Batas Waktu Sholat Dhuha yang Baik dan Benar

Sholat Dhuha

Waktuku.com – Bukanlah rahasia umum lagi jika Batas Waktu Sholat Dhuha merupakan waktu yang mustajabah atau mudah untuk di kabulkan untuk berdo’a memohon rizqi. Waktu ini di mulai dari terbitnya matahari hingga sampai sebelum Adzsn dzuhur. Bagi orang-orang yang memahaminya akan memanfaatkan waktu ini dengan sebaik baiknya untuk khusuk berdoa kepada Allah SWT.

Berbicara tentang keutamaan waktu dhuha maka akan di ulas pada pembahan yang selanjutnya ini. Akan di rinci secara mendetail tentang keutamaan waktu dhuha dan kenapa kok menjadi waktu yang mustajabah untuk berdoa.

Beberapa Alasan Tentang Keutamaan Waktu Sholat Dhuha

Keutamaan Waktu Sholat Dhuha

Berbicara tentang alasan keutamaan waktu sholat dhuha itu sangatlah banyak sekali. Namun beberapa keutamaan tersebut akan di paparkan di bawah ini. Mulai dari keutamaan waktunya sendiri maupun keutamaan kenapa kok di sunnahkan untuk sholat dhuha.

Di sunnahkan Sholat dhuha yang nilainya sangat penting

Yang pertama di waktu dhuha tersebut memiliki keutamaan ketika berdoa akan mudah di kabulkan terutama tentang rizqi. Hal ini sudah banyak di tegaskan oleh Allah dalam Al-Qur’an. Salah satunya tentang waktu Dhuha dalam surat Ad dhuha. Dalam ayat tersebut waktu di posisikan sebagai sumpah. Sedangkan sesuatu yang di gunakan Alloh sebagai sumpah itu menunjukkan sesuatu yang mulia atau agung.

Merupakan salah satu wasiat Dari Rasulullah

Penyampaian wasiat ini merupakan kutipan dari perkataan Imam Thabari bahwa sholad dhuha merupakan wasiat langsung dari Rasulullah. Maka, Rasul menganjurkan untuk merutinkan sholat dhuha. Karena fadilahnya sangatlah luar biasa sekali.

Dimudahkan menyaur hutangnya

Diantara fadilahnya adalah di mudahkan untuk menyaur hutangnya. Karena orang yang memanfaatkan waktu dhuha untu berdoa dan sholat dhuha secara rutin. Insyaallah Allah akan selalu membantunya dalam masalah urusan risqi. Selain itu juga Allah menjanjikan bangunan rumah di surga yang sangat megah sekali. Jadi jangan lupa bagi kalian semua untu rutin sholat dhuhanya.

Pahalanya seperti orang umroh

Hal tentang Waktu Sholat Dhuha juga di terangkan dalam hadits Nabi di kitab shahihnya. Ternyata beliau mengungkapkan bahwa pahala orang yang mau rutin sholat dhuha itu memiliki pahala seperti orang umroh. Hal tersebut dapat kita lihat bahwa memang perjuangan untuk sholat dhuha ini cukup sulit.

Di waktu yang seharusnya untuk jam kerja harus kita sisihkan untuk sholat.Hal tersebutlah yang menjadikan berat sehingga pahala dari sholat dhuha tersebut menjadi sangat besar. Meskipun demikian bukan berarti kita mengharapkan pahala itu. Namun niat kita tetapkan untuk teguh terus hanya mencari ridho Allah SWT saja.

Pengampunan Dosa

Tentang pengampunan dosa ini juga di jelaskan dalam hadits Nabi. Bahwasannya merutinkan sholat dhuha di Waktu Sholat Dhuha. Hal tersebut akan menghapun seluruh dosa dosa ahli ibadah walaupun itu sebanyak buih di lautan. Namun dosa yang di maksudkan adalah dosa – dosa kecil. Untuk dosa dosa besar itu harus bertaubat dulu sesuai dengan Anjuran Agama.

Setelah kita mengetahui tentang paparan alasan mengapa waktu dhuha itu sangat di utamakan. Maka pada bahasan selanjutnya akan membahas sesuatu tentang keutamaan waktunya pelaksanaan sholat dhuhanya. Hal ini di karenakan untuk Anda lebih pas dalam melaksanakan sholat dhuhanya. Untuk lebih jelasnya akan di paparkan sebagai berikut.

Waktu Sholat Dhuha Yang Paling di Utamakan Untuk Sholat Dhuha

Keutamaan Waktu Sholat Dhuha

Yang dinamakan dengan waktu sholat dhuha memang lumayan panjang. Mulai dari pagi hingga sebelum dzuhur. Namun dari panjangnya waktu tersebut, ada waktu waktu tertentu yang lebih utama untuk Anda melaksanakan sholat dhuha. Yang mana dengan waktu tersebut Anda akan lebih leluasa bercengkrama dengan Allah SWT. Untuk kejelasan waktunya kapan, akan di paparkan sebagaimana keterangan berikut.

• Di pertengahan antara pagi dan siang

Ini adalah waktu yang baik untuk Anda berdoa setelah melaksanakan sholat dhuha. Banyak ulama’ yang sepakat akan hal ini. Jika Anda memakai jam Indonesia bagian barat maka waktunya sekitar pukul 9 hingga 10 pagi. Alasannya adalah di waktu ini masih banyak orang-orang yang sibuk dengan pekerjaannya. Sedangkan Anda memanfaatkannya untuk berdoa. Maka peluang Anda untuk memberikan laporan kepada sang kholiq ini lebih leluasa.

Di akhir waktu pagi sebelum masuk waktu dhuhur

Waktu Sholat Dhuha yang merupakan waktu yang mustajabah untuk berdoa adalah di waktu ini. Banyak ulama’ ahli ilmu yang sepakat akan hal tersebut. Secara logika juga waktu itu banyak orang yang mulai payah atau lelah. Sehingga butuh untuk istirahat dari pekerjaannya. Atau malah fokus dalam mengejar target kerjaan. Sehingga peluang Anda untuk menyampaikan laporan doa itu juga lebih banyak.

Waktu Paling awal dari waktu sholat Dhuha

Waktu ini juga di Anggap utama. Karena mengutamakan waktu sholat itu lebih bagus. Selain itu seperti biasanya kebiasaan orang indonesia yang sering molor tentang waktu. Sehingga pas jika Anda melaksanakan waktu sholat dhuha di awal waktu tersebut. Akan lebih mudah untuk Anda bersyahdu dengan sang Maha Pencipta.

Namun perlu diingat meskipun demikian waktu paling pagi malah menempati urutan ke tiga. Karena yang paling utama adalah kedua waktu yang telah di bahas sebelumnya tersebut.

Pembahasan tentang keutamaan sholat dhuha dan waktunya memang masih banyak sekali. Pembahasan yang ada di dalam artikel ini hanyalah sebagian kecilnya saja. sehingga Anda perlu untuk menggali pengetahuan lebih luas lagi dengan referensi yang lainnya. namun selain itu yang terlebih penting lagi adalah prakteknya dalam melaksanakan ibadah sholat dhuhanya.

Percuma jika Anda mengatahui informasi keilmuan ini, namun tidak menjalankannya sesuai dengan tuntunannya. Ilmu Anda akan sia-sia, sebagaimana pun juga dengan amal yang Anda amalkan jika tidak berilmu juga akan sia-sia. Jadi keduanya harus berjalan seiringan. Maka dari itu marilah kita tingkatkan ibadah kita kepada Tuhan sembari juga menuntut ilmu Agama.

Insyaalloh dengan demikian kita akan di berikan umur yang berkah dan akhirnya akan mendapat khusnul khotimah semoga. Mungkin hanya demikian uraian tentang Waktu Sholat Dhuha yang bisa kami paparkan. Semoga bisa bermanfaat dan bisa membimbing Anda menjadi lebih baim dari pada sebelumnya dalam bidang ibadah sholat dhuha. Sekian dan terimakasih atas kunjungannya.