur ayam 1 butir
– Roti kupas 5-6 lembar
– Es krim cokelat 250 gram

Bahan Untuk Membuat Saus Strawberry:

– Gula pasir 50 gram
– Strawberry segar 250 gram
– Jeruk lemon 1 buah, digunakan untuk perasan

Cara membuat es krim goreng:

– Pertama-tama kita buat terlebih dahulu kulit es krim goreng. Siapkan selembar roti kupaskemudian taruh es krim coklat di permukaan roti. Selanjutnya bentuk bulatan layaknya bola.Bungkus menggunakan alumuniumfoil supaya hasil bulatannya sempurna. Setelah itu masuk dan diamkan ke dalam frezeer.
– Jika cetakan telah menjadi bola dan dingin, segera siapkan mangkuk dan tambahkan tepung terigu. Gulingkan roti isi es krim tadi ke dalam tepung.
– Aduk-aduk telur di tempat lain ( terpisah). Kemudian celupkan roti tadi ke dalam telur. Gulingkan secara merata di dalam wadah yang berisi tepung terigu, baru kemudian simpan selama 20 menit dalam freezer.
– Siapkan penggorengan dan panaskan minyak memakai api sedang, setelah itu goreng roti isi es krim ini hingga berubah warna kuning keemasan.
– Segera angkat dan tiriskan es krim goreng

Cara Membuat Saus Strawberry:

– Cuci semua buah strawberry hingga bersih. Kemudian potong-potong menjadi ukuran kecil.
– Setelah itu masukkan gula, perasan air lemon dan potongan strawberry.
– Masak dengan api sedang sampai mendidih.
– Setelah itu angkat kemudian tiriskan.
Sajikan es krim goreng dengan siraman saus strawberry di dalam piring. Pasti akan menjadi jajanan baru yang langsung disukai seluruh keluarga anda. Sekarang sudah tahu kan bagaimana cara membuat es krim goreng?. Lanjut ke resep cara membuat es krim selanjutnya.

Resep Cara Membuat Es Krim Tanpa Mesin

cara membuat es krim

Mungkin resep es krim coklat di atas begitu menggoda, namun bagi mereka yang tidak memiliki mesin es krim tentunya sedikit kesulitan. Oleh karena itu, saya juga akan menghadirkan resep bagaimana cara membuat es krim tanpa mesin yang mudah dan praktis.

Soal citarasa juga tidak kalah lezatnya, pasti cocok dinikmati saat cuaca sedang panas seperti ini. Berikut bahan dan cara membuat es krim tanpa mesin:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

– 2 cangkir krim kental/whiped cream kira-kira 400 mili liter, dinginkan
– 1 sendok teh ekstrak vanilla cair
– 1 kaleng susu kental manis

Cara Membuat Es Krim Tanpa Mesin:

– Pertama-tama kocok krimkental menggunakan mixer dengan kecepatan sedang. Kocok terus hingga krim kental kaku, matikan mixer
– Masukkan susu kental manis ke dalam adonan tadi, mixer kembali berkecepatan sedang sampai mendapat tekstur yang anda inginkan
– Apabila anda suka vanili, tambahkan dan aduk-aduk hingga merata
-Simpan selama 6 jam terlebih dahulu di dalam kulkas sebelum disajikan
Bagaimana, sangat mudah dan praktis bukan cara membuat es krim tanpa mesin di atas?. Silahkan coba sendiri di rumah. Masih ingin resep es krim lagi?, mari kita coba resep membuat es krim selanjutnya.

Resep Cara Membuat Es Krim Ala Walls

es krim walls

Apakah anda pernah berpikir untuk membuat es krim walls sendiri dari rumah?. Jika iya, sekarang cita-cita anda bisa terwujud. Karena saya akan membagikan resep bagaimana cara membuat es krim ala walls yang super lembut itu.

Langsung saja disimak bahan dan cara membuat es krim ala walls berikut ini:

Bahan-bahan:

– Telur ayam 1 butir
– Air 3 gelas
– SP untuk es krim 1 sendok makan
– Maizena 3 sendok makan
– Susu kental manis 1 kaleng
– Pasta makanan coklat dan strawberry
– Vanili secukupnya

Cara membuat es krim ala walls yang super lembut:

– Pertama-tama silahkan campur susu kental manis, air dan maizena sampai merata
– Selanjutnya masak adonan tersebut hingga ada sedikit bunyi letupan
– Masukkan ke dalam lemari es untuk didinginkan selama 7 jam. Jika sudah selesai, segera angkat dan hancurkan es menggunakan garpu kemudian haluskan memakai mixer
– Cairkan vanili dan SP untuk es krim lalu masukkan ke dalam adonan, mixer lagi adonan. Setelah di mixer bagi adonan menjadi 2 bagian. Bagian pertama diberi pasta strawberry dan adonan kedua diberi pasta coklat
– Yang terakhir letakkan di dalam wadah, lalu sajikan

Sekarang es krim lembut ala walls sudah siap dihidangkan. Anda bisa mencoba cara membuat es krim ala walls ini setiap kali sedang kepengen makan es krim. Membuatnya sendiri di rumah tentu lebih spesial.

Nah, itu tadi adalah 4 cara membuat es krim ala rumahan yang praktis dan mudah. Kira-kira resep mana yang akan anda coba?.