Bahaya merokok bagi kesehatan
Bahaya merokok bagi kesehatan

Waktuku.com Bahaya merokok bagi kesehatan, Sering kita jumpai di tempat-tempat umum seperti pasar, terminal, pinggir jalan dan lainnya banyak orang yang merokok. Dan banyak juga peringatan di tempat-tempat tertentu, seperti di rumah sakit yang memberi peringatan “dilarang merokok”.

Namun, tahukah Anda mengapa diberi peringatan seperti itu? Karena rokok sangat berbahaya bagi kesehatan semua orang. Zat yang terkandung dalam rokok, seperti nikotin. Ketika nikotin masuk ke dalam tubuh, zat itu  bisa mengurangi kadar oksigen yang akan masuk ke darah.

Zat yang bersifat candu ini juga bisa mempercepat detak jantung, menaikkan tekanan darah, merusak pembuluh darah jantung. Untuk itu, ketahuilah beberapa resiko akibat bahaya merokok bagi kesehatan, selain terkena penyakit jantung.

1. Otak

Merokok bisa meningkatkan resiko terkena stroke sebesar 50%. Hal itu dapat membuat kerusakan pada otak bahkan kematian. Merokok juga dapat meningkatkan resiko mengalami Aneurisma otak. Aneurisma otak adalah pembengkakan pembuluh darah yang terjadi akibat melemahnya dinding pembuluh darah. Yang sewaktu-waktu bisa pecah dan mengakibatkan pendarahan di otak.

2. Mulut dan Tenggorokan

Seseorang yang merokok akan diketahui dari bau mulutnya. Karena, bau mulut dan gigi bernoda merupakan efek yang akan timbul akibat merokok. Selain itu, penyakit gusi dan kerusakan pada indera perasa juga dapat timbul. Masalah serius yang akan hinggap di mulut dan tenggorokan adalah resiko kanker pada lidah, tenggorokan, bibir, dan pita suara.

3. Paru-Paru

Bahan-bahan kimia pada rokok berpotensi merusak sel-sel pada paru-paru yang bisa membentuk sel kanker. Salah satu efek paling berbahaya akibat merokok adalah kanker paru-paru, selain itu penyakit serius lainnya pada orang yang merokok adalah bronkitis, pneumonia, dan emfisema.

4. Lambung

Merokok bisa melemahkan otot yang mengontrol bagian bawah kerongkongan Anda. Hal tersebut memungkinkan asam dari lambung bergerak ke arah yang salah yaitu ke kerongkongan. Kondisi ini disebut sebagai asam lambung. Beberapa resiko penyakit bagi perokok adalah ulkus atau tukak dan kanker lambung.

5. Tulang

Racun pada rokok bisa merusak tulang dengan cara menghentikan kerja sel-sel kontruksi. Oleh sebab itu, perokok akan lebih berisiko mengalami tulang rapuh atau yang biasa disebut dengan osteoporosis. Racun pada rokok juga bisa mengganggu keseimbangan hormon-hormon yang bertugas menjaga tulang tetap kuat seperti hormon estrogen.

6. Kulit

Seorang perokok akan terlihat lebih tua ketimbang yang bukan perokok. Karena, kurangnya asupan oksigen ke kulit. Perokok akan merasakan penuaan dini, seperti kemunculan kerutan di sekitar mata dan mulut, dan racun rokok juga bisa menyebabkan selulit pada kulit.

7. Organ Reproduksi

Bahaya merokok bagi kesehatan juga bisa menyebabkan resiko terkena penyakit pada organ reproduksi. Merokok bisa mengganggu sistem kesuburan pada orang perokok. Pada Pria bisa menyebabkan impotensi, mengurangi produksi sperma, dan kanker testis. Sedangkan pada wanita, merokok dapat mengurangi kesuburan, dan resiko terkena kanker serviks lebih tinggi.

Salah satu konsekuensi utama yang bisa di dapatkan oleh perokok adalah menderita penyakit jantung. Di perkirakan, sebanyak 20% kematian akibat penyakit jantung terkait langsung dengan kebiasaan merokok. Selain penyakit pada fisik, seorang perokok juga akan mengalami tingkat stress yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.

Perlu diingat, merokok sama saja dengan menabung racun sedikit demi sedikit ke dalam tubuh dan akhirnya menumpuk jika dilakukan terus menerus. Dengan begitu, resiko penyakit pun akan lebih tinggi pada masa tua.

Merokok tidak hanya membahayakan diri seorang perokok, bahkan orang yang berada di sekitar perokok akan terkena hirup juga asap rokok yang beracun tersebut.