Air keras

Waktuku.comAir keras dalam bahasa kimia adalah larutan asam pekat. Contoh air keras dalam bahasa kimia yang sudah tidak asing adalah HCl atau Asam Klorida, Air keras dalam bahasa kimia seperti H2SO4 atau Asam Sulfat juga termasuk.

Asam Fosfat yang merupakan air keras dalam bahasa kimia memiliki rumus senyawa H3PO4.

Dari semua larutan kimia tersebut tidak selamanya berbahaya, di Instansi pendidikan ketiga larutan tersebut digunakan untuk pembelajaran seperti Gravimetri dan Titrimetri.

Asam sulfat(H2SO4)

merupakan asam mineral(anorganik) yang kuat. Zat ini larut dalamairpadasemua perbandingan.

Asam sulfat mempunyai banyak kegunaan dan merupakan salah satu produk utama industri kimia. Produksi dunia asam sulfat pada tahun 2001 adalah 165 juta ton, dengan nilai perdagangan seharga US$8 juta.

Kegunaan utamanya termasuk pemrosesan bijihmineral, sintesis kimia, pemrosesan airlimbahdan pengilangan minyak.

KeberadaanAsam sulfat murni yang tidak diencerkan tidak dapat ditemukan secara alami di bumi oleh karena sifatnya yang higroskopis.

Walaupun demikian, asam sulfat merupakan komponen utamahujan asam, yang terjadi karenaoksidasisulfur dioksidadi atmosfer dengan keberadaan air(oksidasiasam sulfit).

Sulfur dioksida adalah produk sampingan utama dari pembakaran bahanbakar seperti batu bara dan minyak yang mengandung sulfur (belerang).

Asam klorida

adalah larutan akuatik dari gashidrogen klorida(HCl). Ia adalah asam kuat, dan merupakan komponen utama dalam asam lambung. pernah menjadi zat yang sangat penting dan sering digunakan dalam awal sejarahnya.

Ia ditemukan oleh alkimiawan Persia Abu Musa Jabir bin Hayyan sekitar tahun 800.

Senyawa ini digunakan sepanjang abad pertengahan oleh alkimiawan dalam pencariannya mencari batu filsuf, dan kemudian digunakan juga oleh ilmuwan Eropa termasuk Glauber,Priestley, and Davy dalam rangka membangun pengetahuan kimia modern.

Sejak Revolusi Industri, senyawa ini menjadi sangat penting dan digunakan untuk berbagai tujuan, meliputi sebagai pereaksi dalam produksi massal senyawa kimiaorganiksepertivinil klorida untuk plastik PVC dan MDI/TDI untuk poliuretana.

Kegunaan kecil lainnya meliputi penggunaan dalam pembersih rumah, produksigelatin,aditif makanan, dan pengolahankulit.

Sekitar 20 juta ton gas HCl diproduksi setiap tahun. pada abad ke-20 proses Leblanc digantikan dengan proses Slovay yang tidak menghasilkan asam klorida sebagai produk sampingan.

BAGIKAN
Berita sebelumyaAir Keras MSDS: Pertolongan Pertama Terkena Air Keras
Berita berikutnyaAir Keras: Fakta Tentang Air Keras Dijual Bebas
Astrofotografi Amateur - Aktivis Islam Instagram: @diofateeh Email: [email protected]