4 Kisah Nabi Zulkifli Nabi yang Memiliki Sabar Luar Biasa

Kisah Nabi Zulkifli
image by: ilmusiana.com

Waktuku.com – Kisah Nabi Zulkifli merupakan salah satu kisah dari nabi utusan Allah SWT yang sering diceritakan ke berbagai kalangan.

Hal ini tentu saja karena kisah perjalanan hidup beliau mengandung pelajaran hidup yang berharga terutama tentang kesabaran.

Seperti apa cerita tentang Nabi Zulkifli lengkap dari lahir sampai wafat? Selain kesabaran, apa saja pesan moral yang terkandung dalam kisah perjalanan hidup beliau?

Temukan jawaban dan kisah lebih lengkapnya tentang Nabi Zulkifli dengan membaca artikel di bawah ini!

Mengenal Sosok Nabi Zulkifli

Siapa sejatinya Nabi Zulkifli? Nabi Zulkifli yang memiliki nama asli Basyar sebenarnya merupakan anak laki-laki dari Nabi Ayub.

Beliau dikenal sebagai nabi yang memiliki kesabaran luar biasa sekaligus merupakan sosok pemimpin yang berani mengambil tanggung jawab besar.

Di mana Nabi Zulkifli tinggal? Nabi Zulkifli hidup dan tinggal di negeri Syam yang dipimpin oleh seorang raja.

Namun, raja tersebut tidak memiliki keturunan padahal ia sudah sangat tua. Di saat raja mencari penggantinya, hanya Basyar atau Nabi Zulkifli yang memiliki keberanian untuk menggantikannya.

Selama masa hidupnya, Nabi Zulkifli memiliki beberapa mukjizat yang diberikan oleh Allah SWT.

Beberapa mukjizat Nabi Zulkifli adalah memiliki kesabaran yang luar biasa dan bijaksana serta bertanggung jawab ketika menjadi seorang raja.

Kisah Nabi Zulkifli

Seperti apa perjalanan hidup seorang Nabi Zulkifli? Berikut ini beberapa rangkaian cerita perjalanan hidup yang dialami oleh Nabi Zulkifli selama masa hidupnya, yaitu:

1. Awal Mula Nabi Zulkifli Diangkat Menjadi Seorang Raja

Awal Mula Nabi Zulkifli Diangkat Menjadi Seorang Raja
image by: tribunnews.com

Nabi Zulkifli hidup dan tumbuh besar di sebuah negeri Syam. Ketika beliau remaja, raja negeri Syam tersebut sudah berusia sangat tua, tetapi belum memiliki keturunan.

Sang raja ingin sekali pensiun dan akhirnya memutuskan untuk mencari seorang pengganti yang akan menjadi raja.

Raja pun bertanya kepada semua orang di kerajaannya siapakah yang sanggup menggantikannya sebagai raja.

Namun, tidak ada satu orang pun baik orang dewasa maupun orang tua yang mau menggantikan posisinya sebagai raja padahal syarat yang diajukan sangat mudah.

Raja hanya mengajukan syarat agar sosok raja berikutnya harus sanggup berpuasa pada siang hari dan melakukan ibadah pada malam harinya.

Namun, semua orang di kerajaan tersebut merasa tidak sanggup untuk menjadi raja dan memiliki tanggung jawab besar memimpin kerajaan.

Mendengar pertanyaan raja, seorang remaja bernama Basyar dengan penuh keberanian mengajukan diri untuk menjadi seorang raja negeri Syam.

Ia pun mengatakan bahwa sanggup untuk melaksanakan syarat yang diajukan.

Namun, raja negeri Syam tidak langsung menyetujuinya karena melihat Basyar masih berusia remaja.

Raja malah bertanya lagi kepada seluruh rakyatnya dan hasilnya pun sama saja. Tidak ada seorang pun yang sanggup menggantikan sang raja kecuali remaja bernama Basyar.

Pada akhirnya, setelah bertanya berulang kali, Raja pun yakin memberikan posisi raja kepada Basyar.

Basyar pun akhirnya menjadi seorang raja dengan julukan Zulkifli. Arti nama tersebut adalah seseorang yang sanggup menepati janji.

Itulah awal mula kisah Nabi Zulkifli atau Basyar menjadi seorang raja kerajaan negeri Syam.

2. Kisah Nabi Zulkifli Ketika Menjadi Raja

Kisah Nabi Zulkifli Ketika Menjadi Raja
image by: kisahsejarah.id

Setelah diangkat menjadi seorang raja, Nabi Zulkifli tetap menjadi pribadi yang rendah hati dan sederhana.

Beliau tidak sombong dan merasa paling tinggi di negerinya. Nabi Zulkifli juga memerintah kerajaannya dengan sangat bijaksana dan adil.

Beliau mengedepankan kepentingan rakyatnya terlebih jika ada rakyat yang merasa kesusahan. Pemerintahan Nabi Zulkifli membuat rakyat dapat hidup dengan sejahtera.

Selain itu, Nabi Zulkifli juga menepati janjinya kepada raja terdahulu. Beliau selalu menjalankan ibadah puasa di siang hari dan beliau juga melakukan ibadah di malam harinya. Janjinya selalu ia jalankan selama menjadi raja negeri syam.

Kemakmuran dan kesejahteraan negeri Syam di bawah kepemimpinan Nabi Zulkifli membuat banyak musuh dari luar negerinya ingin melakukan penyerangan.

Para musuh dari kerajaan luar ingin menghancurkan serta merebut kejayaan yang dimiliki negeri Syam.

Nabi Zulkifli sebagai raja meminta rakyatnya untuk ikut berperang demi mempertahankan negeri Syam.

Penduduk negeri Syam setuju ikut berperang, tetapi mereka meminta syarat agar tidak ada korban jiwa dalam peperangan tersebut.

Nabi Zulkifli pun akhirnya meminta pertolongan Allah SWT agar peperangan ini tidak menimbulkan korban jiwa.

Allah SWT pun mengabulkan permohonan Nabi Zulkifli dan pada akhirnya peperangan itu berakhir tanpa adanya korban jiwa dari rakyat negeri Syam.

3. Kisah Nabi Zulkifli tentang Ujian Kesabaran

Kisah Nabi Zulkifli tentang Ujian Kesabaran
image by: okezone.com

Pada suatu hari, ada seorang kakek jelmaan iblis yang tua miskin datang ke kerajaan negeri Syam. Kakek tua itu ingin menghadap raja yaitu Nabi Zulkifli.

Pada saat kakek itu datang, sebenarnya Nabi Zulkifli sedang beristirahat karena sangat lelah.

Namun, Nabi Zulkifli dengan sangat sabar menemui kakek itu dan mendengarkan permasalahan yang disampaikan oleh kakek tersebut.

Kakek itu mengungkapkan bahwa dirinya tidak diperlakukan adil oleh rakyat negeri Syam.

Kakek tersebut bercerita panjang lebar dalam waktu yang lama. Nabi Zulkifli yang merasa sangat lelah tetap sabar mendengarkan setiap perkataan kakek.

Pada akhirnya, beliau memutuskan untuk mengadakan majelis agar masalah dapat diselesaikan.

Namun, kakek tersebut tidak datang ke majelis yang sudah dijadwalkan. Di hari berikutnya, kakek tersebut datang lagi menemui Nabi Zulkifli dan mengatakan bahwa pihak yang bersengketa dengannya sudah berjanji akan memberikan hak kakek.

Kesabaran Nabi Zulkifli kemudian diuji lagi oleh kakek jelmaan iblis tersebut. Suatu ketika, Nabi Zulkifli sedang beristirahat karena sangat kelelahan. Ia pun meminta para penjaga agar tidak ada satu orang pun menemuinya.

Namun, sang kakek jelmaan iblis itu berhasil masuk ke rumah Nabi Zulkifli yang dikunci. Nabi Zulkifli pun merasa kaget dan tersadar bahwa kakek tua itu sebenarnya jelmaan iblis yang ingin menguji kesabarannya.

Nabi Zulkifli yang sangat sabar dan tidak marah menghadapi kakek jelmaan iblis tersebut akhirnya berhasil melewati ujian kesabaran itu. Usaha iblis untuk menggoda dan membuat Nabi Zulkifli marah akhirnya gagal total.

Kisah Nabi Zulkifli dalam Al Quran tentang kesabaran yang dimilikinya terdapat di Surah Al-Anbiya ayat 85-86, yaitu:

“Dan (ingatlah kisah) Ismail, Idris dan Dzulkifli. Semua mereka termasuk orang-orang yang sabar. Kami telah memasukkan mereka kedalam rahmat Kami. Sesungguhnya mereka termasuk orang-orang yang saleh”.

Selain itu, kisah kesabaran Nabi Zulkifli juga terdapat pada Al Quran Surah Shad ayat 48, yaitu:

“Dan ingatlah Ismail, Ilyasa’ dan Zulkifli. Semuanya termasuk orang-orang yang paling baik. Dan ingatlah, wahai Nabi Muhammad, kisah moyang bangsa Arab, yaitu Nabi Ismail bin Ibrahim; Nabi Ilyasa’ bin Akhtub dan Nabi Zulkifli putra paman Nabi Ilyasa’–nabi-nabi dari Bani Israil.”

4. Wafatnya Nabi Zulkifli

Wafatnya Nabi Zulkifli
image by: beritaku.id

Selama masa hidupnya, Nabi Zulkifli memimpin negeri Syam dengan sangat sabar dan bijaksana.

Selain itu, tidak lupa ia juga berdakwah dan mengajak penduduk untuk selalu beribadah kepada Allah SWT. Pada akhirnya beliau pun wafat.

Pelajaran Berharga dari Kehidupan Nabi Zulkifli

Perjalanan hidup Nabi Zulkifli dari lahir hingga wafat menyimpan berbagai pesan moral atau pembelajaran berharga.

Sifat apa saja yang patut kita teladani dari Nabi Zulkifli? Berikut ini beberapa sifat yang bisa menjadi teladan dari cerita perjalanan hidup Nabi Zulkifli, yaitu:

– Keberanian mengambil tanggung jawab besar.

– Bertanggungjawab atas keputusan yang sudah diambil.

– Selalu menepati janji yang sudah dibuat.

– Harus selalu berkata jujur dan tidak boleh berbohong apapun kondisinya.

– Sabar menghadapi segala situasi.

– Teguh dalam berpendirian.

– Pandai mengatur waktu dalam kehidupannya.

– Berdoa dan berserah diri hanya kepada Allah SWT.

– Tidak pernah putus asa dalam menyebarkan ajaran kebenaran Allah SWT.

Selain beberapa sifat teladan tersebut, sebenarnya masih banyak sifat atau sikap Nabi Zulkifli yang patut untuk diteladani.

Kisah Nabi Zulkifli sebagai sosok pemimpin atau raja memiliki banyak pesan moral di dalamnya yang sudah selayaknya di contoh oleh orang-orang. Oleh karena itu, sebaiknya cerita tentang perjalanan hidup Nabi Zulkifli terus diceritakan kepada siapa saja.