apa itu diaspora

Waktuku.comDiaspora Indonesia? Ini Penjelasannya, Diaspora di Indonesia, Apa itu Diaspora? Hari ini di berbagai media terutama di televisi dan Internet sedang banyak yang membicarakan tentang Diaspora dan apa itu Diaspora. Karena, pada hari ini Sabtu, (1/7/2017) lagi ada Kongres Diaspora Indonesia yang ke-4. Acara kongres ini diselenggarakan di Mal Kota Kasablanka pada hari ini.

Awalnya istilah Diaspora (dengan huruf besar) digunakan oleh orang-orang Yunani untuk merujuk kepada warga suatu kota kerajaan yang bermigrasi ke wilayah jajahan dengan maksud kolonisasi untuk mengasimilasi wilayah itu ke dalam kerajaan.

Dalam konteks pergerakan Indonesia, Diaspora Indonesia ini merujuk pada penduduk yang menetap di negara lain, dikarenakan berbagai faktor seperti; perang atau mencari penghidupan yang lebih baik.

Dalam perkembangan globalisasi, Diaspora menjadi kekuatan ekonomi baru bagi sebuah bangsa. Jika kalau dulu mereka disebut sebagai perantau, maka istilah tersebut mulai bergeser dengan istilah Diaspora.

Bagi penggagas Indonesian Diaspora Network atau yang disingkat (IDN) Dr. Dino Pati Djalal. Istilah Diaspora Indonesia sendiri memiliki arti warga negara Indonesia yang tinggal di luar negeri dan terbagi dalam empat kelompok.

4 Kelompok Diaspora Indonesia

– Kelompok pertama, adalah WNI yang tinggal di luar negeri yakni masih memegang paspor Indonesia secara sah.

– Kelompok kedua, adalah warga negara Indonesia yang telah menjadi warga negara asing karena proses naturalisasi dan tidak lagi memiliki paspor Indonesia.

– Kelompok ketiga, adalah warga negara asing yang memiliki orang tua atau leluhur yang berasal dari Indonesia.

– Kelompok keempat, adalah warga negara asing yang tidak memiliki pertalian leluhur dengan Indonesia sama sekali, Namun mempunyai kecintaan yang luar biasa terhadap Indonesia.

Mantan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Paul Wolfowitz yang fasih berbahasa Indonesia disebut Dr. Jino Djalal sebagai salah satu contoh kelompok yang keempat. Jika kelompok yang keempat ini digabungkan jumlah Diaspora di Indonesia diperkirakan mencapai delapan juta orang.

Jadi, siapa saja orang Indonesia yang bermukim di luar Indonesia mereka itu disebut juga dengan Diaspora Indonesia.

Dewabet