Air Mancur Taman Sri Baduga Purwakarta
Air Mancur Taman Sri Baduga Purwakarta

Waktuku.com – Air mancur taman Sri Baduga terletak di situ buleud, Purwakarta. Air mancur ini adalah air mancur terbesar se-asia tenggara yang dimiliki oleh negara ASEAN saat ini. Pertunjukkan air mancur taman Sri Baduga di selenggarakan setiap malam minggu di situ buleud, Purwakarta. Saat ini air mancur Sri Baduga telah menjadi ikon purwakarta yang katanya hampir mirip dengan Wings Of Time yaitu air mancur yang terletak di Singapura.

Taman Sri Baduga ini tak lepas dari sejarah pembentukan Kabupaten Purwakarta. Konon, situ buleud adalah tempat pemandian badak-badak liar yang terdapat dalam mimpinya Dalem Sholawat, Bupati Pertama Purwakarta semenjak berpisah dengan Kabupaten Karawang. Jadi ini hasil tirakatnya Bupati Purwakarta pertama yang ingin memindahkan Ibu Kota Purwakarta, Sindangkasih. Jadi tempat ini harus terus dirawat sebagai bagian sejarah Purwakarta.

Keindahan yang dipertontonkan dari air mancur Sri Baduga terlihat dari tarian air mancur tersebut, diiringi oleh irama musik dan dihiasi oleh balutan lampu warna-warni nan terang dimalam hari.

Baca Juga: Sri Baduga: Air Mancur di Purwakarta, Dubainya Indonesia

Durasi satu pertunjukkan air mancur di Air mancur Sri Baduga, Situ Buleud, Purwakarta mencapai sekitar 30 menit-an. Durasi tersebut diatur untuk membuat waktu rehat dan jeda kepada penonton yang datang untuk menyaksikannya.

“Tiap sesen kurang lebih memakan waktu 25 menit. Baru jeda rehat untuk pergantian pentonton. Kami menambah tiga pintu keluar, satu pintu masuk untuk umum. Sementara untuk tamu VIP, kami menyiapkan masing-masing satu pintu masuk dan keluar,” Kabid Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporparbud) Purwakarta Heri Anwar.

Penonton asal Pacitan, Jawa Timur. Mengaku sangt takjub ketika menonton pertunjukkan air mancur di Purwakarta, “Tata cahayanya bagus, musik dan alunan airnya mengikuti irama. Dengan adanya semburan api jadi luar biasa. Saya takjublah,” kata Budi Solihin usai menyaksikan peresmian Taman Air Mancur Sri Baduga di kawasan Situ Buleud, Jalan Siliwangi, Purwakarta.

Seperti halnya di Dubai ataupun di Singapura. Pertunjukkan air mancur ini selalu dilakukan pada malam hari. Di Sri Baduga, air mancur yang di pertunjukkan ditampilkan pada setiap malam minggu.

Satu kali pertunjukkan di air mancur Sri Baduga berkapasitas penonton mencapai sekitar 5000 orang. Dalam satu malam total penonton yang datang bisa mencapai 30.000 orang lebih.