Belum Ada Pengganti Xavi di Barca

Waktuku.comBelum Ada Pengganti Xavi di Barca, Setelah memutuskan untuk pensiun pada tahun 2015 silam, Barcelona harus kehilangan sosok penguasa lini tengah yang mampu membagikan bola dan mengatur ritme permainan. Xavi Hernandes adalah sosok playmaker terbaik yang dimiliki Barcelona selama ini.

Semenjak bergabung pada tahun 1998 sampai 2015, tentunya sebuah pengabdian yang sangat baik bagi sebuah klub besar seperti Barcelona. Bahkan permainan Xavi menjadi sebuah ikon bagi Barca, dimana teriptanya permainan tiki taka ala Barca ada di otaknya.

Setiap lawan yang bermain dengan Barcelona pasti kesulitan untuk menguasai lini tengah, bersama Andrea Iniesta, Xavi memberikan umpan-umpan matang kepada rekan-rekannya di lini depan seperti Messi, Suarez, ataupun Neymar dan beberapa striker yang pernah bermain dengannya.

Para striker tersebut sangat dimanjakan dengan umpan yang cantik, penguasaan bola dan irama permainan pun sangat dia kuasai. Di dalam berita liga Spanyol, Xavi Hernandes menjadi sosok yang selalu dikagumi banyak penikmat sepabola, sehingga tak heran jika berita tentangnya selalu ditunggu-tunggu.

Setelah kepergian Xavi Hernandes pada 2015 silam yang memutuskan untuk pensiun, Barcelona sangat merasa kehilangan dan kesulitan mencari penggantinya. Walaupun ada beberapa nama yang masuk skuad Barca dalam menggantikan posisi Xavi seperti Ivan Rakitic, Andre Gomes, ataupun Denis Suarez, namun penggantinay tersebut belum bisa bermain sehebat Xavi di Barcelona.

Sampai saat ini pun Barca belum menemukan sosok pemain yang bisa menggantikan posisi penting yang ditinggalkan oleh Xavi tersebut, bahkan beberapa pengamat sepakbola turut mengomentarinya termasuk mantan pelatih Pelatih Juventus dan Real Madrid, Fabio Capello.

Menurut Capello, Barcelona di era sekarang kalah jauh dari rival mereka yaitu real Madrid dalam mendatangkan pemain yang cocok dengan gaya permainan tim. Dan Barcelona belum memiliki pengganti Xavi yang memiliki peran yang sangat penting dalam skuad Barca.

Komentar dari Fabio Capello ini menjadi trending di dalam berita liga Spanyol yang saat ini tengah ramai pemburuan gelar juara Liga Spanyol. Posisi yang ditinggalkan Xavi merupakan jantung dari Barcelona, sehingga tak heran jika saat ini permainan Barca tidak seperti beberapa tahun silam ketika banyak kemenangan diraih Barca setiap tahunnya.

Sementara Rival abadi mereka yaitu Real Madrid, kini tengan berada di posisi puncak dengan raihan 65 point dari 27 pertandingan. Sedangkan Barcelona berada di bawahnya dan unggul 1 kali tanding dengan point 63. Namun selisih point seperti itu tentunya masih banyak kesempatan untuk Barca kembali ke posisi yang dihuni El Real.

Dewabet