5 Cara Membuat Donat Empuk dan Mengembang Sempurna

cara membuat donat

Waktuku.com – Cara Membuat Donat Empuk Enak dan Mengembang mungkin bisa menjadi refrensi penting yang harus diketahui jika anda saat ini sedang belajar membuat donat ala rumahan. Donat yang menjadi salah satu jajanan favorit semua orang, sehingga tak heran apabila banyak yang ingin belajar cara membuat donat, Anda juga bisa membaca Cara Membuat Cilok.

Dalam membuat donat diperlukan kehati-hatian dan cara yang pas agar hasilnya bisa maksimal. Maksimal disini berarti donat yang kita buat bisa terasa enak, lembut, gurih, mengembang dan tidak bantat.

Berikut ini akan saya uraikan resep cara membuat donat paling lengkap agar empuk enak dan mengembang. Resep ini akan membimbing anda tentang bagaimana cara membuat donat kentang, donat jco, donat goreng, dan donat singkong. Ini dia informasi selengkapnya.

Resep dan Langkah Cara Membuat Donat:

Membuat Donat Jco

donat jco

Mari kita mulai dengan belajar resep cara membuat donat jco yang empuk. Donat Jco adalah salah satu jenis donat yang banyak disukai oleh orang berkat rasanya yang sangat khas.

Agar hasil donat jco yang kita buat bisa empuk, maka ada 2 poin yang harus anda perhatikan. Pertama-tama pastikan anda membuat dengan tepung komachi, jika tidak ada maka anda bisa menggunakan tepung terigu tinggi protein. Yang kedua buatlah 2 adonan berbeda, dan nantinya akan dicampur.

Bahan-bahan membuat donat jco

Bahan pertama:
– Tepung komachi atau bisa diganti dengan tepung cakra
– 1/8 sendok kecil garam halus beryodium
– 7 gram ragi instant kualitas baik
– 150 ml air bersih

Bahan Kedua:
– Tepung Komachi atau bisa diganti dengan tepung cakra
– 15 gram susu cucuk full cream
– 1/2 butir telur ayam kcocok lepas di luar
– 30 gram shortening atau mentega putih tidak berasa
– 30 gram gula pasir putih

Membuat Donat JCO yang Empuk dan Lembut:

– Pertama-tama silahkan ayak dan saring tepung pada bahan pertama dan bahan kedua hingga benar-benar halus tanpa ada kotoran yang menempel
– Siapkan wadah kemudian masukkan bahan pertama yang sudah disiapkan tadi ( ragi, tepung terigu, dan garam halus). Aduk-aduk bahan ini hingga merata
– Tambahkan air secukupnya di bahan pertama tadi dan gunakan mixer untuk mengaduknya hinga semua adonan tercampur secara merata. Tutup wadah dan biarkan selama 80-90 menit agar bisa mengembang sempurna
– Siapkan wadah lagi dan masukkan bahan kedua. Seperti mentega putih, tepung, susu, telur dan gula pasir. Uleni dan aduk-aduk adonan ini memakai tangan hingga elastis dan kalis
– Tutup wadah adonan dan biarkan selama 15 menit agar tercampur merata dan lebih mengembang
– Ambil adonan donat tadi secukupnya saja kemudian bentuk lingkaran dengan lubang pada bagian tengahnya. Gunakanlah cetakan donat agar hasilnya lebih rapi
– Ulangi cara ini hingga adonan selesai dibentuk, kemudian diamkan selama 10 menit
– Siapkan penggorengan kemudian tambahkan minyak hingga bagian bawah donat tak menyentuh dasar penggorengan. Gunakanlah api sedang saja.
– Tunggu minyak hingga panas kemudian masukkan adonan donat JCO. Gunakan sumpit untuk memutar donat saat proses penggorengan agar lubang di bagian tengah terbentuk sempurna.

Sekarang Donat JCO sudah bisa dihidangkan dan dinikmati. Langkah-langkah di atas dijamin anti gagal dan tekstur donatnya begitu lembut. Mari kita lanjutkan resep cara membuat donat yang ke-2.

Membuat Donat Goreng Tanpa Ragi

donat goreng

Mungkin cara membuat donat yang satu ini terdengar sedikit nyleneng, karena kita tidak menggunakan ragi. Pasti anda bertanya, apakah bisa?, apakah hasilnya akan empuk dan mengembang?.

Jawabannya adalah anda bisa membuat donat tanpa menggunakan ragi dan hasilnya pun tetap mengembang serta empuk. Fungsi ragi tersebut akan diganti oleh perpaduan kentang dan baking powder.

Berikut ini adalah bahan dan membuat donat goreng tanpa ragi:

Bahan-bahan:

Bahan kering :
– Gula pasir 1500 gram
– Baking powder 2 sendok makan
– Kentang 200 gram, kukus dan haluskan
– Tepung terigu dengan kandungan protein sedang 100 gram
– Garam 1/4 sendoh teh
– Tepung terigu dengan protein tinggi 300 gram
– Gula halus 100 gram

Bahan basah:
– Minyak sayur secukupnya
– Telur ayam 1 butir
– Susu segar 200 ml
– Margarin 2 sendok makan

Cara membuat:

– Pertama-tama siapkan wadah kemudian masukkan gula pasir, tepung terigu protein sedang, tepung terigu protein tinggi, baking power, garam, dan gula pasir, aduk-aduk sampai merata. Kemudian tambahkan kentang aduk menggunakan tangan hingga rata. selanjutnya tambahkan susu segar dan telur uleni hingga kalis. Yang terakhir tambahkan margarin uleni hingga elastis. Diamkan selama 30 menit hingga mengembang.
– Jika adonan sudah mengembang, kempiskan kembali dan potong kecil-kecil sesuai selera. Diamkan selama 10 menit. Selanjutnya pipihkan adonan dan beri lubang di bagian tengahnya. Tata adonan tadi di loyang yang telah ditaburi tepung terigu biarkan selama 30 menit.
– Siapkan penggorengan dan beri minyak hingga adonan tidak sampai ke dasar penggorengan. Setelah panas, goreng adonan donat memakai api sedang sembari dibolak-balik hingga berwarna coklat keemasan.
– Angkat donat dan tiriskan hingga suhunya normal.
– Susun di wadah dan taburi gula halus.

Sekarang donat goreng tanpa ragi yang lembut dan mengembang sempurna sudah bisa disantap. Sangat mudah bukan cara membuat donat yang satu ini?.

Membuat Donat Kentang Original yang Simpel dan Mudah

donat kentang

Jika anda adalah seorang pemula yang belum pernah membuat donat sama sekali, mungkin 2 resep membuat donat di atas terlalu sulit. Nah, kamu tidak perlu khawatir karena bisa mencoba resep donat kentang original.

Cara membuat donat kentang original ini sangatlah simpel dan mudah. Sehingga semua orang pasti bisa membuatnya. Soal citarasa, donat kentang original begitu enak dan menggugah selera pastinya.

Langsung saja disimak bahan dan cara membuat kentang original berikut ini.

Bahan-bahan Donat Kentang Original:

– Margarin atau mentega 750 gram
– Kentang 200 gram, kukus dan dinginkan terlebih dahulu. Setelah dingin tumbuh hingga halus.
– Tepung terigu protein tinggi 500 gram
– Susu bubuk 50 gram
– Ragi instan 11 gram
– Gula kastor atau gula halus 100 gram
– Air 100 ml
– Garam 1/4 sendok teh
– Kuning telur 4

Cara Membuat Donat Kentang Original

– Pertama-tama silahkan campur gula halus, tepung terigu, garam, susu bubuk dan ragi hingga merata.
– Jika bahan bubuk sudah tercampur merata, sekarang masukkan kentang yang sudah ditumbuk hingga halus dan kuning telur. Beri air sedikit demi sedikit sembari diuleni hingga adonan menjadi kalis.
– Tambahkan juga margarin atau mentega sambil diuleni kembali hingga adonan menjadi kalis dan elastis.
– Diamkan adonan donat tadi selama 20-30 menit. Jangan lama-lama karena adonannya bisa cacat. Saat menutup adonan gunakanlah serbet basah namun jangan sampai adonan terkena tetesan air.
– Selanjutnya kempeskan adonan dan bentuk donat. Agar lebih mudah gunakan cetakan.
– Sesudah dibentuk, diamkan adonan selama 30 menit.
– Setelah itu goreng donat kentang menggunakan api kecil hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan.
– Sesudah itu angkat donat supaya tidak gosong kemudian dinginkan. Agar donat semakin lezat anda bisa menambahkan topping sesuai dengan selera.

Bagaimana, sangat mudah bukan cara membuat donat kentang original di atas?. Donat kentang ini cocok sekali dihidangkan saat acara santai bersama kelarga. Lanjut pada resep cara membuat donat yang ke-4.

Cara Membuat Donat Singkong

Cara Membuat Donat singkong

Anda mempunyai banyak singkong namun bingung mau dibuat apa?, dibuat keripik, kolak, ataupun kolong sudah terlalu mainstream. Nah, kenapa tidak mencoba membuat donat dari singkong.

Ya, sekarang ini banyak orang yang mencoba resep cara membuat donat singkong ini. Selain unik, ternyata rasanya juga tidak kalah dari donat kentang atau donat ubi. Mau tau caranya?, simaklah bahan dan cara membuat donat singkong berikut ini.

Bahan-bahan membuat donat singkong:

– Tepung terigu 350 gram
– Singkong 350 gram
– Telur ayam 2 butir
– Gula halus 5 sendok makan
– Baking powder 1 sendok teh
– Susu bubuk 5 sendok makan
– Air bersih 100 ml
– Ragi instant 1 sendok makan
– Margarine 100 gram
– Gula halus secukupnya
-Minyak goreng secukupnya

Cara membuat donat singkong:

– Pertama-tama silahkan kupas kulit singkong kemudian cuci dengan air hingga benar-benar bersih
– Selanjutnya kukus sigkong hingga matang dan empuk, kemudian haluskan
– Campur semua bahan yang sudah disiapkan menjadi satu dengan singkong
– Tambahkan air sedikit demi sedikit sembari diuleni menggunakan tangan hingga benar-benar kalis
– Bentuklah adonan menjadi bulat-bulat dengan ukuran yang sesuai selera. Lubangi tengahnya dan biarkan adonan selama 30 menit hingga adonan mengembang 2x lipat.
– Siapkan penggorengan dan tambahkan minyak secukupnya. Setelah panas goreng adonan dengan api sedang hinga warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan
– Angkat dan kemudian tiriskan,sekarang donat singkong siap disajikan

Cara membuat donat singkong sebenarnya tidak jauh berbeda dengan donat kentang. Perbedaannya hanya terletak pada bahan dasar yang digunakan. Tentunya hal ini akan mempengaruhi rasanya.

Cara Membuat Donat Empuk dan Mengembang

Cara Membuat Donat empuk dan mengembang

Donat yang spesial dan terasa sempurna adalah donat yang bertekstur empuk dan mampu mengembang. Hal inilah yang menjadi impian semua pembuat donat.

untuk mendapatkan donat empuk dan mengembang bukanlah hal yang sulit dilakukan. Karena saya akan membagikan rahasianya kepada anda semua.

Langsung di simak penjelasan mengenai bahan dan cara membuat donat empuk dan mengembang berikut ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

– Tepung terigu 1/2 kg
– Air mineral 200 cc
– 0,5 Ragi instan 11 gram
– Mentega 3 sendok makan
– Susu bubuk atau susu kental 3 sendok makan
– Gula pasir 4 sendok makan
– Garam 2 sendok teh
– Telur 2 butir

Cara membuat donat empuk dan gurih:

– Pertama-tama silahkan kocok 2 butir telur di dalam satu wadah, kemudian tambahkan susu, gula pasir, garam, tepung terigu (sudah diayak) dan mentega. Aduk-aduk hingga merata.
– Campurkan ragi di dalam wadah berisi air, kemudian aduk-aduk hingga merata dan masukkan ke dalam adonan. Uleni adonan hingga benar-benar kalis. Diamkan adonan di dalam wadah tertutup selama 20 menit hingga mengembang.
– Jika sudah mengembang, ambil adonan secukupnya kemudian bulatkan. Setelah itu diamkan dalam wadah yang sudah ditaburi tepung terigu, agar adonan jadi lengket. Diamkan selama 20 menit hingga adonan mengembang berbentuk bulat.
– Setelah itu panaskan minyak goreng di atas api sedang. Lubangi bagian tengah adonan kemudian goreng. Biarkan hingga adonan berubah warna menjadi kecoklatan. Jika sudah, segera angkat dan dinginkan.
– Taburi donat yang sudah dingin dengan gula halus.
-Sekarang, donat lembut dan mengembang siap untuk dinikmati.

Apakah terlalu mudah?, memang cara membuat donat empuk dan mengembang sangatlah mudah apabila kita sudah mengetahui caranya.

Demikianlah ulasan tentang cara membuat donat paling lengkap agar empuk enak dan mengembang. Silahkan pilih sendiri resep mana yang akan anda coba. Membuat donat untuk menemani waktu luang anda tentu terasa menyenangkan.