Biografi Indra Sjafri

Waktuku.comBiografi Indra Sjafri, Nama Indra Sjafri memang tidak begitu populer di masyarakat Indonesia. Namun, ketika Indra menjadi pelatih Timnas U-19 dalam pertandingan kejuaraan remaja U-19 AFF 2013, dan ia dan klubnya sukses menjuarai ajang pertandingan AFF itu. Namun, pada partai final yang digelar pada 22 September 2013, tim asuhan Indra Sjafri sukses mengalahkan Vietnam melalui adu finalti.

Karir Indra Sjafri :

Pria kelahiran, Nyiur Sumatera Barat (2 Februari 1963, saat ini berumur 54 tahun) sebelumnya ia mengawali karir sepak bola sebagai pemain. Ia pernah membela PSP Padang pada periode 1986-1991. Dan Indra juga sempat bekerja diantaranya sebagai pegawai kantor pos, instruktur dan pemandu bakat PSSI.

Pada tahun 1997, ia mendapat lisensi C AFC, lalu kemudian ia masuk ke level B pada tahun 1998, dan masuk ke level A pada tahun 1999. Setahun kemudian Indra turut serta dalam kursus penyegaran pelatih yang merupakan bagian dari program FIFA Futuro. Ia pun juga mengambil lisensi A AFC Intrukstur Akar FIFA pada tahun yang sama.

Dan kemudian Indra semakin dikenal ketika membesut Timnas U-16 di babak penyisihan Piala Asia U-16 Thailand. Namun ia gagal mengantarkan tim merah putih ke podium juara. Dan barulah pada tahun 2012 Indra dipercaya melatih Timnas U-17. Tampil di turnamen HKFA International Youth Football Invitation Tournament 2012, Timnas junior berhasil merebut gelar juara.

Sayangnya setelah prestasi tesebut Indra menjadi korban kisruh internal PSSI. Ia sempat dipecat bersama para pelatih Timnas dalam berbagai usia. Meski begitu, Indra tetap pada cita-citanya untuk membina pemain di usia muda.

Indra Sjafri memang sangat peduli pada pembinaan pemain di usia muda. Dia menganggap melorotnya prestasi Timnas adalah dampak dari kurangnya pembinaan di usia dini. Sejak 2011, tak kurang dari 43 daerah sudah dikunjungi Indra untuk mencari bibit-bibit terbaik. Dan hasilnya terbukti nyata. Nama-nama seperti Evan Dimas, Paulo Oktavianus Sitanggang adalah buah dari blusukan Indra ke seluruh penjuru dunia.

Itulah biografi dari Indra Sjafri yang sukses mencari bibit-bibit pesepak bola usia muda di Indonesia.