Cara Membuat Email Baru Panduan Untuk Pemula

Cara Membuat Email

Waktuku.comCara Membuat Email, Kecanggihan zaman yang selalu berkembang memang mampu memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia dalam berbagai macam hal. Jaman dahulu, mengirim pesan melalui surat lewat kantor pos rupanya menjadi trend di kalangan masyarakat pada masanya. Saling berkirim kabar satu dengan yang lainnya rupanya menjadi hal yang wajib untuk dilakukan agar dapat mengobati rasa rindu.

Salah satu kelemahan dari berkirim surat lewat pos ialah waktu tempuh yang dibutuhkan ke tempat tujuan. Butuh waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan agar surat dapat sampai ke penerimanya.

Tentunya hal yang satu ini kurang efektif untuk dilakukan. Namun untungnya, kecanggihan teknologi yang ada sekarang ini membuat banyak manusia merasa sangat diuntungkan. Salah satunya yaitu dalam hal surat-menyurat. Mereka kini tak lagi harus mengirim sebuah surat dalam jangka waktu yang lama.

Hadirnya E-mail atau Elektronic mail di era modern ini memang memberikan banyak sekali keuntungan bagi para penggunanya. Dengan menggunakan Email Anda tak perlu membutuhkan waktu lama hanya untuk sekedar saling memberi kabar. Tak hanya itu, Anda juga dapat mengirim berbagai macam dokumen penting melalui Email.

Menggunakan email untuk mengirim data atau mengirim surat sangatlah efisien dan mudah, Anda sudah tidak perlu memusingkan jarak dan waktu yang harus ditempuh agar dapat diterima oleh si penerima. Seberapa pun jauhnya, email akan membantu Anda mengirim sebuah surat ataupun dokumen penting walau hanya dengan hitungan detik saja.

Apakah masih ada kelebihan lainnya dari email? Tentu, untuk mengirim sebuah email kepada saudara, sahabat, rekan, kekasih atau yang lainnya Anda tidak memerlukan kertas untuk menulis sebuah pesan. Yang Anda butuhkan hanyalah alat-alat elektronik seperti laptop, PC, computer, telepon  pintar dan juga jaringan internet.

Tak hanya itu saja kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari email. Cara membuat email juga sangatlah mudah untuk dilakukan. Memiliki akun email hukumnya sangat wajib bagi setiap orang yang ingin berkirim kabar atau mengirim dokumen yang penting kepada seseorang.

Anda juga tidak memerlukan banyak syarat untuk hanya sekedar membuat email. Apalagi, untuk membuat sebuah email tidak dibutuhkan biaya alias gratis. Nah, berikut ini akan diberikan beberapa cara membuat email di tiga tempat yaitu Gmail, Yahoo dan Hotmail. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat email dengan mudah.

1. Cara Membuat Email di Yahoo

Untuk membuat email di yahoo caranya cukup mudah. Perhatikan beberapa langkah berikut ini agar Anda dapat membuat email dengan baik dan benar.

• Untuk membuat email di yahoo, hal yang paling pertama dan harus Anda lakukan adalah mengunjungi alamat mail.yahoo.com, jika sudah sampai ke halaman yahoo maka Anda akan diarahkan ke halaman login seperti gambar di bawah ini:

cara membuat email yahoo

• Perhatikan dengan seksama halaman di atas, pilih tulisan “Sign up for a new account” untuk memulai membuat sebuah akun email baru dengan menggunakan yahoo. Setelah Anda memilih tulisan tersebut, maka Anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya seperti di bawah ini:

cara membuat email

• Di halaman sign up, Anda akan dipersilahkan untuk mengisi data pribadi. Di gambar tersebut ada beberapa nomor yang bertujuan untuk memudahkan Anda untuk mengisi kolom data diri.
Nomor 1: silahkan diisi nama depan Anda
Nomor 2: silahkan diisi dengan nama belakang Anda
Nomor 3: silahkan diisi dengan alamat email yang ingin Anda buat, usahakan untuk membuat nama email dengan menggunakan nama yang mudah untuk Anda ingat
Nomor 4: silahkan isikan password email Anda (gunakan password email yang mudah Anda ingat)
Nomor 5: pada kolom yang satu ini, silahkan untuk mengisi nomor HP yang bertujuan untuk mempermudah proses aktivasi dan juga recovery

• Setelah mengikuti beberapa langkah di atas, kemudian langkah selanjutnya yaitu arahkan kursor ke arah bawah, kemudian Anda akan diperkenankan untuk melengkapi data diri seperti pada gambar di bawah ini

cara membuat email

• Pada gambar tersebut, sudah diberikan penjelasan nomor untuk membantu Anda ketika akan membuat email dengan menggunakan yahoo
Nomor 1: Anda dipersilahkan untuk mengisi tanggal bulan dan tahun lahir Anda
Nomor 2: Anda dipersilahkan untuk mengisi jenis kelamin
Nomor 3: kolom yang satu ini bersifat optional, Anda bisa mengisikan nomor HP cadangan

• Setelah semua data benar-benar terisi, kemudian klik “Create Account” untuk membuat sebuah akun email yahoo. Setelah itu, Anda kemudian akan diarahkan ke halaman selanjutnya seperti di bawah ini:

cara membuat email

• Pada halaman tersebut, klik tombol “Send SMS” pada nomor 1 seperti yang tertera diatas merupakan kolom nomor hp yang sudah Anda isikan sebelumnya. Selanjutnya, Anda akan diarahkan pada halaman baru untuk melakukan aktivasi seperti pada contoh gambar di bawah ini:

• Pada kolom yang ditunjuk nomor 1, isikan kode verifkasi yang telah dikirim lewat SMS ke nomor HP Anda yang telah dicantumkan. Setelah mengisi kode verifikasi, kemudian klik “Submit Code” setelah itu, Anda lalu akan diarahkan ke halaman inbox seperti yang ada di bawah ini:

• Selamat! Email Yahoo yang Anda buat sudah berhasil!

2. Cara Membuat Email di Gmail

Cara membuat email di mail juga sangat mudah untuk Anda lakukan. Langkah-langkah yang harus Anda lakukan juga cukup mudah. Nah, berikut ini agar diberikan tutorial bagaimana cara membuat email dengan Gmail yang disertai dengan menggunakan gambar untuk memudahkan Anda dalam membuat akun Gmail yang baru.

• Sama halnya dengan membuat email menggunakan Yahoo. Membuat email dengan menggunakan Gmail juga bisa dibilang memiliki langkah yang hampir sama dengan membuat email menggunakan yahoo. Pertama, kunjungilah Gmail.com dengan cara mengetik gmail.com pada bar navigasi browser atau Anda juga bisa mengetiknya pada mesin pencari pilihan Anda.

cara membuat gmail

• Setelah itu, klik tombol “Buat Akun” yang tertera di layar login Gmail. Lihatlah link pembuatan akun yang terletak di bawah form login. Klik link tersebut untuk lanjut ke proses pembuatan akun baru.

• Setelah Anda berada pada halaman pengisian data diri, isikanlah informasi pribadi Anda dengan memasukan nama depan dan juga nama belakang. Kemudian, tentukan sandi yang ingin Anda gunakan. Masukan sandi yang mudah untuk diingat agar Anda bisa masuk ke akun Gmail dengan mudah nantinya. Setelah itu, masukan tanggal lahir Anda.

cara membuat akun gmail

• Pada kolom berikutnya, Anda akan di minta untuk mengisi gender, nomor telepon, serta alamat email alternative. Alamat email alternative yang satu ini bersifat opsional

• Untuk mengisi sandi yang akan Anda gunakan, pilihlah minimal 8 karakter. Sedangkan untuk nama email yang Anda gunakan, Anda harus menggunakan alamat email yang belum pernah digunakan oleh orang lain. Masukkan kedua informasi tersebut ke masing-masing kotak yang sesuai. Anda juga akan diminta untuk memasukkan sandi sebanyak dua kali guna konfirmasi keakuratan.

• Gulir kursor ke bawah untuk melihat gambar yang berisi beberapa nomor. Ketik beberapa angka yang ada pada gambar tersebut ke kolom yang telah disediakan. Hal ini ditujukan untuk memastikan bahwa Anda manusia dan bukan robot yang mencoba untuk mendaftar akun Gmail. Jika Anda tidak berpartisipasi untuk melakukan verifikasi dengan proses yang satu ini, Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi via telepon.

cara membuat email

• Jika Anda sudah memasukan angka yang tertera pada kolom gambar, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah centang kotak yang terdapat di sebelah teks “Saya Menyetujui Persyaratan Layanan Google dan Kebijakan Privasi Google.”

• Setelah itu, klik “Langkah Berikutnya”

• Akun baru dari Gmail pun siap Anda gunakan. Cukup mudah bukan untuk membuat sebuah akun email dengan menggunakan Gmail?

• Untuk mengakses inbox email milik Anda, klik tombol “lanjutkan ke Gmail” proses pembuatan akun Gmail pun selesai dan akun email siap untuk Anda gunakan.

3. Cara Membuat Email di Hotmail

Langkah yang harus Anda tempuh untuk membuat email dengan menggunakan Hotmail juga hampir sama dengan cara membuat email menggunakan Yahoo dan juga Gmail. Untuk lebih jelas lagi, bagaimana cara membuat email dengan menggunakan Hotmail, berikut ini penjelasannya untuk Anda.

• Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah dengan mengunjungi live.com, setelah itu Anda akan diarahkan pada halaman login seperti yang tertera pada gambar di bawah ini.

cara membuat akun hotmail

• Perhatikan dengan seksama gambar di atas, untuk membuat sebuah akun email baru, maka klik tombol ‘Daftar Sekarang”

• Setelah Anda mengeklik tombol tersebut, maka selanjutnya Anda akan diarahkan pada sebuah halaman pengisian data diri seperti yang ada ada contoh gambar di bawah ini.

• Pada gambar di atas, sudah dilengkapi dengan beberapa nomor yang bisa membantu Anda untuk mengisikan data diri
Nomor 1: anda dipersilahkan untuk mengisi nama depan Anda
Nomor 2: Anda dipersilahkan untuk mengisi nama akhir atau nama belakang
Nomor 3: silahkan isi alamat email yang Anda inginkan
Nomor 4: Anda dipersilahkan untuk mengisi nama sandi atau password, diusahakan untuk mengisikan password yang mudah untuk diingat agar Anda bisa masuk kea kun email Hotmail milik Anda dengan mudah suatu hari nanti

• Setelah Anda mengisi data diri, selanjutnya arahkan kursor ke bawah. Pada bagian ini aka nada beberapa kolom yang mana Anda diminta untuk mengisinya

• Perhatikan gambar di atas, di atas sudah tertera beberapa nomor yang untuk membantu memudahkan Anda dalam mengisi data diri
Nomor 1: masukan kata sandi atau password ulang untuk konfirmasi
Nomor 2: Anda dipersilahkan untuk mengisi Negara asal Anda
Nomor 3: Anda dipersilahkan untuk mengisi tanggal lahir
Nomor 4 Anda dipersilahkan untuk mengisi jenis kelamin
Nomor 5: Anda dipersilahkan untuk mengisi nomor HP yang Anda miliki
Nomor 6: pada kolom yang satu ini, Anda akan diminta untuk mengisi email alternative yang mana akan sangat berguna untuk melakukan recovery pada saat Anda lupa dengan password.

• Setelah semua data benar-benar terisi, maka arahkan kursor ke bagian bawah. Maka disini Anda akan menemukan captcha seperti yang ada pada contoh di bawah ini.

• Pada gambar di atas, ada beberapa nomor yang telah ditempatkan pada beberapa kolom dan berikut penjelasannya
Nomor 1: Anda dipersilahkan untuk mengisi kode captcha yang ada pada kolom gambar
Nomor 2; centang kotak tersebut jika Anda menginginkan tawaran promosi dari Microsoft
Nomor 3: klik “Buat Akun” untuk membuat sebuah akun email hotmail yang baru

• Setelah Anda mengeklik tombol tersebut maka Anda akan diarahkan pada halaman inbox hotmail

cara membuat email

• Akun hotmail pun siap untuk Anda gunakan.

Nah, itu dia tiga tutorial yang bisa Anda lakukan untuk membuat sebuah akun email baik dengan menggunakan yahoo, Gmail ataupun Hotmail. Cukup mudah dan tidak ribet bukan? Menggunakan sebuah email memang sangat membantu Anda dalam hal mengirim surat secara elektronik dengan jarak yang jauh namun tetap dalam waktu yang relative singkat.

Ternyata, kelebihan dari email yang bisa Anda dapatkan bukan hanya itu saja. Email juga sangat berfungsi untuk membuat sebuah akun social media seperti facebook, twitter, instagram, dan juga yang lainnya. Tak hanya itu, untuk membuat sebuah web 2.0 atau web gratis juga membutuhkan sebuah email.

pada dasarnya, untuk bisa masuk ke sebuah layanan yang ada di internet, Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email yang anda miliki pada kolom pendaftaran. Jadi, intinya di era yang sudah semodern ini, memiliki sebuah email bisa dibilang sebuah keharusan agar dapat mengakses berbagai macam informasi yang ada di seluruh dunia.

Apalagi cara membuat email yang cukup mudah dan tidak memerlukan biaya ini pastinya akan membuat Anda menjadi lebih efisien. Dengan hanya menggunakan email, akan ada banyak manfaat yang Anda dapatkan seperti yang telah dijelaskan di atas.

Kesimpulan dari cara membuat email yang satu ini adalah Anda hanya memerlukan beberapa data pribadi yang diwajibkan untuk diisi ketika Anda membuat sebuah email.

Beberapa data tersebut seperti nama, nomor hp, tempat tanggal lahir. Pada beberapa email, ada yang mengharuskan untuk mengisi nomor hp ataupun tidak. Pada beberapa email beberapa email yang mengharuskan untuk mengisi nomor hp, biasanya ini digunakan untuk melakukan recovery melalui hp ketika Anda lupa dengan password yang Anda gunakan.

Selain itu, Anda juga diwajibkan untuk memasukkan sandi atau password yang dimaksudkan agar tidak ada orang lain yang sembarangan memasuki akun email milik Anda. Pilihlah nama password yang tidak pasaran seperti 12345678 atau yang lainnya, karena contoh password yang satu ini sangat mudah untuk ditebak.

Namun, jangan juga untuk memasukan password yang sulit untuk Anda ingat. Untuk membuat sebuah password yang baik, Anda bisa menggabungkan huruf besar dan kecil, serta angka ataupun symbol. Namun, Anda juga harus memperhatikan batas minimal berapa karakter yang harus Anda masukan untuk membuat sebuah sandi.

Selain itu, buatlah nama email yang mudah untuk Anda ingat dan belum pernah digunakan oleh orang lain. Apabila alamat email yang ingin Anda gunakan memiliki nama yang sama dengan orang lain, maka akun email tidak bisa Anda buat.

Beberapa cara membuat email seperti yang telah dijelaskan di atas dimaksudkan untuk memudahkan Anda ketika akan membuat sebuah akun email yang baru. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan beberapa poin yang telah dijelaskan di atas seperti pemilihan kata sandi, nama email dan juga nomor telepon yang harus Anda isikan agar bisa melakukan recovery pada saat Anda lupa password.

Kecanggihan teknologi memang memberikan banyak keuntungan bagi manusia. Memanfaatkannya untuk berbagai macam hal yang positif merupakan cara yang bijak yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan teknologi di zaman globalisasi.