cara membersihkan telinga

Waktuku.comCara membersihkan telinga memang sangat perlu diketahui karena jika salah sedikit, hal ini justru berakibat fatal dengan telinga anda. Meskipun sebenarnya kotoran telinga adalah zat alami dan sangat bermanfaat sebagai pelindung telinga ataupun liang telinga. Namun jika kotoran tersebut terlalu banyak dan menumpuk rasanya akan membuat siapa saja merasa risih.

Ada banyak penelitian yang menunjukkan jika kotoran telinga bisa bermanfaat sebagai bakterisida. Manfaatnya ialah untuk menghalangi perkembangan bakteri yang bisa merugikan telinga anda. Namun terkadang kotoran telinga yang menumpuk juga bisa membuat masalah terhadap pendengaran telinga anda.

Sebenarnya kotoran telinga bisa dibersihkan, namun anda harus hati hati membersikannya. Jangan lakukan pembersihan secara tergesa gesa. Agar tidak terjadi kerusakan di bagian sensitive telinga. Untuk itu, anda bisa menggunakan cara membersihkan telinga berikut ini agar telinga anda tetap aman.

Air Garam

garam
Image by: phoenixhealthfund.com.au

Cara membersihkan telinga bisa dilakukan dengan menggunakan air garam. Cara ini sering digunakan oleh siapa saja yang ingin membersihkan kotoran didalam telinganya. Bahkan dengan larutan garam ini, anda tidak perlu menggunakan alat bantuan apa pun untuk membersihkan telinga.

Cara menggunakannya:
– Langkah pertama siapkan garam 1 sendok teh
– Selanjutnya campur dengan air hangat ½ cangkir
– Aduklah sampai garam larut
-Lalu rendamlah bola kapas pada larutan tersebut
– Miringkan telinga kemudian peras beberapa tetes saja air garam didalam telinga
– Kemudian tahan kepala dengan posisi tersebut sekitar 5 menit
– Lalu miringkan lagi kepala diarah berlawanan agar air garam menguras kotoran
– Selanjutnya bersihkan luar telinga menggunakan kain bersih

Hal ini untuk membersihkan lilin dalam telinga yang melunak. Karena garam juga bisa melunakkan akumulasi lilin dan membuatnya mudah dibersihkan. Garam juga sangat aman digunakan karena tidak membuat telinga anda infeksi.

Rebusan Air Hangat

air hangat

Cara membersihkan telinga selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan rebusan air hangat. Karena air hangat bersifat bisa mengeluarkan lilin.

Cara menggunakannya:
– Langkah pertama siapkan rebusan air hangat sedikit saja
– Kemudian tunggulah dingin pada suhu kamar
– Lalu isikan air tersebut pada pipet
– Selanjutnya miringkan kepala dan teteskan air hangat beberapa tetes saja di telinga
– Tunggu sampai 3 menit lalu miringkan kepala dengan arah yang berlawanan, supaya air bisa keluar
– Pakailah bola kapas ketika membersihkan kotoran pada telinga yang sudah lepas atau partikel lainnya

Selain menggunakan cara diatas, anda juga bisa menggunakan cara lain dengan menggunakan air hangat untuk membersihkan telinga. Yakni dengan mencuci telinga dengan air hangat.

Dan basuhlah secara perlahan kemudian beri pijatan ringan dibagian otot telinga. Anda bisa menggunakan cara ini untuk membersihkan telinga setelah seharian anda melakukan aktivitas.

Hidrogen Peroksida

Cara membersihkan telinga selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunkan hydrogen peroksida. Jenis obat tetes ini bisa membersihkan telinga dengan aman. Cairan ini merupakan H202 yakni senyawa yang terbentuk dengan alami dari alam ataupun bisa disintesis secara kimia.

Cara penggunaanya ialah:
– Sediakan Hidrogen Peroksida dan air dengan seimbang
– Selanjutnya masukkan kedua bahan alami tersebut dalam sebuah wadah
– Aduk sampai larut dan masukkan gulungan kapas didalamnya selama beberapa menit
– Miringkan kepala dan peras rendaman kapas beberapa tetes
– Biarkan selama 3 menit kemudian miringkan kepala secara berlawanan
– Biasanya akan terdengar suara desisan yang muncul dari telinga, hal ini sangat umum karena reaksi dari hydrogen peroksida.

Setelah larutan keluar, baru bersihkan telinga dengan air hangat dan keringkan dengan handuk. Anda juga bisa menggunakan pipet untuk lebih mudahnya. Hidrogen peroksida berbentuk kemasan bisa anda peroleh di apotek terdekat. Fungsi dari senyawa ini ialah membuat cairan pada telinga lebih cair sehingga bisa membersihkan serumen dan menghancurkannya.

Campuran Cuka Putih dan Alkohol

cuka putih

Cara efektif lain yang bisa digunakan sebagai cara membersihkan telinga ialah dengan menggunakan campuran dari bahan cuka putih dengan alkohol. Manfaat cuka dalam hal ini ialah bisa melarutkan kotoran telinga sekaligus mencegah penumpukan bakteri yang ada pada telinga. Cara melakukannya:
– Siapkan cuka putih dan alkohol
– Selanjutnya campur kedua bahan tersebut dengan takaran sama
– Aduk sampai tercampur dan rendam bola kapas pada larutan tersebut selama beberapa menit
– Peras bola kapas beberapa tetes saja pada telinga dengan cara memiringkan telinga
– Tunggulah selama 3 menit
– Kemudian miringkan kepala dengan arah berlawanan agar kotoran bisa keluar.

Setelah itu, bersihkan dengan air hangat dan handuk. Sementara untuk larutan alkohol bisa dimanfaatkan untuk mengeringkan cairan yang telah tertinggal pada telinga. Larutan ini juga sering dipakai oleh atlet renang ketika membersihkan infeksi pada telinga karena masuknya air kolam didalamnya. Pakailah cuka putih maupun yang biasa disebut isopropil pada kadar 70%.

Fenolgliserin

Anda juga bisa menggunakan fenolgliserin untuk cara membersihkan telinga dari kotoran. Jenis bahan ini sudah biasa digunakan pada produk kecantikan dari mulai sabun dan juga lotion untuk menjaga kelembapan kulit. Untuk masalah ini, fungsi dari fenolgliserin ialah sebagai penyerap cairan & minyak yang berlebih pada telinga.

Cara menggunakannya:
– Langkah pertama siapkan fenogliserin
– Kemudian teteskan bahan tersebut 2 tetes saja pada telinga dengan cara memiringkan telinga
– Selanjutnya sapukan telinga dengan menggunakan cotton buds dengan perlahan
– Lakukan cara ini secara berulang sampai bersih.

Fenogliserin sangat efektif digunakan untuk menghilangkan kotoran pada telinga. Dengan cairan ini, maka kotoran pada telinga akan lunak dan dibawa keluar oleh cairan tersebut.

Minyak Zaitun

minyak zaitun

Selain menggunakan bahan bahan diatas, cara membersihkan telinga selanjutnya juga bisa dilakukan dengan manfaat minyak zaitun. Fungsi minyak ini ialah untuk melunakkan lilin dalam telinga.

Dengan minyak zaitun ini, anda bisa menghilangkan lilin pada telinga tanpa membahayakan telinga. Caranya juga sangat mudah hanya dengan menyiapkan minyak zaitun hangat untuk diteteskan secara langsung pada telinga.

Cara menggunakannya:
– Langkah pertama siapkan minyak zaitun secukupnya
– Kemudian hangatkan minyak zaitun sebentar
– Setelah hangat, rendam bola kapas beberapa menit didalam minyak zaitun
– Teteskan beberapa tetes saja pada lubang telinga dengan memiringkan telinga
– Tunggulah selama 3 menit
– Selanjutnya miringkan secara berlawanan untuk mengeluarkan kotoran didalam telinga

Setelah kotoran keluar semua, bersihkan dengan handuk dan air hangat. Minyak zaitun memang sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan. Salah satunya ialah untuk membersihkan telinga dengan aman dan mudah.

Minyak Kelapa

minyak kelapa

Cara membersihkan telinga selanjutnya dengan menggunakan minyak kelapa. Bahan alami ini juga sangat aman untuk telinga dikarenakan didalamnya mengandung asam lemak pada rantai menengah.

Salah satunya ialah sebum (merupakan minyak alami yang diproduksi oleh kelenjar kulit). Selain itu, minyak kelapa juga salah satu agen antimikroba alami yang bisa mengurangi risiko infeksi telinga.

Cara menggunakannya:
– Langkah pertama tuang minyak kelapa pada sendok
– Selanjutnya panaskan sendok tersebut diatas lilin
– Setelah hangat, celup bola kapas
– Kurangi minyaknya dengan diperas, setelah minyak berkurang, pasang kapas yang berukuran kecil pada telinga
– Tunggulah selama 5 menit kemudian bersihkan kotoran yang keluar dari telinga dengan handuk dan air hangat.

Bahan alami minyak kelapa juga bisa membunuh banyak mikroorganisme yang berbahaya. Biasanya mikroorganisme yang berbahaya bisa muncul karena penumpukan kotoran didalam telinga. Untuk menggunakan bahan alami ini, anda juga bisa menggunakan cara seperti pada minyak zaitun diatas.

Baking Soda

baking soda

Anda juga bisa menggunakan baking soda untuk menghilangkan kotoran pada telinga anda. Kotoran ditelinga yang mengeras dan menumpuk bisa dihilangkan dengan bahan alami ini.

Cara menggunakannya:
– Siapkan baking soda ¼ sendok teh
– Campurkan dengan air 2 sendok teh
– Aduklah sampai bahan tersebut tercampur rata
– Selanjutnya masukkan campuran bahan tersebut kedalam pipet
– Teteskan 2 tetes pada telinga dengan cara memiringkan kepala
– Diamkan selama 5 menit
– Kemudian miringkan kepala dngan arah berlawanan dan biarkan kotoran keluar
– Selanjutnya bersihkan dengan air hangat dan handuk.

Dengan cara ini, kotoran pada telinga akan keluar dengan sendirinya dan telinga anda akan bersih. Namun jika telinga masih ada kotoran, anda bisa mengulangi cara ini. Namun jangan terlalu berlebihan.

Asam Lemak Omega-3

omega 3

Adanya penumpukan kotoran pada telinga bisa menjadi salah satu pertanda jika anda mengalami kekurangan asupan asam lemak omega-3. Dengan begitu, anda bisa mengkonsumsi asupan asam lemak ini untuk mengatasi masalah tersebut. Mengkonsumsi asam lemak omega-3 juga bisa menghilangkan racun yang ada didalam tubuh salah satunya yang ada didalam telinga.

Anda juga bisa menyertakan dengan mengkonsumsi makanan yang didalamnya mengandung asam lemak yang tinggi. Sedangkan sumber makanan yang didalamnya ada sumber asam lemaknya ialah sarden, salmon, dan ikan teri. Selain itu, anda juga bisa mengkonsumsi biji rami, maupun kenari. Beberapa sumber makanan tersebut sangat diperkaya dengan asam omega-3 yang sangat bermanfaat untuk menghilangkan kotoran pada telinga.

Baby Oil atau Mineral Oil

Cara membersihkan telinga selanjutnya ialah dengan menggunakan baby oil. Cara ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, sehingga banyak yang menggunakan cara ini untuk membersihkan telinga pada anak bayinya.

Cara menggunakannya:
– Siapkan baby oil secukupnya
– Setelah itu, rendam bola kapas selama beberapa menit
– Setelah itu, teteskan 3 tetes pada telinga dengan memiringkan kepala
– Tunggulah selama 5 menit
– Kemudian miringkan kepala diarah berlawanan untuk mengeluarkan kotoran dari telinga

Selanjutnya, bersihkan dengan handuk dan air hangat kotoran yang keluar tersebut. Baby oil sangat lembut dan tidak menimbulkan efek samping pada kulit terutama pada telinga. Jadi, anda bisa menggunakan bahan alami ini secara aman dan bisa mengulangi metode ini jika kotoran ditelinga masih menumpuk.

Itulah beberapa cara membersihkan telinga yang bisa dilakukan dirumah. Sebelum itu, pastikan dulu jika anda tidak mempunyai trauma telinga atau yang masih belum diobati. Misalnya mengalami gendang telinga sobek, dan gendang telinga berdarah.

Ataupun masalah lain yang disebabkan karena pengalaman membersihkan telinga yang anda lakukan sebelumnya. Akan tetapi jika telinga anda telah mengeluarkan cairan atau nanah, sebaiknya anda pergi ke dokter THT untuk mendapatkan penanganan secara khusus.