10 Cara Membasmi Tikus Paling Aman Dengan Cara Alami

Cara Membasmi Tikus

Waktuku.com – Cara Membasmi Tikus pastinya menjadi salah satu hewan yang mampu mengusik ruang hidup manusia. Hewan yang satu ini terlihat imut sekali bahkan suka hidup di alam bebas. Namun perlu anda tahu bahwasanya tikus suka sekali mengganggu manusia.

Tikus mampu mencemari makanan dengan kotoran yang dimilikinya. Perlu anda ketahui bahwasanya hewan tersebut seringkali membawa penyakit dan juga kutu. Banyak orang merasa alergi dengan urinnya. Kini anda pun harus mengerti bagaimana cara membasmi tikus.

Sudah seharusnya anda membasminya jika rumah anda banyak terdapat tikus. Jangan biarkan penyakit menyerang anda hanya karena bakteri penyakit yang di bawa oleh tikus tersebut. Tikus memang mempunyai gigi yang besar bahkan bisa menyebarkan berbagai macam virus, bakteri bahkan penyakit melalui kotoran, liur dan urinnya. Jangan biarkan penyakit menyebar hanya karena bakteri yang sudah disebarkan oleh tikus.

Berikut 10 Cara Membasmi Tikus Paling Efektif

Apabila anda saat berada dirumah menemukan hewan tersebut, sebaiknya anda segera membasminya. Jika tidak bisa tentunya anda harus mengubungi seseorang yang sudah professional dalam hal pengelolaan hama. Sebetulnya ada berbagai macam cara membasmi tikus yang bisa anda lakukan secara alami.

Mungkin saja banyak diantara anda yang masih belum tahu akan cara membasmi hewan tersebut. Sebetulnya banyak cara yang bisa anda tempuh untuk mengusir tikus yang sudah ada di sekitar rumah anda.

Inilah berbagai macam cara membasmi tikus yang bisa anda lakukan dengan cara alami dan terbilang aman. Tikus pastinya akan merasa penasaran sekali dengan hal baru yang berada di sekitar lingkungan anda. Supaya lebih jelas lagi lakukan berbagai cara membasmi tikus berikut ini:

1. Siapkan perangkap jepret klasik

jebakan-tikus

Banyak orang merasa geram karena melihat tikus banyak yang berkeliaran di sekitar lingkungannya. Hingga akhirnya suatu ketika ia pun mencoba memasang perangkap jepret yang kuno. Perangkap tikus ini terbukti efektif mampu menjebak tikus saat menginjaknya. Apalagi bar dari perangkap tersebut sudah dilengkapi dengan adanya pegas dengan kekuatannya yang begitu tajam. Banyak orang lebih suka menggunakan cara yang satu ini. Namun sebaiknya anda menaruh perangkap jepret ini pada tempat yang aman dan sering dikunjungi tikus. Jangan sampai justru anda yang terkena jebakan perangkap jepret ini.

2. Perangkap lengket

Cara membasmi tikus kini juga bisa ditempuh dengan perangkap lengket yang bisa menjerat tikusnya. Tentunya cara yang satu ini juga bisa anda pilih untuk membasmi tikus yang sudah berkeliaran di sekitar rumah anda. Jika anda menaruh perangkap lengket ini pada area yang sering dilalui oleh tikus. Pastinya akan ada tikus yang terjebak pada perangkap tersebut.

3. Menggunakan Minyak Atsiri

Minyak Atsiri
Image by: dictio.id

Minyak esensial yang satu ini memang luar biasa dan aman untuk mengusir tikus. Minyak tersebut nyatanya tidak beracun. Kini anda pun bisa mencobanya dengan menempatkan minyak atsiri di dekat daerah yang sering didatangi tikus. Kini anda bisa mencari minyak atsiri ini dan menggunakannya untuk membasmi tikus yang sudah berkeliaran.

4. Menggunakan bawang

bawang putih
Image by: healthline.com

Biasanya anda mengenal bawang hanya sebagai bumbu masak saja. Namun kali ini nutrisi yang terkandung dalam bawang terbukti mampu mengusir tikus. Bau dari bawang yang pedas ini bisa menjadi penolak alami untuk tikus. Cara memanfaatkan bawang ini mudah sekali yakni:

– Iris bawang putih kecil-kecil
– Bungkuslah dengan kain kasa
– Letakkan di area yang sering terlalui oleh tikus
– Diamkan saja selama beberapa hari

5. Menggunakan buah Mengkudu

buah mengkudu

Cara membasmi tikus kini juga bisa anda tempuh dengan menggunakan buah mengkudu. Pastinya anda sudah tahu bahwa buah yang satu ini memang banyak manfaat untuk kesehatan. Kali ini mengkudu bisa anda pergunakan untuk mengusir tikus. Caranya mudah seperti dibawah ini:

– Dengan Memotong buah mengkudu menjadi beberapa bagian
– Taruh potongan Buah Mengkudu tadi pada sudut rumah dimana sarang tikus berada

6. Daun Mint

daun mint
Image by: naturalfoodseries.com

Siapa sangka daun mint ini menjadi salah satu bahan yang begitu efekti untuk membasmi tikus. Kini anda bisa mencobanya sendiri di rumah jika rumah anda kedapatan banyak tikus berkeliaran. Jika anda memang berminat, ikuti saja langkah berikut ini:
– Persiapkan daun mint, air secukupnya, blender dan semprotan
– Blender saja daun mint sampai benar-benar hancur
– Campur dengan air secukupnya
– Masukkanlah dalam wadah semprotan
– Semprotkan campuran dari air daun mint ini pada area yang sering di lintasi tikus

7. Daun Sirsak

daun sirsak
Image by: bluechai.com

Ternyata bukan hanya daun mint saja yang bisa dijadikan sebagai cara membasmi tikus secara alami. Namun kini anda juga bisa memanfaatkan daun sirsak yang kaya akan kandungan zat perangsangnya. Aroma yang dikeluarkan oleh daun sirsak ini tidak disukai tikus. Apabila anda ingin mencobanya, caranya mudah sekali yakni:

– Siapkan beberapa lembar daun sirsak
– Sobek daun sirsak menjadi kecil-kecil kemudian blender
– Simpanlah di tempat yang sering di lalui oleh tikus
– Gantilah daun sirsak tadi apabila sudah mengering

8. Bubuk Lada Hitam Atau Merica

lada hitam
Image by: primalherb.com

Bukan hanya bawang saja yang bisa anda pergunakan untuk membasmi tikus. Namun bubuk lada hitam maupun merica ternyata juga bisa anda manfaatkan. Bukan hanya manusia yang akan terganggu jika menghirup bumbu dapur tersebut namun tikus pun juga demikian. Apalagi tikus mempunyai indra penciuman yang begitu sensitif sehingga jika hewan tersebut mencium bumbu dapur ini pastinya akan segera kabur. Bumbu dapur ini memang beraroma kuat dengan rasa yang pedas. Cara menggunakannya mudah sekali hanya dengan menaburkan bubuk merica tadi pada setiap sudut rumah anda. Pastinya tikus pun tak akan berani lagi berkeliaran di sekitar rumah anda.

9. Baking Soda

baking soda
Image by: kompas.com

Siapa sangka cara membasmi tikus secara alami bisa juga anda tempuh dengan menggunakan baking soda. Caranya mudah juga hanya dengan mencampurkan baking soda kedalam makanan yang sering di sukai oleh tikus. Jika tikusnya memakan makanan yang sudah dicampur dengan baking soda ini, secara otomatis tubuh tikus akan menggembung. Tikus pun secara perlahan akan mati meskipun tidak seketika itu juga mati.

10. Kantung Teh

teh
Image by: sociorocketnewsen

Buat anda yang suka mengkonsumsi teh celup, kantung tehnya ini bisa anda manfaatkan untuk membasmi tikus. Biasanya kantung teh ini akan membuat iritasi pada bagian hidung tikus. Jika terkena kantung teh maka indra penciuman tikus tidak mampu berfungsi dengan baik. Apabila anda berkeinginan menggunakan kantung teh ini. Caranya cukup mudah sekali untuk dilakukan yakni:

– Siapkan terlebih dahulu beberapa kantung teh bekas
– Tempatkan kantung teh pada area yang sering di datangi oleh tikus

Itulah tadi berbagai macam cara membasmi tikus yang bisa anda lakukan. Sebetulnya masih banyak sekali cara yang bisa anda lakukan, setidaknya dengan mencoba beberapa cara diatas bisa mengusir tikus yang ada dalam rumah anda. Beragam cara diatas dinilai terbukti efektif mampu mengusir tikus yang sudah berkeliaran didalam rumah anda.

Pastikan rumah anda bisa terhindar dari yang namanya tikus. Sebab bakteri maupun virusnya bisa menyebabkan berbagai macam penyakit yang bisa membuat kesehatan tubuh semakin memburuk.