Biografi Singkat Soekarno

Waktuku.comBiografi Singkat Soekarno, Siapa yang tak mengenal dengan sosok Soekarno, Ia merupakan salah satu bapak pendiri bangsa (Founding Father) Indonesia, sekaligus sebagai Presiden pertamanya. Dalam biografi singkat Soekarno ini, tentunya kita akan melihat kegigihan, ketabahan serta semangat juang Soekarno dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Pemimpin yang karismatik dan juga disegani oleh kawan maupun lawan. Mendapat julukan sebagai Singa Podium karena memang pidatonya yang sangat ber api-api hingga dapat membakar semangat seluruh rakyat Indonesia untuk berjuang dalam meraih kemerdekaan Indonesia.

Di masa hidupnya, beliau dikenal sebagai salah satu pejuang untuk meraih kemerdekaan Indonesia, yang dekat dengan rakyat kecil dan disebut sebagai penyambung lidah rakyat. Soekarno memang meninggal sudah lama, namun seolah-olah sosoknya tetap hidup lewat ajaran ataupun pemikiran yang telah ditinggalkan untuk bangsa tercinta ini.

Melalui biografi inilah, akan mengajak Anda mengenal sosok singkat Ir. Soekarno.
Biografi Ir. Soekarno Secara Singkat

Lahir: Surabaya, 6 Juni 1901
Wafat: Jakarta, pada tanggal 21 Juni 1970
Dimakamkan: Di Kota Blitar, Jawa Timur
Kebangsaan: Indonesia
Anak-anak:

● Putra: Guruh Soekarnoputra, Guntur Soekarnoputra, Bayu Soekarnoputra, Taufan Soekarnoputra, dan Totok Suryawan,

● Putri:
Megawati Soekarnoputri, Kartika Sari Dewi Soekarno, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputir, Ayu Gembirowati, Rukmini Soekarno,
Pasangan/Istri :

● Siti Oetari, Inggit Ginarsih, Fatmawati, Hartini, Kartini Manoppo, Ratna Sari Dewi Soekarno, Haryati, Yurkie Sanger, Heldy Djafar
Pendidikan :

● Sekolah Dasar Bumi Putera
● HBS (Hoogere Burger School)
● Technische Hoogeschool, sekarang adalah ITB

Penghargaan:

● Peghargaan Perdamaian Lenin pada tahun 1960
● Bintang Kehormatan di Filipina tahun 1965
● Doktor Honorus Causa dari 26 Universitas
● The Order Of The Supreme Companions of OR Tambo dari Presiden Afsel di tahun 2005

Orangtua: Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai

Gelar Pahlawan: Pahlawan Nasional

Ir. Soekarno lahir di kota Surabaya pada tanggal 6 Juni 1901. Beliau adalah presiden pertama Indonesia yang dikenal sebagai salah satu tokoh Proklamator bersama DR. Mohammad Hatta.

Soekarno dan Mohamad Hatta merupakan dua sosok yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dengan perjuangan yang sangat gigih. Hal ini lah mengapa Belanda merasa terancam dengan sikap nasionalisme beliau.

Pada tahun 1929 di bulan Desember, Soekarno dan juga tokoh PNI lainnya ditangkap dan juga dipenjara. Namun setelah itu Soekarno dibebaskan ketika Jepang telah mengambil alih dari kekuasaan Belanda. Itulah Biografi Soekarno sang pahlawan Nasioanal