Biografi Gatot Nurmantyo, Ketua Umum PB FORKI

Gatot Nurmantyo

Waktuku.comBiografi Gatot Nurmantyo, Panglima TNI, Gatot adalah seorang panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-16, ia mulai menjabat sejak 8 Juli 2015. Sebelum menjabat sebagai Panglima TNI, ia adalah seorang kepala Staff TNI Angkatan Darat ke-30 yang mulai menjabat sejak tanggal 25 Juli 2014 setelah ditunjuk oleh Presiden SBY untuk menggantikan Jenderal TNI Budiman.

Pria kelahiran Tegal, Jawa Tengah (13 Maret 1960) ini sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Pangkostrad menggantikan Letjen TNI Muhammad Munir. Pada 2015 Jenderal TNI, Gatot diajukan oleh Presiden Joko Widodo sebagai calon Panglima TNI menggantikan Jenderal Moeldoko yang tengah masuk waktu purna baktinya.

Jenderal Gatot Nurmantyo, merupakan lulusan Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) Darat tahun 1982. Sebelum menjabat KSAD, Letjen Gatot Nurmantyo merupakan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad). Usianya kini, sudah 57 tahun dan ia telah mencicipi berbagai posisi penting semasa karir militernya, berbagai jabatan penting pernah diembannya.

Berikut Jabatan Militer Gatot Nurmantyo:

– Didahului oleh Moeldoko, Panglima Tentara Nasional Indonesia 2015 – Sekarang, Petahana.
– Didahului oleh Budiman, Kepala Staff TNI Angkatan Darat, 2014 – 2015 kemudian diteruskan oleh Mulyono.
– Didahului oleh Muhammad Munir, Pangkostrad 2013 – 2014, diteruskan oleh Mulyono.
– Didahului oleh Marciano Norman, Dankodiklat TNI Angkatan Darat 2011 – 2013, diteruskan oleh Lodewijk F. Paulus.
– Didahului oleh Suwarno, Pangdam V/Brawijaya 2010 – 2011 diteruskan oleh Murdjito.

Sedangkan jabatan Olahraga yang pernah diemban oleh Gatot Nurmantyo adalah Ketua Umum PB FORKI 2014 – Sekarang, yang sebelumnya didahului oleh Hendardji Soepandji.