12 Jenis Alat Musik Tradisional Sekaligus Cara Memainkannya

Alat Musik Tradisional

Waktuku.com – Sekarang ini Alat Musik Tradisional memang sudah jarang sekali kita temukan ditengah Masyarakat. Hal ini tentu saja karena zaman semakin berkembang sehingga masyarakat kenalnya hanya dengan alat music yang modern. Padahal dulunya alat musik tradisional ini sudah banyak dikenal masyarakat.

Alat musik tersebut seringkali dipergunakan untuk mengiringi sebuah lagu daerah bahkan ada kalanya di pergunakan untuk mengiringi sebuah tarian. Hal ini memang terkait dengan kebudayaan yang ada dalam suatu daerah.

Seni musik tradisional yang berada dalam suatu daerah memang berbeda-beda sesuai dengan tradisi maupun gaya yang ada di sana. Dengan begitu anda pun tidak akan merasa kesulitan lagi untuk mengenali musik tradisional tersebut. Musik tradisional merupakan salah satu musik dimana akarnya memang berasal dari tradisi yang ada dalam masyarakat. Bisa dikatakan musik tradisional ini memang sebuah warisan yang di berikan secara turun menurun.

Alat Musik Tradisional Beserta Gambar dan Cara Memainkannya

Indonesia memang mempunyai banyak alat musik tradisional. Setiap provinsi yang berada di Indonesia memiliki alat musik tradisional bahkan kesenian yang berbeda. Jika kita menghitungnya mungkin jumlahnya ada ratusan. Hanya saja ada beberapa alat musik yang begitu populer di tengah masyarakat.

Penting sekali bagi kita untuk melestarikan alat musik zaman dahulu ini. Hal ini bisa menjadi cara bagi kita untuk melestarikan kebudayaan yang ada dalam suatu bangsa dimana sudah di wariskan oleh nenek moyang kita pada zaman dahulu.

Mungkin banyak diantara anda yang merasa penasaran dengan alat musik tradisional yang sudah populer di masyarakat. Inilah beragam alat musik zaman dulu yang perlu anda ketahui, yakni:

1. Alat musik Angklung

angklung
Image by: encyclocraftsapr.com

Jenis alat musik yang satu ini bisa dikatakan sederhana sekali namun sudah populer di kalangan masyarakat. Terlebih lagi sempat juga diadakan sebuah konser yang menggunakan alat musik angklung ini. Alat musik yang satu ini asalnya ternyata dari Jawa Barat. Bahan yang dipergunakan untuk alat musik ini adalah bambu dengan ukuran tertentu. Supaya bisa memainkannya maka anda hanya perlu menggoyangkannya. Dengan cara digoyangkan seiring irama maka akan keluar suara yang berasal dari bambu yang sudah berbenturan antara satu dengan lainnya.

2. Alat musik Ladolado

alat musik tradisional Ladolado

Alat music yang satu ini memang berasal dari daerah Sulawesi Tenggara. Jenis bunyi dari alat music ini tentu saja bunyi ideopon. Supaya anda bisa mendapatkan bunyinya, cukup dengan memukulnya dengan memanfaatkan alat pemukul yang terbilang khusus. Bentuk dari alat music yang satu ini mirip sekali dengan alat music gesek. Biasanya sering sekali dipergunakan ketika mengiringi sebuah upacara adat saat ada pementasan kesenian daerah.

3. Alat Musik Slenthem

Slenthem
Image by: dictio.id

Jenis alat music yang satu ini cara memainkannya dengan cara di pukul. Bahan pembuatannya berasal dari kuningan dan seng yang bercampur sehingga muncul warna keemasan. Alat music tradisional yang satu ini terdiri dari beberapa bilah kayu dengan ukuran tertentu. Sehingga dari masing-masing ukuran ini nada yang dihasilkan memang tidak sama.

4. Alat musik Kecapi

kecapi

Kecapi menjadi salah satu alat music yang sudah dikenal banyak masyarakat. Jenis alat music ini berasal dari Sunda dengan suaranya yang begitu khas. Cara memainkannya cukup mudah sekali hanya dengan dipetik. Anda hanya perlu memetik bagian senar dari kecapi.

5. Alat musik Gong Jawa

Alat musik Gong Jawa

Tentunya bagi anda yang begitu kental dengan budaya Jawa sudah tidak asing lagi dengan alat music yang satu ini. Sebab Gong Jawa ini sering kali dioergunakan untuk mengiringi sebuah pagelaran music. Gong ini tentu saja menjadi salah satu instrument yang berada dalam alat music gamelan. Bentuk dari alat music ini memang bulat besar bahkan ada sebuah tonjolan pada bagian tengahnya. Gong Jawa nyatanya berasal dari daerah Jawa Tengah.

6. Alat musik Bende

Alat musik Bende

Alat music tradisional yang satu ini berasal dari daerah Lampung. Bentuknya memang mirip sekali dengan alat music aramba. Hanya saja perbedaannya terletak pada warna maupun ukurannya. Bende memang masuk dalam kategori alat musik pukul. Pada bagian pusat Bende ternyata ada sebuah tonjolan bulat yang biasanya dipergunakan sebagai tempat untuk dipukul.

7. Alat Musik Serunai

Alat Musik Serunai

Alat music tradisional yang satu ini berasal dari Nusa Tenggara Barat. Cara memainkannya cukup mudah sekali hanya dengan meniupnya. Memang benar adanya jika alat music ini hampir mirip dengan seruling. Hanya saja perbedaannya terletak pada suara yang sudah dikeluarkan. Seringkali alat music ini mengiringi acara pertunjukan kesenian. Bahkan sering juga mengiringi sebuah pementasan tarian tradisional. Jadi anda saat berada di sana akan mudah menemukan alat music ini.

8. Alat Musik Sasando

Alat Musik Sasando

Jenis alat musik tradisional yang satu ini dari segi bentuk memang tergolong unik sekali.Banyak pula artis dari luar negeri tertarik ingin memainkan alat music ini. Banyak yang sengaja berkunjung ke Indonesia hanya untuk belajar alat music sasando. Bukan hanya suaranya yang tergolong merdu namun juga tampilannya begitu artistic. Warna dari alat music ini memang putih dengan adanya kayu yang berfungsi sebagai penyangga dawainya. Cara memainkannya cukup mudah hanya dengan dipetik. Suara yang sudah dihasilkan oleh alat music ini memang indah sekali. Mendayu-dayu seakan membuat siapapun terpesona mendengarkan alunan musiknya.

9. Alat Musik Aramba

Alat Musik Aramba

Alat music tradisional yang satu ini berasal dari Sumatera tepatnya bagian utara. Kebanyakan dari masyarakat sering menggunakan alat music tersebut saat menggelar acara nikahan atau bahkan acara adat yang lainnya. Bahan yang dipergunakan untuk pembuatan alat music ini adalah kuningan, tembaga maupun logam. Cara memainkan alat music ini juga tidak sulit, hanya dengan memukulnya keluarlah bunyi khasnya.

Aramba mempunyai bentuk yang bulat sedangkan pada bagian tengahnya ada sebuah tonjolan bulat nan kecil. Biasanya permainan tersebut digantung dengan menggunakan seutas tali saja pada sebuah palang horizontal.

10. Kolintang

Kolintang

Alat musik yang satu ini berupa alat music perkusi bernada yang terbuat dari bahan kayu. Alat music yang satu ini memang berasal dari daerah Minahasa propinsi Sumatera Utara. Supaya mampu menghasilkan nada nan indah, maka cara memainkan alat music ini cukup dengan dipukul saja.

11. Gambus

alat musik gambus

Alat musik tradisional ini pastinya juga tidak asing lagi untuk anda. Cara memainkan alat music ini terbilang mudah yakni hanya dengan memetik senarnya. Ya bisa dikatakan mirip sekali ketika kita memainkan gitar. Gambus ini bentuknya begitu unik dan menarik bahkan bernilai seni.

12. Calung

calung

Alat musik tradisional ini cara memainkannya hanya dengan dipukul pada bilahnya. Calung ini berkembang di daerah Banyumas dan juga Sunda. Bahan pembuatan alat music ini juga berasal dari bambu sehingga siapapun bisa dengan mudah membuatnya.

Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai alat musik tradisional sekaligus cara memainkannya. Mungkin saat ini beberapa alat music tersebut sudah tidak kita jumpai lagi. Padahal saying sekali jika tidak dilestarikan alat music turun menurun dari nenek moyang kita ini.