4 Kisah Nabi Isa dalam Al Quran Singkat dan Lengkap

kisah nabi isa
image by: titikdua.net

Waktuku.com – Kisah Nabi Isa merupakan kisah seorang nabi yang penuh dengan mukjizat bahkan ketika beliau masih di dalam kandungan ibunya, Maryam.

Perjalanan hidup beliau sebagai seorang nabi pun dapat diteladani sebagai pembelajaran hidup yang sangat berarti.

Seperti apa kisah Nabi Isa lengkap? Artikel ini akan membahas secara lengkap perjalanan hidup sosok Nabi Isa, mukjizat, sikap yang patut diteladani, dan berbagai informasi lainnya. Pastikan untuk membaca artikel ini hingga akhir agar mengetahui cerita lengkap tentang Nabi Isa!

Mengenal Sosok Nabi Isa

Nabi Isa adalah putra dari Maryam yang saat itu mengandung dalam keadaan masih perawan dan tidak pernah disentuh oleh laki-laki mana pun.

Maryam sendiri merupakan anak perempuan dari Imran keturunan Bani Israil. Keluarga Imran memang merupakan keturunan dari Nabi Yakub.

Peristiwa kehamilan Maryam merupakan suatu mukjizat dari Allah SWT. Sejak dilahirkan pun Nabi Isa memiliki banyak sekali mukjizat. Apa mukjizat terbesar Nabi Isa? Berikut ini beberapa mukjizat yang dialami oleh Nabi Isa semasa kehidupannya, yaitu:

– Nabi Isa terlahir dari seorang ibu yang masih perawan.

– Nabi Isa terlahir tanpa seorang ayah.

– Nabi Isa bahkan sudah dapat berbicara saat masih bayi.

– Nabi Isa menurunkan makanan atau hidangan dari surga.

– Nabi Isa mampu menghidupkan burung dari sebuah patung tanah liat.

– Nabi Isa mampu menyembuhkan orang dengan penyakit kusta.

– Nabi Isa mampu mengetahui rahasia atau sesuatu yang disembunyikan darinya.

– Nabi Isa mampu menyembuhkan orang buta.

– Nabi Isa diangkat ke langit.

Semua mukjizat yang dialami oleh Nabi Isa tentu saja dapat dijadikan bukti kekuasaan dan kebesaran Allah SWT.

Semua mukjizat tersebut Nabi Isa gunakan untuk mengajak umatnya agar mengakui kebesaran Allah dan menyembah hanya kepada Allah SWT.

Kisah Nabi Isa dalam Al-Quran

Bagaimana kisah lengkap perjalanan hidup dari sosok Nabi Isa sejak kecil? Berikut ini kisah perjalanan hidup sejak lahir hingga diangkat ke langit yang dialami oleh Nabi Isa atas kuasa Allah SWT, yaitu:

1. Cerita Kehamilan Maryam dan Kelahiran Nabi Isa

Kelahiran Nabi Isa
image by: kabarmakkah.com

Pada suatu hari, Maryam mengasingkan diri untuk fokus beribadah kepada Allah SWT. Saat itulah, Allah mengutus Malaikat Jibril menemui Maryam. Malaikat Jibril memberikan kabar yang tidak disangka-sangka bahwa Maryam akan segera mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki.

Pada awalnya, Maryam tidak mempercayai kabar tersebut karena ia masih perawan, belum menikah, dan tidak pernah disentuh oleh laki-laki mana pun. Namun, pada akhirnya Maryam pun berserah diri dan menerima segala keputusan serta kehendak Allah SWT atas dirinya.

“Sungguh, aku berlindung kepada Tuhan Yang Maha Pengasih terhadapmu, jika engkau orang yang bertakwa”. (QS. Maryam: 18).

Atas kuasa Allah SWT, Maryam pun akhirnya mengandung. Hal tersebut tentu saja sempat mendapat penolakan dari masyarakat. Banyak orang yang mencemooh dan menghina Maryam.

Hingga akhirnya tiba saatnya Maryam untuk melahirkan. Ia pun melahirkan Nabi Isa di bawah sebuah pohon kurma. Setelah Nabi Isa lahir, Maryam pun membawanya ke tengah-tengah masyarakat dengan perasaan takut dan khawatir.

Ketika masyarakat melihat Maryam dan bayi yang digendongnya, mereka pun mencemooh dan menghina Maryam. Saat itu, atas kuasa Allah SWT suatu mujizat pun terjadi. Nabi Isa yang masih bayi mampu berbicara di depan banyak orang.

“Berkata Isa: “Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi.” (surat Maryam: 30).

Mukjizat ini terjadi juga sebagai bentuk perlindungan kepada Maryam agar terhindar dari fitnah masyarakat di sekitarnya.

2. Kisah Nabi Isa Ketika Melakukan Dakwah

Kisah Nabi Isa Ketika Melakukan Dakwah
image by: monitorday.com

Sejak kecil, Nabi Isa sudah mempelajari hukum Taurat dan memahaminya jauh lebih cepat daripada anak-anak lainnya. Nabi Isa bahkan sering melakukan tanya jawab dengan orang-orang Yahudi yang lebih tua tentang hukum Taurat.

Ketika beranjak dewasa, Malaikat Jibril yang diutus oleh Allah memberikan kabar bahwa Isa diangkat menjadi nabi dan akan menyambungkan ajaran dari nabi-nabi sebelumnya.

Nabi Isa diberikan tugas untuk melakukan dakwah kepada Bani Israil. Beliau pun mengajak Bani Israil agar kembali menyembah Allah SWT. Di dalam dakwah yang dijalaninya, Nabi Isa mengajarkan kitab Injil yang telah diajarkan Allah SWT kepadanya.

Selain itu, Allah SWT juga menurunkan banyak mukjizat kepada Nabi Isa sebagai bukti dan tanda kebesaran Allah. Harapannya mukjizat-mukjizat tersebut dapat membuat Bani Israil percaya kebesaran Allah dan kembali pada kebenaran ajaran Allah SWT.

Dan sebagai Rasul kepada Bani Israil (dia berkata), “Aku telah datang kepada kamu dengan sebuah tanda (mukjizat) dari Tuhanmu, yaitu aku membuatkan bagimu (sesuatu) dari tanah berbentuk seperti burung, lalu aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan izin Allah.

Dan aku menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahir dan orang yang berpenyakit kusta. Dan aku menghidupkan orang mati dengan izin Allah, dan aku beritahukan kepadamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu.

Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat suatu tanda (kebenaran kerasulanku) bagimu, jika kamu orang beriman (QS. Ali Imran: 49).

Meskipun Nabi Isa memiliki banyak pengikut, perjalanan dakwah Nabi Isa tentu saja tidak selalu berjalan mulus.

Banyak orang yang menolak kehadirannya bahkan mengusir Nabi Isa. Tidak hanya itu, Nabi Isa juga memperoleh cemooh dan penghinaan dari banyak orang.

Banyak juga orang yang tidak percaya dan menentang ajaran yang disampaikan oleh Nabi Isa. Awalnya mereka merasa iri atas mukjizat yang dapat dilakukan oleh Nabi Isa. Namun, seiring berjalannya waktu, mereka juga sangat membenci Nabi Isa.

Orang-orang yang membenci Nabi Isa bahkan membuat rencana pembunuhan terhadapnya.

3. Peristiwa Penghianatan yang Dialami Nabi Isa

Nabi Isa
image by: sindonews

Ketika banyak orang ingin membunuh Nabi Isa, muncullah sebuah pengkhianatan dari pengikut Nabi Isa sendiri. Penghianat tersebut bernama Yahuda Iskariot yang dengan sikapnya mengimani ajaran Nabi Isa, tetapi hatinya tidak mengimaninya.

Ia pun memberi informasi tentang tempat persembunyian Nabi Isa kepada orang-orang yang ingin membunuhnya. Pada akhirnya, orang-orang yang ingin membunuh Nabi Isa datang ke lokasi yang disebutkan tersebut.

4. Kisah Nabi Isa Selamat dari Pembunuhan dan Naik ke Langit

Kisah Nabi Isa Selamat dari Pembunuhan
image by: https://i.ytimg.com/vi/3r6Tbr0BOeQ/maxresdefault.jpg

Allah SWT pun menyelamatkan Nabi Isa dari orang-orang yang ingin membunuhnya. Nabi Isa akhirnya diangkat ke langit atas kuasa Allah SWT. Sementara itu orang-orang yang ingin membunuh Nabi Isa akhirnya menangkap seseorang yang wujudnya diserupakan dengan Nabi Isa.

Pada akhirnya orang-orang menyalibkan dan membunuh orang yang diserupakan dengan Nabi Isa. Peristiwa tentang Nabi Isa yang selamat dari pembunuhan dan diangkat naik ke langit dikisahkan dalam QS. An-Nisa: 157-159, yaitu:

“dan (Kami hukum juga) karena ucapan mereka, “Sesungguhnya kami telah membunuh Al-Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah, padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh adalah) orang yang diserupakan dengan Isa. Sesungguhnya mereka yang berselisih pendapat tentang (pembunuhan) Isa, selalu dalam keragu-raguan tentang siapa yang dibunuh.

Mereka benar-benar tidak tahu (siapa sebenarnya yang dibunuh), melainkan mengikuti persangkaan belaka, jadi mereka tidak yakin telah membunuhnya, tetapi Allah telah mengangkat Isa kehadirat-Nya.

Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana. Tidak ada seorang pun di antara Ahli Kitab yang tidak beriman kepadanya (Isa) menjelang kematiannya. Dan pada hari Kiamat dia (Isa) akan menjadi saksi atas mereka.

Setelah selamat dari pembunuhan, Nabi Isa pun diangkat ke langit atas kuasa Allah SWT. Kelak ketika hari kiamat dan waktunya sudah tiba, Nabi Isa akan kembali ke bumi.

Sikap Teladan dan Penuh Inspirasi dari Nabi Isa

Setelah mengetahui perjalanan hidup Nabi Isa, tentu saja banyak sekali sikap teladan Nabi Isa yang dapat diteladani dan menjadi inspirasi. Apa saja pesan atau pembelajaran hidup yang dapat diambil dari kisah Nabi Isa?

Berikut ini beberapa pesan dan pembelajaran hidup dari perjalanan kehidupan Nabi Isa yang dapat dijadikan sebagai teladan, yaitu:

– Penuh kesabaran dan perjuangan dalam menyebarkan kebenaran.

– Gigih dalam memperjuangkan agama Allah SWT.

– Menerima segala ketetapan Allah SWT atas dirinya.

– Tidak memiliki dendam kepada orang-orang yang membenci bahkan ingin membunuhnya.

– Tulus hati menolong dan membantu orang lain yang sedang kesusahan.

Setiap kisah nabi pastinya memiliki pesan tersendiri yang patut menjadi teladan bagi setiap orang yang membacanya. Pesan moral yang dalam juga terdapat dalam perjalanan kehidupan Nabi Isa.

Kisah Nabi Isa sejak lahir, perjalanannya berdakwah, beragam mukjizat, hingga kenaikannya ke langit merupakan tanda kebesaran Allah SWT.

Berdasarkan kisah tersebut banyak sekali pembelajaran hidup yang bisa dijadikan teladan bagi setiap orang untuk menjalani kehidupan di masa kini.