Minuman Keras

Waktuku.com – Selain dapat memabukkan, ternyata minuman keras juga sangat berkaitan erat dengan main judi dan pergaulan bebas. Bahkan barang haram tersebut sering kali digunakan bergantian dengan narkoba yang setelah itu dilanjutkan dengan seks bebas.

Islam bukan tidak mengetahui sisi manfaat khamar, namun dampak kerusakan bagi kehidupan manusia jauh lebih besar daripada manfaatnya.

Allah SWT berfirman: “Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah,”Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya.” (QS. Al-Baqarah: ayat 219).

Sejumlah penelitian menyatakan bahwa minuman beralkohol memberikan efek positif. Namun, hasil riset tersebut belum diterima sepenuhnya dalam dunia kesehatan. Sebaliknya, dampak negatif minuman alkohol telah diterima sepenuhnya oleh lembaga kesehatan dunia seperti WHO.

Perintah pengharaman khamar ini ditegaskan dalam surah Al-Maidah: ayat 90, “Sesungguhnya khamar berjudi, berkorban untuk berhalal dan mengundi nasib dengan anak panah adalah perbuatan keji yang termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.”

Kita sebagai Muslim, diperintahkan untuk mengonsumsi segala makanan dan minuman yang halal. Hal tersebut merujuk pada firman Allah “Kulu wasyrobu halalan thoyyiba (makan dan minumlah dari yang halal dan baik)”. Mengonsumsi makanan halal juga merupakan salah satu bentuk pelaksanaan maqashid yariah.

Tujuan disyariatkannya hukum atau perintah itu untuk memberikan kemaslahatan yang bisa menjaga agama, harta, jiwa, akal, dan keturunan, seperti dilansir dari majalahgontor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here