5 Cara Membuat Cimol Agar Tidak Meletus

Cara Membuat Cimol

Waktuku.comCara membuat cimol khas Bandung yang kenyal dan empuk di rumah mungkin bisa dikatakan susah-susah gampang. Dikatakan gampang karena untuk bahan dan cara membuat adonan cimol sangatlah praktis dan sederhana.

Akan tetapi, untuk membuat bumbu taburan cimol dan cara menggoreng cimol agar tidak meletus, diperlukan sedikit tips tersendiri. Cimol adalah jajanan anak sekolahan yang paling favorit disamping cilok, cireng maupun seblak.

Daripada membelinya lebih baik anda membuat sendiri di rumah, selain hemat anda pun juga bisa mengkreasikan bumbu yang akan digunakan.

Pada postingan ini saya akan membagikan aneka resep cimol. Seperti cimol asli Bandung, cimol goreng, cimol basah, cimol rebus dan sekaligus bumbu cimol. Mau tau resep dan cara membuat cimol khas Bandung yang kenyal dan empuk di rumah?. Simaklah ulasannya berikut ini.

Cara Membuat Cimol Empuk dan Mengembang:

Resep dan Cara Membuat Cimol Sederhana Asli Bandung

cimol

Untuk memulai variasi resep cara membuat cimol, pertama-tama mari kita membuat cimol sederhana asli Bandung dahulu. Cimol ini biasanya dijajakan di pinggir jalan oleh abang-abang. Mau tau bagaimana cara membuat cimol sederhana khas Bandung?.Simak informasinya berikut ini.

Bahan utama:
– 1 sendok makan ketumbar, haluskan
– 100 gram tepung kanji atau tepung tapioka ataupun tepung aci
– 4 siung bawang putih, cincang halus
– 400 ml air
– 1 sendok makan minyak goreng
– Penyedap rasa dan garam secukupnya
– 1/2 sendok teh merica

Bahan untuk bumbu cimol:
– 1 batang daun bawang putih, irislah tipis-tipis
– 300 gram tepung kanji atau tepung tapioka
– Minyak goreng secukupnya, nanti digunakan untuk menggoreng
– Siapkan bubuk balado dan bubuk bumbu taburan atau bubuk keju

Cara membuat cimol sederhana khas Bandung:
– Siapkan panci terlebih dahulu yang akan digunakan untuk mencampur semua bahan utama. Campurkan bawang putih, merica, 100 gram aci, 1 sendok makan minyak goreng, garam, penyedap rasa dan ketumbar. Kemudian tambahkan air lalu aduk-aduk sampai merata.
– Silahkan masak adonan tersebut dengan api kecil sambil di aduk terus hingga warnanya bening menjadi kental. Kemudian matikan apinya.
– Setelah itu kita tambahkan irisan daun bawang, kemudian aduk-aduk memakai sendok kayu. Masukkan sedikit demi sedikit 300 gram aci. Sesudah adonan menjadi hangat, uleni terus menggunakan tangan sampai lembut dan kalis.
– Apabila adonan sudah kalis, maka silahkan ambil sedikit adonan lalu gilis bulat memanjang dengan diameter sekitar 1cm. Lalu potong adonan tersebut 3-4 cm memanjang dan bentuk bulat.
– Sesudah semua adonan menjadi bulat, langsung saja kita taburi aci agar adonan cimol tidak lengket.
– Setelah itu kita panaskan minyak goreng secukupnya, begitu minyak sudah panas goreng dengan api kecil. Aduk-aduk cimol saat digoreng supaya matangnya merata.
– Apabila cimol sudah terlihat matang, segera angkat dan tiriskan.
– Langkah terakhir tinggal menambahkan cimol dengan taburan bumbu bubuk.

Demikianlah resep dan cara membuat cimol sederhana asli Bandung. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk membuatnya?. Tenang, jangan buru-buru untuk keluar karena di bawah ini masih ada banyak resep dan cara membuat cimol yang akan saya bagikan. Lanjutkan membacanya ya!.

Resep dan Cara Membuat Cimol Rebus yang Kenyal dan Lezat

cimol

Selanjutnya kita akan belajar bagaimana cara membuat cimol rebus yang kenyal dan lezat. Kedengarannya sangat seru kan?. Benar, rasa cimol rebus ternyata tidak kalah lezatnya dengan cimol goreng yang biasa dijual oleh pedagang keliling.

Cimol rebus ini juga jarang kita temui, kecuali anda datang sendiri ke Kota Bandung. Nah, daripada jauh-jauh ke Paris Van Java, bukan kah sebaiknya kita membuat sendiri cimol rebusnya?.

Berikut adalah resep dan cara membuat cimol rebus yang kenyal dan lezat:
– Tepung tapioka 3 cup mangkok kecil
– Tepung terigu 2 cup mangkok kecil
– Merica bubuk 1 sendok makan
– Garam 1 jumput
– Bawang putih 2 siung, haluskan
– Daun sop 1 batang
– Penyedap rasa 1 jumput
– Air panas 1 gelas
– Bumbu pecel 2 sendok makan ( tambahkan cabai apabila anda suka pedas )

Cara membuat cimol rebus yang kenyal dan lezat:
– Pertama silahkan ambil wadah, kemudian masukkan tepung dan semua bumbu yang sudah dipersiapkan menjadi satu. Kemudian tuangkan air panas, aduk-aduk secara merata.
– Selanjutnya, olesi tangan dengan minyak sayur. Ambil adonan cimol dan bentuk bulat-bulat.
– Setelah adonan adi, masak air secukupnya sampai mendidih
– Kemudian masukkan cimol yang sudah dibentuk ke dalam air mendidih, diamkan cimol sampai naik ke atas permukaan
– Sekarang cimol rebus sudah siap dihidangkan.

Bumbu pecel yang tadi sudah disiapkan, tambahkan air sedikit saja untuk melarutkannya. Nantinya cimol rebus akan kita santap bersama bumbu pecel ini.

Tekstur cimol rebus yang kenyal akan terasa begitu lezat ketika disantap bersama bumbu pecel. Mari lanjutkan ke resep dan cara membuat cimol berikutnya.

Resep Cara Membuat Cimol Goreng Agar Mengembang dan Tidak Meletus

cimol

Apabila di atas kita sudah membuat cimol rebus yang kenyal, sekarang kita akan belajar bagaimana cara membuat cimol goreng. Biasanya cimol goreng ini dijajakan oleh abang-abang sebagai jajanan anak SD. Harganya yang murah, sehingga cimol cukup diminati oleh anak-anak.

Cimol goreng idaman semua orang yaitu yang memiliki tekstur kenyal, garing, dan empuk. Nantinya, kita juga akan membuatnya dengan cara praktis dan mudah. Berikut ini adalah bahan dan cara membuat cimol goreng agar mengembang dan tidak meletus.

Bahan-bahan:
– Air panas mendidih 350 mili liter
– Tepung tapioka/ aci 500 gram
– Garam 1 sendok teh
– Bumbu penyedap 1 sendok teh
– Fermipan 1 sendok teh, larutkan dengan air hangat
– Garam 1sendok teh
– Minyak goreng untuk menggoreng secukupnya
– Merica 1 sendok teh
– Bawang putih 4 siung, haluskan

Cara membuat cimol goreng agar mengembang dan tidak meletus:
– Pertama silahkan campurkan merica, garam, penyedap rasa, tepung aci dan bawang putih halus secara merata. Tambahkan air panas secara bertahap sembari diuleni hingga tak ada yang menempel di tangan.
– Setelah itu tambahkan fermipan yang telah dilarutkan, aduk sampai merata dan kalis. Atau diamkan adonan selama 15 menit agar bisa dibentuk.
– Adonan yang sudah jadi tinggal dibentuk bulatan kecil. Lakukan cara ini hingga habis.
– Setelah itu siapkan minyak goreng di atas kompor, lalu masukkan cimol sampai terendam. Tutup wajan baru kemudian nyalakan api kecil. Silahkan goreng selama 15 menit sembari di aduk-aduk sampai mengembang dan matang.
– Cimol yang sudah matang, segera angkat dan tiriskan. Lalu goreng kembali sisa adonan cimol tanpa perlu merubah api kompor.
– Cimol yang sudah jadi, tambahkan bumbu tabur sesuai selera.

Tips penting: Agar cimol tidak meletus saat di goreng, sebaiknya anda memasukkan cimol ke dalam minyak goreng hingga merendam. Jika cimol sudah dimasukkan, baru nyalakan api.

Untuk adonan berikutnya, anda bisa langsung menggoreng karena suhu minyak sudah stabil.

Bagaimana, mudah bukan resep cara membuat cimol goreng agar mengembang dan tidak meletus di atas?. Langsung saja coba sendiri di rumah.

Lanjut ke resep cara membuat cimol selanjutnya.

Resep dan Cara Membuat Cimol Basah yang Super Enak

cara membuat cimol

Salah satu variasi resep cara membuat cimol yang tidak kalah seru untuk dicoba adalah cimol basah. Jajanan yang satu ini memiliki cita rasa khas dan tekstur yang cukup memanjakan lidah, menyajikan cimol basah sebagai hidangan keluarga tentu bukan ide buruk.

Apalagi jika anak-anak anda menyukai jajanan tradisional, langsung saja disimak resep cara membuat cimol basah yang super enak berikut ini.

Bahan utama cimol basah:
– Daun bawang 1 batang, iris tipis
– Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng
– Bubuk cabe balado atau bumbu tabur lainnya sesuai selera
– Aci 300 gram
– Aci secukupnya sebagai taburan

Bahan:
– Merica 1/2 sendok teh
– Ketumbar 1 sendok makan
– Air 400 ml
– Penyedap dan garam secukupnya
– Aci 100 gram
– Bawang putih 4 siung, haluskan
– Minyak goreng 1 sdm

Cara membuat cimol basah yang super enak:
– Pertama siapkan panci, kemudian campurkan aci 100 gram dengan bawang putih, garam, merica, penyedap, ketumbar dan minyak goreng 1 sdm, lalu tambahkan air dan aduk-aduk secara merata.
– Kemudian nyalakan api kecil dan masak adonan sampai mengental sembari terus di aduk. Matikan api.
– Selanjutnya silahkan masukkan irisan daun bawang lalu aduk-aduk adonan menggunakan sendok kayu sembari memasukkanaci 300 gram secara bertahap.
– Kemudian uleni menggunakan tangan sesudah adonan hangat supaya lebih merata. Terus uleni sampai adonan mudah dibentuk dan kalis.
– Berikutnya ampil adonan sedikit saja dan bentuk menjadi bulatan-bulatan. Ulangi cara ini sampai adonan habis. Jika semua adonan sudah dibentuk, taburi tepung aci supaya tak lengket.
– Yang terakhir siapkan wajan dan tuangkan minyak goreng banyak. Tambahkan cimol dan pastikan cimol terendam di dalam minyak goreng. Jika sudah, baru nyalakan api kompor kecil saja.
– Masak sampai matang, lalu angkat dan tiriskan. Kemudian taburi cimol yang sudah jadi dengan bumbu tabur.
Resep dan cara membuat cimol basah yang super enak ini bisa dicoba ketika anak-anak sedang ingin makan jajan tradisional. Dijamin mereka akan menyukai kreasi anda ini.
Lanjutkan membaca karena masih ada 1 variasi resep cara membuat cimol.

Resep dan Cara Membuat Cimol Balado yang Bikin Nagih

cara membuat cimol

Untuk resep membuat cimol yang terakhir ini dikhususkan bagi anda para pecinta pedas. Ya, kita akan membuat kreasi cimol dengan citarasa yang akan membakar mulut anda.
Langsung saja disimak bahan dan cara membuat cimol balado yang bikin nagih berikut ini.

Bahan-bahan:
– Tepung terigu 3 sendok makan
– Tepung tapioka 6 sendok makan
– Bawang putih 3 siung, geprek
– Garam 1 sendok teh
– Lada bubuk 1/2 sendok teh
– Daging ayam giling 50 gram
– Bumbu balado, sesuai selera
– Air panas, secukupnya

Cara membuat cimol balado yang bikin nagih:
– Pertama silahkan campurkan tepung terigu, tepung tapioka, lada, daging ayam giling, bawang putih dan garam. Aduk-aduk semua bahan sembari ditambahkan air hangat secukupnya sampai kalis.
– Setelah adonan jadi, bentuk bulat-bulat kecil kemudian masukkan di dalam air mendidih selama 5 menit.
– Jika sudah selesai di rebus, diamkan sebentar dulu di mangkok. Dan buang air rebusan.
– Selanjutnya goreng adonan cimol selama 5 menit di dalam minyak panas.
– Terakhir silahkan taburkan bumbu balado sesuai selera

Sangat simpel dan praktis bukan resep cara membuat cimol balado ini ?. Silahkan sesuaikan taburan bumbu balado sesuai selera pedas anda masing-masing.

Cukup sampai disini dulu ulasan singkat mengenai resep dan cara membuat cimol sederhana khas Bandung yang kenyal dan empuk di rumah. Semoga bermanfaat untuk anda semua.