15 Alat Musik Betawi dan Cara Memainkannya

Alat Musik Betawi

Waktuku.com – Alat Musik Betawi – Negara Indonesia dikenal dengan kekayaan alam yang melimpah dan keanekaragaman kebudayaan budaya. Kebudayaan budaya salah satunya tidak hanya Pakaian Adat dan Rumah Adat, Namun ada pula alat musik tradisional yang berfungsi sebagai mengiringi lagu harmonis. Alat tradsiional ini terdapat di daerah sendiri-sendiri.

Suku Betawi merupakan masyarakat yang bertempat tinggal di daerah ibu kota Jakarta. Selain terkenal dengan penduduk disana yang padat ini terdapat keberagaman kebudayaan budaya yang masih digunakan sampai saat ini. Salah satunya yaitu Alat Musik Betawi.

Alat Musik Betawi, merupakan alat yang yang digunakan untuk mengiringi lagu-lagu daerah yang menjadi pelengkap dalam melantunkannya. Alat musik Betawi banyak sekali yang ada di daerah ibu kota Jakarta. Disetiap alat musik Betawi mempunyai nama serta fungsi masing-masing berdasarkan jenisnya.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang Kebudayaan Budaya yang ada di Suku Betawi, Jakarta. Saya akan membahas mengenai ” 15 Alat Musik Betawi Lengkap Beserta Fungsinya “. Agar memudahkan Anda dalam pencarian alat musik Betawi, Anda bisa melihat Daftar Isi dibawah ini yang sudah tersedia.

Mengenal 15 Alat Musik Betawi Lengkap Beserta Fungsi

Alat Musik Betawi ini sudah terkenal sejak dahulu, karena masyarakat Suku Betawi yang tinggal di daerah ibu kota Jakarta. Sehingga masyarakat pada umumnya sedikit banyaknya pasti sudah mengenal alat-alat musik Betawi. Namun kebanyakan masyarakat hanya mengenalnya saja, tidak mengetahui apa fungsi dari setiap alat musik Betawi yang ada.

Alat musik Betawi, sebenarnya banyak sekali bentuk, nama, serta fungsi-fungsinya. Untuk kesempatan kali ini saya akan membahas hanya 15 alat musik Betawi yang saya jelaskan berserta fungsi pada setiap alat-alat tradisional ini. Dibaca yaa sampai lengkap untuk menambah ilmu pengetahuanmu tentang alat tradisional yang ada di Indonesia.

1. Alat Musik Gambang Kromong

Ala Musik Betawi yang Petama yaitu Gambang Kromong, merupakan alat musik gabungan antara gamelan dan alat-alat musik yang berasal dari Tiong Hoa. Alat musik Betawi ini hasil dari akulturasi budaya Tiong Hoa dengan budaya Pribumi. Alat musik Gambang Kromong dinamakan karena berasal dari dua nama yaitu Gambang dan Kromong.

Gambang Kromong ini adalah salah satu bukti untuk toleransi antar sesama yaitu Pribumi dan Tionghoa. Karena pada alat musik tradisional ini merupakan alat musik yang berasal dari Tionghoa antara lain Sukong, Tehyan, dan Kangahyan. Jadi, dengan perbedaan inilah membuah ini menjadi lebih indah.

2. Alat Musik Kendang

Alat Musik Kendang, merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Barat. Alat musik Kendang sangat populer untuk kesenian musik Betawi dalam acara-acara penting maupun acara dalam hiburan.

3. Alat Musik Marawis

Alat Musik Betawi yang ketiga yaitu Marawis, merupakan alat musik yang memainkannya dengan cara ditepuk dan dipukul. Alat musik tradisional ini mempunyai persamaan dengan alat musik Rebana. Namun, perbedaannya yaitu kalau alat musik Rebana lebih pipih juga lebar dan sedangkan alat musik Marawis mempunyai bentuk yang lebih gempal.

Alat musik tradisional ini terkenal dengan teknik Zapi, yaitu teknik pukulan yang berfungsi untuk mengiringi lagu yang syairnya gembiran dan balas membalas pantun. Alat musik ini membutuhkan beberapa anggota, karena dalam memainkannya terdapat kelompok yang terdiri dari 12-14 pemain atau lebih. Perlu diketahui, bahwa alat musik Marawis ini juga mempunyai tambahan semacam Gendang besar dan Tumbuk.

4. Alat Musik Sukong

Alat musik Keempat yaitu Sukong, merupakan alat musik yang berfungsi sebagai melodi di acara pementasan musik. Alat musik tradisional ini mempunyai bentuk hampir mirip dengan Rebab. Namun perbedaannya yaitu pada ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan Rebab.

5. Alat Musik Kecrek

Alat musik kelima yaitu Kecrek, merupakan alat musik tradisional yang berfungsi di dalam musik Gambang Kromong. Alat musik Kecrek termasuk dalam jenis perkusi yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini juga berfungsi sebagai penanda saat mulai dan akhir dari sebuah pertunjukkan.

6. Alat Musik Kemong

Alat musik keenam yaitu Kemong, merupakan alat musik yang berbentuk gong kecil yang berfungsi untuk gamelan Jawa dan Sunda. Alat musik tradisional ini sama halnya bagian dari kesenian Gambang Kromong.

7. Alat Musik Keroncong Tugu

Alat musik ketujuh yaitu keroncong tugu merupakan alat musik yang memadukan dari budaya Indonesia dengan budaya luar. Diberi nama Tugu karena dulunya dimainkan dan dipentaskan oleh masyarakat Tugu yang ada di daerah Jakarta Utara. Alat musik ini adalah awal dari alat musik keroncong Betawi.

8. Alat Musik Gambus

Alat Musik Gambus merupakan alat musik tradisional yang cukup eksis sampai jaman sekarang. Alat musik gambus ini terbuat dari bahan yang berasal kayu. Gambus ini mempunyai ciri khas tersendiri berdasarkan dawainya yaitu 7 utas, 6 utas dengan nada bersuara kembar dan 1 dawai. Dawai-dwai ini terbuat dari bahan benang suter yang berfungsi sebagai Bas.

Gambus, merupakan alat musik yang sama dengan mandolin, cara memainkan alat musik ini dengan cara dipetik. Alat musik Gambus berasal dari Timur Tengah dimana alat musik ini dipadukan dengan gendang. Alat musik tradisional utama adalah gambus orkes yang sehingga alat ini bernama “Orkes Gambus ” dan untuk memudahkannya bisa disebut dengan Gambus.

9. Alat Musik Ningnong

Alat musik Ningnong, merupakan alat musik yang berasal dari penduduk Betawi Cina yang ada di daerah Jakarta. Cara memainkan alat musik Ningnong yaitu dengan cara digesek. Apabila dilihat ukurannya bahwa terdapat 3 jenis alat musik tradisional ini antara lain Tehyan, Kongahyan dan Ningnong.

10. Alat Musik Saron

Alat musik Saron, merupakan alat musik yang menjadi salah satu instrumen Gamelan. Alat musik ini dimainkan oleh musisi secara tradisional yang menampilkan pada acara-acara pertunjukkan adat masyarakat Betawi. Alat musik Saron mempunyai nama lain yaitu Alat musik Ricik.

11. Alat Musik Tanjidor

Alat musik yang kedua yaitu tanjidor, merupakan alat musik tradisional yang sampai sekarang terkenal dipopulerkan oleh Suku Betawi. Alat musik ini dimainkan ber-group atau kelompok yang terpengaruhi oleh beberapa musik yang berasal dari Eropa. Alat musik Tanjidor ini banyak ditemui di sekitar daerah Bekasi dan Karwang.

Alat musik Tanjidor yang terkenal dengan Marching Bariton dengan bentuk yang besar dan suaranya yang sangat rendah. Alat musik tradisional ini membutuhkan tenaga ekstra dalam pernafasan yang kuat sekali. Alat musik ini berkembang seiringnya perkembangan kesenian orkes Betawi.

Namun pada jaman sekarang, alat musik Tanjidor biasanya digunakan untuk acara pengantin dan dalam menyambut tamu. Perbedaannya di jaman dahulu bahwa menggantungkan alat-alat musik Betawi ini pada saat musik bercocok tanam. Apabila setelah panen, memainkan alat musik traidsionl ini untuk mengamen di rumah sampai restoran.

12. Alat Musik Gong

Alat Musik Gong, merupakan alat musik yang berfungsi sebagai alat musik tradisional oleh masyarakat Betawi. Cara memainkan alat musik Betawi ini adalah dengan cara dipukul. Gong ini digunakan dalam acara peresmian acara di daerah disana.

13. Alat Musik String Bass

Alat Musik String Bass, merupakan yang terdiri hanya senar Bas. Alat musik String Bass dimainkan dengan cara digesek yang hampir sama dengan alat musik biola. String berasal yang artinya Tali atau Senar, oleh sebab itu alat musik ini dinamakan String Bass.

14. Alat Musik Mandolin

Alat Musik Mandolin, merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini terdiri dari senar yang hampir sama dengan Alat Musik Biola. Alat musik tradisional ini biasanya dipakai dalam acara-acara adat oleh masyarakat suku Betawi.

Alat musik yang sama dengan alat musik yang ada di nomer 8. Alat musik Mandolin berasal dari Italia yang biasanya berfungsi sebagai mengiringi tari rudat dan lagu-lagu daerah tradisional. Cara memainkan alat musik Mandolin ini hampir sama dengan gitar yaitu dipetik, namun yang membedakannya yaitu pada jumlah senar dawainya.

15. Alat musik Tamburin

Alat musik Betawi yang terakhir yaitu Tamburin, merupakan alat musik yang berjenis seperti alat musik perkusi. Cara memainkan alat musik Tamburin ialah dengan cara menggoyang-goyangkan. Alat musik Tamburin ini terbuat dari bahan bingkai kayu bundar dengan membran pelapis dari kulit Sapi.

Nah, itulah pembahasan yang saya bahas lengkap mengenai alat-alat musik yang berasal dari Betawi. Dimana bahwa seperti yang saya sudah jelaskan diatas mengenai ” 15 Alat Musik Betawi Lengkap Beserta Fungsinya “. Dengan begitu masyarakat disekitar mengetahui tentang kebudayaan budaya yang sampai sekarang masih terlestarikan.

Sebagai pemuda penerus bangsa Indonesia kita harus menjaga kebudayaan budaya di seluruh wilayah nusantara, karena kebudayaan budaya di Indonesia kebanyakan sudah hampir seluruh dipengaruhi oleh negara-negara lain. Agar tetap ada kebudayaan budaya yang akan kaya keberagamannya ini. Pasalnya, bahwa di negara-negara lain mereka tidak mempunyai kebudayaan budaya yang sama dengan Indonesia.

Semoga bermanfaat dan tunggu artikel selanjutnya dari saya yang membahas alat musik tradisional lainnya.15 Alat Musik Betawi Lengkap Beserta Fungsi-Fungsinya.