Ini 4 Kisah Nabi Yusuf Jujur Cerdas Tampan

Kisah Nabi Yusuf
image by: fajar.co.id

Waktuku.com – Kisah Nabi Yusuf menjadi salah satu kisah yang sangat bagus jika dibacakan untuk anak. Pasalnya, kisah beliau mengajarkan banyak hal terutama tentang kesabaran sekaligus kekuatan dalam menerima ujian.

Bagaimana tidak, beliau adalah sosok yang pernah dibuang, difitnah dan sekaligus dipenjara.

Nabi Yusuf sendiri digambarkan sebagai sosok yang jujur, cerdas, juga tampan. Beliau berasal dari kaum Bani Israil dan merupakan putra Nabi Ya’kub.

Kisah Nabi Yusuf dalam Al-Qur’an bisa disimak langsung dalam surat Yusuf, surat ke-12 yang terdiri atas 111 ayat.

Kisah Nabi Yusuf dari Masa Kecil Hingga Menjadi Raja Mesir

1. Nabi Yusuf Dibuang Ke Sumur

Nabi Yusuf Dibuang Ke Sumur
image by: tribunnews.com

Saat masih kecil, Nabi Yusuf mengalami mimpi. Di dalam mimpi itu, beliau melihat 11 bintang, matahari serta bulan yang bersujud kepada beliau. Nabi Yusuf menyampaikan mimpi tersebut kepada Nabi Ya’kub.

Setelah mendengar cerita Nabi Yusuf tersebut, Nabi Ya’kub menyadari bahwa ini adalah indikasi dari kenabian putranya di masa depan.

Namun, Nabi Ya’kub juga berpesan kepada putranya agar tidak menceritakan mimpi tersebut pada saudaranya yang lain.

Pasalnya, beliau khawatir saudara-saudara yang lain merasa iri. Nabi Yusuf memiliki banyak saudara, namun hanya satu orang yang merupakan saudara kandungnya, yakni Bunyamin. Perihal mimpi ini, disebutkan dalam Al-Qur’an surat Yusuf ayat 4 – 5 berikut ini.
اِذْ قَالَ يُوْسُفُ لِاَبِيْهِ يٰٓاَبَتِ اِنِّيْ رَاَيْتُ اَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ رَاَيْتُهُمْ لِيْ سٰجِدِيْنَ (4) قَالَ يٰبُنَيَّ لَا تَقْصُصْ رُءْيَاكَ عَلٰٓى اِخْوَتِكَ فَيَكِيْدُوْا لَكَ كَيْدًا ۗاِنَّ الشَّيْطٰنَ لِلْاِنْسَانِ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ (5)

Artinya: “(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, “Wahai ayahku! Sungguh, aku (bermimpi) melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku(4) “Dia (ayahnya) berkata, “Wahai anakku! Janganlah engkau ceritakan mimpimu kepada saudara-saudaramu, mereka akan membuat tipu daya (untuk membinasakan)mu. Sungguh, setan itu musuh yang jelas bagi manusia.” (5)

Nabi Ya’kub sendiri memberikan perhatian yang lebih kepada Nabi Yusuf dan Bunyamin yang menyebabkan saudara-saudara lainnya merasa iri.

Rasa iri ini membuat mereka bersekongkol untuk menyingkirkan Nabi Yusuf dari hadapan sang ayah agar cinta sang ayah beralih pada mereka.

Tiba pada waktu yang sudah direncanakan, mereka meminta izin pada Nabi Ya’kub untuk pergi keluar dan akan mengajak Nabi Yusuf ikut serta.

Meskipun merasa berat, pada akhirnya Nabi Ya’kub juga memberikan izin sehingga berangkatlah mereka.

Tiba di suatu sumur yang dalam, para saudara Nabi Yusuf melemparkan Nabi Yusuf ke sana dan meninggalkannya.

Sementara Nabi Yusuf sendirian di dalam sumur, semua saudara tersebut kembali pada Nabi Ya’kub dan mengatakan bahwa Nabi Yusuf sudah dimangsa serigala.

Sebagai bukti, mereka memberikan kemeja Nabi Yusuf yang sebelumnya sudah diberi darah domba.

Tentu saja cerita ini membuat Nabi Ya’kub menjadi sedih. Namun beliau tidak mempercayai apa yang disampaikan oleh putra-putranya.

Menghadapi kenyataan yang menyedihkan ini, Nabi Ya’kub tidak putus asa dan senantiasa memohon pertolongan kepada Allah Swt.

Cerita tentang Nabi Yusuf yang mengharukan ini tentunya memberikan gambaran bahwa ujian bisa datang dari saudara dan orang-orang terdekat kita sendiri.

2. Kisah Nabi Yusuf yang Dijadikan Budak

Kisah Nabi Yusuf yang Dijadikan Budak
image by: republika.co.id

Allah Swt menunjukkan kuasa-Nya dengan datangnya sekelompok pelancong yang mampir ke sumur di mana Nabi Yusuf berada.

Mereka bermaksud mengambil air di sumur tersebut, namun saat ember diangkat, ada Nabi Yusuf yang ikut muncul ke permukaan juga.

Para pelancong ini membawa Nabi Yusuf ke Mesir dan mereka bermaksud untuk menjual beliau sebagai budak. Benar saja, di negeri tersebut, Nabi Yusuf dibeli pembesar kerajaan.

Keluarga pembesar kerajaan ini memperlakukan Nabi Yusuf dengan sangat baik dan Nabi Yusuf juga menjadi budak yang setia.

Bertahun-tahun berlalu, Nabi Yusuf sudah menjelma menjadi seorang pria yang rupawan dan bijaksana.

Rupa Nabi Yusuf yang sangat tampan ini membuat beliau dikagumi oleh Zulaikha, istri pembesar kerajaan Mesir.

Rasa kagumnya tesebut bahkan membuat Zulaikha tidak malu dan berusaha merayu Nabi Yusuf agar Nabi Yusuf mau menuruti hasratnya.

Namun, Nabi Yusuf menolak yang membuat Zulaikha menjadi geram. Zulaikha kemudian mengatur jamuan makan.

Jamuan makan tersebut dihadiri oleh undangan kebanyakan adalah wanita. Perihal ketampanan Nabi Yusuf, sudah menjadi hal yang ramai diperbincangkan.

Mereka sempat menggunjing satu sama lain terutama karena Zulaikha yang berusaha menggoda Nabi Yusuf.

Mendengar gunjingan tersebut, Zulaikha meminta para undangan agar memotong buah yang tersaji di hadapan mereka menggunakan pisau.

Saat itu Zulaikha memanggil Nabi Yusuf dan para undangan terperangah melihat ketampanan Nabi Yusuf sampa-sampai jari mereka terpotong.

3. Kisah Nabi Yusuf Dipenjara dan Menafsirkan Mimpi Raja Mesir

Kisah Nabi Yusuf Dipenjara dan Menafsirkan Mimpi Raja Mesir
image by: sindonews.com

Kisah Nabi Yusuf dan Zulaikha yang berusaha merayunya berakhir dengan dipenjaranya beliau meskipun beliau tidak melakukan kesalahan.

Beliau sendiri tidak keberatan dipenjara demi menghindari perhatian sekaligus dosa yang tidak diinginkan.

Atas kejahatan yang tidak dilakukan tersebut, Nabi Yusuf jadi harus mendekam di penjara selama beberapa tahun.

Di sisi lain, Raja Mesir malah melihat mimpi yang membuatnya merasa takut. Raja berusaha mencari arti mimpi ini.

Sayangnya, para pakar yang sudah sangat berpengalaman sekalipun gagal menafsirkan mimpi tersebut dengan baik.

Sementara itu, ada seorang pelayan yang memberitahu raja bahwasanya raja bisa meminta bantuan Nabi Yusuf yang saat itu masih dipenjara untuk mencari tahu arti mimpinya.

Raja kemudian mengutus seseorang untuk menceritakan perihal mimpi tersebut kepada Nabi Yusuf.

Nabi Yusuf memberikan tafsirnya, yaitu Mesir akan mengalami subur selama 7 tahun dan akan diikuti dengan masa kering selama 7 tahun juga.

Berdasarkan hal itu, Nabi Yusuf memberikan nasihat agar raja mempersiapkan tahun-tahun yang sulit dengan baik terutama dengan mengelola sumber daya yang sangat penting.

Nabi Yusuf juga menyampaikan bahwa setelah masa 14 tahun tersebut, Mesir akan kembali subur.

Raja yang mendengar arti mimpi tersebut merasa yakin dan mengakui pengetahuan Nabi Yusuf sekaligus memerintah agar Nabi Yusuf dibebaskan.

Akan tetapi, Nabi Yusug menolak dibebaskan kecuali jika nama beliau sudah dibersihkan.

Kisah Nabi Yusuf terus berlanjut dengan raja yang menyelidiki tuduhan yang dilayangkan kepada Nabi Yusuf. Hasilnya, Nabi Yusuf terbukti tidak bersalah dan terbongkarlah tipu daya Zulaikha.

4. Kisah Nabi Yusuf yang Menjadi Menteri Keuangan Negara dan Wakil Raja

Kisah Nabi Yusuf yang Menjadi Menteri Keuangan Negara dan Wakil Raja
image by: hitamputih.co.id

Interpretasi mimpi yang dilakukan oleh Nabi Yusuf selain membebaskan beliau dari penjara juga membuat beliau diangkat menjadi Menteri Keuangan Negara. Apa yang beliau tafsirkan dari mimpi raja juga menjadi kenyataan.

Penduduk juga diperintahkan untuk bercocok tanam dan bersiap menghadapi masa paceklik yang akan datang.

Raja yang juga mendengar banyak cerita mengenai Nabi Yusuf membuatnya ingin mengenal Nabi Yusuf lebih dekat.

Kebagusan akhlak, pengetahuan yang luas serta kecerdasan otak membuat Nabi Yusuf diangkat menjadi Wakil Raja Mesir.

Nabi Yusuf tidak menolak tawaran tersebut sehingga Nabi Yusuf memiliki kekuasaan penuh dalam hal keuangan dan juga bahan makanan.

Saat hari penobatan, Nabi Yusuf memakai pakaian kerajaan. Dan berkat kepiawaian Nabi Yusuf yang bijaksana, musim paceklik tidak membuat penduduk menderita. Penduduk bahkan bisa hidup dengan tentram serta tidak khawatir akan bahan makanan.

Hal ini membuat banyak orang yang berasal dari desa serta kota di pinggir Mesir berdatangan ke sana berharap mendapat pertolongan dari Nabi Yusuf. Di antara orang-orang tersebut bahkan ada saudara Nabi Yusuf, dan ini juga yang menjadi titik awal pertemuan kembali Nabi Yusuf dengan Nabi Ya’kub.

Nabi Yusuf yang menjadi pejabat negara ini juga pada akhirnya menjadi raja, menggantikan raja sebelumnya yang telah meninggal dunia.

Di masa ini, Nabi Yusuf kembali dipertemukan dengan Zulaikha yang kondisinya sudah miris.

Hal ini membuat Nabi Yusuf menjadi tidak tega dan beliau menyampaikan ajakan untuk menikah kepada wanita yang sudah pernah memfitnahnya tersebut.

Allah Swt juga memberikan izin dan mengabulkan keinginan Nabi Yusuf untuk menikahi Zulaikha.

Kisah Nabi Yusuf memberikan banyak sekali hikmah. Kisah beliau merupakan gambaran bahwasanya hidup di dunia tidak akan lepas dari ujian.

Nabi Yusuf juga mengajarkan sifat-sifat mulia termasuk salah satunya adalah menjaga hawa nafsu bahkan saat digoda oleh wanita. Wallahu a’lam bish showab.