Android O Akan Hadir Lebih Awal

Android O

Waktuku.comAndroid O akan segera memiliki kode versi 8.0. Besar kemungkinan akan tersedia sedikit lebih cepat ketimbang ketersediaan versi Nougat pada tahun lalu.

Sebuah tweet yang berasal dari Android Police seperti dilansir dari UberGizmo meyakini, pasalnya Android O akan mulai didistribusikan di paruh awal Agustus. Ponsel flagship Google Pixel dipastikan akan jadi yang pertama kali mencicipi Android O.

“(Pembaruan lewat) OTA (over the air) resmi diperkirakan akan tiba untuk Pixel di awal pekan pertama atau kedua Agustus. Sedikit lebih awal dari perangkat Nexus/Nougat tahun lalu,” cuitan David Ruddock dari Android Police.

Artinya, dalam kurun satu tahun, Android baru akan muncul setelah Nougat yang dirilis sejak 22 Agustus 2016. Padahal dari catatan yang ada, distribusi Nougat masih 9.5% dari semua ponsel cerdas yang ada.

OS Lollipop dan Marshmallow masih mendominasi dengan distribusi 30.8% dan 31.2%. Bahkan Nougat kalah dari KitKat yang masih dipakai di 18.1% perangkat Android.

Akan tetapi, seiring produksi ponsel cerdas baru, penggunaan OS Nougat diyakini akan terus bertambah. Sementara jumlah perangkat dengan generasi Android lama perlahan mulai menurun.

Perlu diketahui, pengembang berkesempatan menikmati sistem operasi terbaru. Dalam hal ini, Google sudah menggulirkan edisi terbatas Google O kepada pengembang. Edisi ketiga dari uji coba OS itu akhirnya menampilkan Android O sebagai Android 8.0.

Nama Android O itu Sendiri

Meskipun begitu, sampai detik ini belum ada konfirmasi dari Google mengenai nama lengkap Android O.

Tebakan nama paling kuat hingga sekarang adalah Oreo, sebagaimana nama Oreo punya kaitan erat sebagai makanan pencuci mulut.

Google memiliki sebuah tradisi dengan menamai tiap generasi dari Android sesuai urutan abjad. Lalu mereka menamai abjad tersebut dengan nama makanan penutup. Tercatat, nama sistem operasi generasi sebelumnya adalah Nougat(Android 7.0), Marshmallow (6.0), Lollipop (5.0).