Biografi Anies Baswedan,

Waktuku.comBiografi Anies Baswedan, Nama Anies tentu sudah tidak asing lagi di telinga Masyarakat Indonesia karena sudah terkenal sebagai praktisi pendidikan dan juga mantan dari Menteri Pendidikan pada era Presiden Jokowi. Anies lahir di daerah Kuningan Jawa Barat pada tanggal 7 Mei 1969 dengan nama lengkap Anies Rasyid Baswedan.

Anies adalah anak sulung dari pasangan Rasyid Baswedan yang bekerja sebagai dosen di fakultas ekonomi Universitas Islam Indonesia dan juga dari ibu yang bernama Aliyah Rasyid yang bekerja sebagai guru besar dan juga sebagai Dosen fakultas ilmu sosial dan juga ilmu politik di Universitas Negeri Yogyakarta. Kakek Anies Baswedan yaitu Abdurrachman Baswedan yang merupakan seorang pejuang pergerakan nasional dan juga pernah menjabat sebagai menteri penerbangan ketika awal kemerdekaan Indonesia.

Ketika kecil Anies akran dengan organisasi dan juga kepemimpinan. Ketika usia Anies baru berusia 12 tahun, Anies sudah membentuk kelompok anak-anak muda yaitu rentangnya 7 sampai 15 tahun yang diberi nama kelabang yang artinya klub anak berkembang.

Mereka selalu mengadakan berbagai macam kegiatan olahraga dan juga kesenian. Anies sendiri memulai pendidikan formalnya ketika sudah memasuki umur 5 tahun. Dia pernah bersekolah di TK Mesjid Syuhada yang berada di kota baru Yogyakarta. Kemudian melanjutkannya ke Sekolah Dasar Laboratori Yogyakarta, setelah lulus kemudian melanjutkannya di SMP Negeri 5 Yogyakarta dan SMAN 2 Yogyakarta.

Pada era Presidedn Jokowi pada tahun 2014, Anies ditunjuk sebagai menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Ketika Anies menjabat sebagai menteri pendidikan, ia berhasil merombak organisasi pendidikan tersebut seperti Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dipisahkan dan digabungkan dengan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Anies juga telah melakukan sebuah pembenahan terhadap seleksi yang terbuka kemendikbud kemudia dia melakukan distribus KIP atau Kartu Indonesia Pintar yang membuat program sekolah menjadi aman dan juga menghimbau kepada seluruh orangtua siswa untuk mengantarkan anak sekolahnya ketika tahun ajaran yang baru.

Anies menerapkan sistem kurikulum yang baru dan juga telah menyebarkan guru yang mempunyai kualitas yang sangat baik merata di semua wilayah dan juga telah melakukan reformasi ujian nasinonal.

Sudah banyak prestasi yang dibuat oleh Anies ketika dia menjabat sebagai Menteri Pendidikan. Anies sendiri menjabat sebagai menteri Pendidikan dari mulai tahun 2014 sampai tahun 2016. Kini Anies menyalonkan diri bersama Sandiaga Uno untuk bertarung di Pilkada DKI Jakarta Putaran kedua. Itulah biografi Anies Baswedan yang sangat singkat yang harus kita ketahui.