Biografi Achmad Zaky

Waktuku.comBiografi Achmad Zaky, Pernah belanja di bukalapak.com? kamu tahu siapa pendiri Bukalapak? Tiada lain adalah Ahcmad Zaky yang merupakan pria kelahiran Sragen, 24 Agustus 1986, ia merupakan CEO Bukalapak.com.

Biografi Achmad Zaky merupakan pria asli Indonesia, seorang pengusaha online yang merupakan pendiri E-Commerce Bukalapak. E-Commerce ini memberdayakan UMKM (Usaha Kecil Menengah) berbasis Marketpalce C2C. Untuk lebih jelasnya lagi, kali ini kita akan membahas biografi Achmad Zaky.

Biografi Achmad Zaky pendiri Bukalapak.com

Biografi Achmad Zaky

Seorang Ahmad Zaky memang sudah menyukai ilmu komputer sejak ia kecil, tidak heran jika pamannya membelikan buku-buku yang berhubungan dengan komputer, pemrograman, dan seiring pertumbuhannya ia hanya belajar dari buku-buku tersebut. Pada saat SMA, ia juga pernah mewakili sekolahnya dalam ajang OSN (Olimpiade Sains Nasional) di bidang komputer dan menang di tingkat nasional.

Melanjutkan kuliah di ITB jurusan Teknik Informatika, tidak menutup kemungkinan Zaky mendapatkan IPK 4,00 di semester pertama. Selain di bidang akademis, Zaky pun aktif dalam organisasi dan menjadi penggagas organisasi kemahasiswaan yaitu ShARE Global Student Think-Thank di ITB. Aktif di Amateur Radio Club (ARC) ITB, mendirikan Entrepreneur idi ITB dan kemudian dikenal dengan TEC ITB (Technoentrepreneur Club).

Zaky juga pernah menjuarai kompetisi tingkat nasional, seperti Indosat Wireless Innovation Contest tahun 2007 dan menyabet juara II, ia juga membuat perangkat lunak yang bernama MobiSurveyor, prangkat tersebut digunakan untuk perhitungan cepat dalam survey.

Di tahun 2008, Zaky mendapat Merit Award dalam kompetisi Indonesia ICT Award (INAICTA), tidak sampai disitu, Zaky juga mendpatkan beasiswa dari pemerintah Amerika selama 2 bulan di tahun 2008 ke Oregon State University. Dan mendapat kesempatan mewakili ITB dalam ajang Harvard National Model Unitd Nations di tahun 2009.

Pada awal karirnya, Zaki pernah mengerjakan software quickcount pemilu di sebuah stasiun televisi nasional, pernh menjadi konsultan teknologi, dan pernah membuka usaha mie ayam dan pada waktu itu bangkrut. Zaky menghabiskan uangnya dari hasil perlombaan, meskipun banyak kegegalan dalam usahanya, tapi ini menjadikannya sebagai sekolah dengan biaya yang cukup mahal dan ia yakin pasti ada pelajaran paling berharga.

Dengan bermodalkan pengalaman dengan membangun sistem IT perusahaan besar, akhirnya Zaky berpikir untuk membuat sesuatu yang lebih bermanfaat untuk orang banyak, dan lahirlah Bukalapak.com di tahun 2010.

Ia berpikir memajukan UMKM dan mengubah hidupnya lewat internet. Zaky pun mengajak para pedagang di Mall untuk bergabung dengan Bukalapak, tapi responnya tidak sesuai harapan, akhirnya Zaky memfokuskan para pelaku UMKM yang belum berkembang, ada sekitar 10.000 pedagang yang sudah bergabung di Bukalapak pada tahun 2011.

Pertumbuhannya yang semakin pesat dan menarik banyak investor, salah satunya Batavia Incubator, 500 Starups, Elang Mahkota Teknologi Tbk. Zaky pun mendapat tanda penghormatan Satyalencana Wira Karya, 21 Julli 2016 dari Presiden RI Jokowidodo di Jambi atas jasa darma bakti seseorang kepada bangsa dan negara dan bisa dijadikan teladan bagi orang lain.

Itulah biografi singkat Ahmad Zaky yang bisa kita jadikan inspirasi sukses, baha kesuksesan itu banyak melewati ombak dan badai sampai bertemunya teluk pantai yang indah.