8 Alat Musik Petik Beserta Gambar dan Penjelasan Lengkap

Alat Musik Petik

Kalimat.ID – Alat musik petik merupakan salah satu jenis dari beberapa alat musik yang ada di Indonesia. Apalagi Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang begitu banyak ragam kesenian dan kebudayaan, hal inilah yang membuat banyak negara lain menyebut jika Indonesia salah satu negara yang eksotik. Hal tersebut juga terwujud di dalam banyaknya jenis alat musik yang tersebar di beberapa pulau yang terdapat di Indonesia.

Dari beberapa wilayah dan pulau yang terdapat di kawasan Indonesia, tentu saja kebudayaan yang terdapat didalamnya juga memiliki banyak ragam alat musik yang dipakai untuk mengiringi kesenian daerah. Banyak negara lain bahkan memuji jika kesenian yang ada di Indonesia sangatlah menawan untuk dinikmati.

Sebelum membahas tentang alat musik petik secara keseluruhan, lebih baik Anda semuanya memahami terlebih dahulu apa pengertian dari alat musik. Alat musik merupakan sebuah instrumen yang sudah dimodifikasi sehingga terbentuk tujuan dan maksud. Apalagi suara yang dikeluarkan dari setiap alat musik menunjukkan karakter dari hasil suara yang dihasilkan tersebut. Dari khasnya suara yang keluar membuat karakter dari alat musik terkadang memiliki penilaian tersendiri dari para penikmatnya.

Digolongkan dari jenis dan cara memainkannya, alat musik digolongkan menjadi 5 jenis yakni alat musik tiup, alat musik petik, alat musik gesek, alat musik tekan dan juga alat musik pukul. Tentu saja semua jika di kolaborasikan akan membentuk instrumen yang sangat indah untuk dinikmati.

Lantas apa yang dimaksud dengan alat musik petik, dalam ulasan di bawah dibahas satu persatu mengenai pengertian dan juga contohnya.

Pengertian Alat Musik Petik

Alat musik petik yaitu alat musik yang cara memainkannya harus dipetik dengan tangan, sehingga suara yang dihasilkan dapat mengeluarkan harmoni nada dan bisa dinikmati. Terdapat dawai didalam alat musik petik, yang mana panjang pendeknya dawai memang sangat mempengaruhi tinggi dan rendahnya nada yang keluar. Seiring dengan perkembangan zaman sekarang ini alat musik petik telah terbagi menjadi 2 bagian yakni alat musik modern dan juga alat musik tradisional.

8 Jenis Alat Musik Petik Tradisional dan Modern

Setelah membaca jenis alat musik petik tentu saja amaris diketahui adalah contoh jenis alat musik petik dan juga cara memainkannya. Berikut ini adalah beberapa jenis contoh dan juga bagaimana cara memainkan alat musik tersebut.

1. Alat Musik Gitar

alat musik gitar

Gitar yang termasuk jenis alat musik petik memang sudah banyak dikenal di kalangan para pecinta musik. Apalagi dengan petikan yang dikeluarkan akan menghasilkan jenis suara yang sangat indah. Di dalam sejarahnya gitar berasal langsung dari Spanyol. Pada gitar terdapat dawai yang biasanya disebut dengan senar.

Gitar yang satu ini dibuat dari bahan kayu. Bentuknya panjang pada leher dan badan gitar menyerupai tabung sebagai penyaring suara. Untuk memainkan gitar Bukan hanya dipetik saja, tetapi seorang pemain musik harus pandai memainkan jarinya untuk menggenjreng. Sehingga suara yang dihasilkan akan berirama merdu.

Untuk tipe gitar sampai saat ini sudah banyak sekali jenisnya, yaitu gitar elektrik dan akustik. Pada gitar terdapat sejumlah 144 kord, yang mana dari setiap kord akan menghasilkan beberapa nada yang berbunyi berbeda. Dari ketepatan memainkan kord akan dihasilkan irama yang sangat indah. Tergantung skill pemain untuk menikmati suara gitar. Kebanyak gitar dipakai dalam grup musik atau dimainkan sendiri atau biasanya disebut dengan akustikan.

2. Alat Musik Gitar Bass

alat musik bass

Gitar bass merupakan jenis alat musik yang memakai dawai listrik untuk memperbesar suara yang dihasilkan. Bentuknya sama dan hampir mirip dengan gitar namun ukurannya sedikit besar. Jumlah senar juga berbeda dengan gitar pada umumnya, jika pada gitar ada 6 sinar pada bass cuma hanya ada 4 senar.

3. Alat Musik Mandolin

alat musik mandolin

Mandolin juga salah satu alat musik yang masuk dalam golongan berdawai (cordophone). Cara memainkannya juga sama yaitu dengan dipetik pada senarnya. Mandolin mempunyai tuts yang hampir sama dengan kecapi yang berasal dari Cina. Layaknya piano, tuts pada mandolin akan menghasilkan beberaa nada yang berirama sendu. Menurut sejarah, Mandolin asalnya dari Naples, sebuah ibukota dari wilayan Italia.

4. Alat Musik Kecapi

alat musik kecapi

Kecapi merupakan salah satu alat musik petik yang banyak dijumpai di kawasan Sunda, Jawa Barat. Ukuran dari kecapi berbeda-beda dan tentu saja membuat jumlah dawai yang terdapat di dalamnya mengikuti ukuran jenis kecapi tersebut. Biasanya sekitar 15 – 20 dawai terdapat di sebuah alat musik kecapi. Menurut jenisnya dan bentuknya, kecapi dibagi menjadi dua yaitu kecapi siter dan kecapi perahu.

5. Alat Musik Shamisen

Shamisen
Image by: japantimes

Shamisen merupakan salah satu alat musik petik berikutnya. Asal alat musik ini adalah dari Jepang yang terdiri dari 3 garis dan 3 dawai yang dipakai untuk menghasilkan suara. Terdapat tiga bagian yang ada di shamisen, yakni Sao (leher), Itomoki (pasak) dan Do (badan). Yang menarik dari bagian shamisen adalah terdapat lapisan yang terbuat dari kulit perut kucing pada sisi tubuh shamisen. Sedangkan beberapa bagian lain didominasi bahan plastik. Dawai yang dipakai pada alat musik shamisen berbeda dengan alat petik lainnya, karena terbuat dari pilinan sutra yang menghasilkan suara merdu dan menarik.

6. Alat Musik Harpa

alat musik harpa
Image by: dictio.id

Harpa merupakan salah satu alat musik petik yang digolongkan sebagai alat musik tertua yang ada di dunia. Bentuk harpa juga sangat besar, bentuknya seperti segitiga serta memiliki warna emas. Ada tiga bagian yang menyusun harpa yaitu string, sound board dan neck. Dawai yang dipakai dalam alat musik ini jumlahnya dari 22-47 senar logam. Kebanyakan alat musik harpa dipakai pada pementasan orkestra dan dibawakan pemain tunggal.

Banyak sekali yang berpandangan jika harpa merupakan salah satu alat musik yang ada kaitannya dengan malaikat. Sehingga banyak juga yang mengatakan jika harpa merupakan salah satu alat musik yang berasal dari surga. Pada alat musik lama, dawai harpa terbuat dari serat tanaman atau rambut yang terkait pada dua sisinya.

7. Alat Musik Sasando

alat musik sasando
Image by: kompas.com

Tahukah anda tentang alat musik Sasando? Ternyata alat musik ini asalnya dari Propinsi Nusa Tenggara Timur.Biasanya alat musik ini dipakai pada acara tarian adat atau musik suku asli dari NTT. Bentuknya yang menarik tentu saja memudahkan banyak penikmat musik mengenali sasando. Pada Sasando engkel terdapat 28 dawai. Sedangkan pada Sasando double biasanya terdapat 56 -84 dawai. Biasanya Sasando dibawakan oleh pemain musik tunggal dan dalam perkembangannya saat ini Sasando sudah memakai sistem elektrik yang tersambung langsung pada kabel listrik.

8. Alat Musik Banjo

alat musik banjo

Banjo merupakan salah satu alat musik petik yang hampir mirip dengan shamisen, tetapi jumlah dawai yang dipakai pada Banjo berjumlah 4-6 dawai. Biasanya banyak dipakai dalam mengiringi Musik country yang menjadi salah satu aliran musik asli Amerika Selatan.

Itulah beberapa contoh alat musik petik yang bisa anda pelajari dan Anda pahami. Semoga dengan membaca tentang pengertian dan juga jenis alat musik petik diatas, anda semuanya bisa semakin memahami tentang bentuk dan cara memainkannya.