2 Kisah Nabi Ayub yang Penuh Kesabaran Menerima Takdir Allah SWT

Kisah Nabi Ayub
image by: https://i.ytimg.com/vi/0pqdgGSeHco/maxresdefault.jpg

Waktuku.com – Kisah Nabi Ayub merupakan salah satu kisah nabi yang banyak mengajari tentang arti kesabaran.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan cerita perjalanan Nabi Ayub sering diceritakan kepada semua kalangan, termasuk anak-anak.

Seperti apa kisah Nabi Ayub lengkap dari lahir hingga wafat? Apa saja pesan moral yang bisa diperoleh dari perjalanan hidup Nabi Ayub? Simak langsung informasi tentang cerita lengkap Nabi Ayub dengan membaca artikel di bawah ini!

Mengenal Sosok Nabi Ayub

Siapakah sosok Nabi Ayub? Nabi Ayub merupakan salah satu nabi utusan Allah yang hidup pada tahun 1420 – 1540 SM.

Istri Nabi Ayub bernama Rahma binti Afraim bin Yusuf bin Yaqub. Beliau juga dikaruniai beberapa anak oleh Allah SWT.

Sebelum menerima ujian kesabaran dari Allah, Nabi Ayub merupakan sosok dengan wajah rupawan dan badan yang sehat.

Selain itu, beliau juga memiliki harta yang melimpah, berupa tanah, uang, ternak, kebun, bangunan, dan lain sebagainya.

Kekayaan yang dimilikinya membuat Nabi Ayub sangat bersyukur kepada Allah SWT. Beliau juga sering memberikan bantuan dan menolong sesama yang membutuhkan, seperti anak yatim, fakir miskin, duafa, janda, dan orang-orang dalam perjalanan.

Nabi Ayub diutus oleh Allah SWT untuk melakukan dakwah kepada penduduk di daerah Huran agar mengikuti ajaran dan menyembah Allah. Selama perjalanan hidup dan dakwah yang dijalaninya, beliau memiliki beberapa mukjizat, yaitu:

– Memiliki kesabaran yang luar biasa dalam menghadapi ujian hidup.

– Mampu mengeluarkan air yang dapat menyembuhkan penyakit.

Mukjizat yang dimiliki Nabi Ayub tentu saja merupakan tanda kebesaran dari Allah SWT. Harapannya dengan menyaksikan mukjizat tersebut, umat Nabi Ayub percaya akan kuasa Allah SWT dan menyembah-Nya.

Kumpulan Teladan Kisah Nabi Ayub

Bagaimana cerita tentang kehidupan Nabi Ayub selama kehidupannya? Berikut ini beberapa cerita perjalanan yang dialami oleh Nabi Ayub sejak lahir hingga meninggal dunia, yaitu:

1. Peristiwa Rangkaian Ujian yang Dialami Nabi Ayub

nabi ayub
image by: sindonews

Nabi Ayub menjalani kehidupan dengan banyak limpahan nikmat dari Allah SWT. Beliau pun selalu bersyukur dan tidak lupa membantu orang lain yang membutuhkan.

Meskipun beliau adalah hamba yang taat dan setia, Nabi Ayub juga tidak terlepas dari ujian kehidupan yang diberikan oleh Allah SWT.

Pada suatu hari, Allah SWT memberikan rangkaian ujian kehidupan kepada Nabi Ayub. Allah SWT mengambil seluruh kenikmatan berlimpah yang ada pada Nabi Ayub. Nabi Ayub mendapat cobaan terkena sebuah penyakit.

Penyakit apa yang pernah menimpa Nabi Ayub? Nabi Ayub menderita penyakit kulit yang menyerang sekujur tubuhnya.

Badan Nabi Ayub yang sebelumnya rupawan dan sehat, kini menjadi penuh dengan penyakit kulit. Penyakit ini membuat beliau sangat lemah hingga tidak sanggup berjalan sendiri.

Tidak hanya cobaan berupa penyakit yang diderita oleh Nabi Ayub, beliau juga harus kehilangan anak-anaknya. Semua anak-anak yang sangat dicintai Nabi Ayub akhirnya meninggal dunia.

Selain itu, semua harta yang dimiliki oleh Nabi Ayub juga habis. Semua ternak yang beliau punya mati terserang penyakit.

Begitu pula dengan kebun-kebun yang ia miliki hilang dan lenyap karena kekeringan dan hama penyakit yang menyerang.

Nabi Ayub pun dijauhi dan diusir oleh orang-orang di sekitarnya. Tidak ada yang mau mendekati beliau karena penyakit yang dideritanya.

Kini tinggallah istri dan beberapa sahabat beliau yang setia menemaninya ketika sedang ditimpa ujian berat dari Allah SWT.

Semua ujian dan cobaan berat itu dialami Nabi Ayub selama bertahun-tahun lamanya. Lalu, bagaimana sikap Nabi Ayub ketika menjalani ujian dari Allah SWT?

Nabi Ayub sebagai hamba Allah yang setia menjalani semua ujian itu dengan penuh kesabaran dan berserah diri ke Allah SWT.

Istri Nabi Ayub menyarankan beliau agar meminta pertolongan kepada Allah SWT. Namun, Nabi Ayub mengatakan bahwa limpahan nikmat yang selama ini ia peroleh dari Allah belum sebanding dengan ujian cobaan yang kini beliau alami.

2. Kisah Nabi Ayub yang Diberi Pertolongan Allah SWT

Kisah Nabi Ayub Singkat
image by: akurat.co

Penyakit Nabi Ayub pun lambat tahun terus bertambah parah. Pada akhirnya, dengan penuh ketulusan Nabi Ayub meminta pertolongan dari Allah SWT.

Kesabaran dan sikap setia yang ditunjukkan Nabi Ayub selama ujian hidupnya membuat Allah memberikan pertolongan serta jalan keluar.

“Ingatlah ketika Ayyub menyeru kepada Tuhan-nya:” Ya Tuhanku, aku dapat penyakit dan cobaan yang disebabkan oleh syaitan” (QS. Shaad ayat 41).

Allah SWT memberikan kesembuhan kepada Nabi Ayub dan mengangkat penyakit yang dideritanya selama bertahun-tahun.

Allah SWT memerintahkan Nabi Ayub agar menghentakkan kaki beliau di atas tanah. Beberapa saat kemudian, atas kehendak Allah keluarlah air dari bekas hentakan kaki Nabi Ayub.

Allah meminta Nabi Ayub untuk meminum air dan mandi dari sumber mata air tersebut. Atas kekuasaan dan kebesaran Allah, Nabi Ayub pun segera sembuh dan kembali pada keadaan semula seperti tidak pernah terkena penyakit apapun.

Kejadian tersebut ada di dalam Al-Quran Surah Shaad Ayat 42, yaitu:

“Hentakkanlah (injaklah dengan keras) kakimu ke atas bumi, niscaya terbit di sana mata air yang sejut, maka mandi dan minumlah, lalu sembuhlah penyakitnya”.

Istrinya yang melihat keadaan Nabi Ayub awalnya merasa sangat heran dan tidak percaya dengan keadaan tersebut.

Pada akhirnya, Nabi Ayub dan istrinya tidak henti-hentinya mengucapkan syukur atas pertolongan yang diberikan oleh Allah SWT.

Pertolongan Allah tidak hanya sampai disitu saja, Allah juga melimpahkan harta kekayaan yang berlimpah kepada Nabi Ayub melalui berbagai cara. Allah pun memberi karunia berupa keturunan kepada Nabi Ayub dan istrinya.

Kejadian tersebut ada di dalam Al-Quran Surah Shaad Ayat 43, yaitu:

“Dan Kami anugerahi dia (dengan mengumpulkan kembali) keluarganya dan Kami melipatgandakan jumlah mereka, sebagai rahmat dari Kami dan pelajaran bagi orang-orang yang berpikiran sehat.”

Kisah Nabi Ayub mulai dari awal mengalami ujian hingga akhirnya dapat pertolongan Allah merupakan bukti nyata untuk masyarakat di zaman itu bahwa Allah memang Maha Kuasa atas kehidupan manusia.

Setelah mengalami berbagai ujian kehidupan, Nabi Ayub tetap menjalankan dakwahnya. Selain itu, beliau juga tetap taat beribadah kepada Allah SWT. Nabi Ayub juga tetap rutin melakukan sedekah dan membantu banyak orang yang sedang mengalami kesusahan.

Kisah Nabi Ayub dan Hikmahnya

Kisah Nabi Ayub dan Hikmahnya
image by: iainsurakarta.ac.id

Kisah para nabi pastinya memberikan pembelajaran hidup yang berarti untuk setiap orang. Lalu, apa yang bisa dipetik dari kisah Nabi Ayub?

Berikut ini pesan moral yang dapat diperoleh setelah mengetahui cerita lengkap tentang kehidupan Nabi Ayub, yaitu:

– Bersyukur atas segala nikmat dan rezeki yang Allah berikan.

– Tulus hati membantu orang lain yang kesulitan dan butuh pertolongan.

– Rutin melakukan sedekah atas harta yang dimiliki.

– Menyadari bahwa semua yang dimiliki sekarang hanyalah titipan Allah SWT.

– Menerima ujian atau cobaan hidup yang diberikan oleh Allah SWT.

– Ikhlas menerima ketetapan dan takdir Allah SWT.

– Selalu memiliki prasangka yang baik kepada Allah SWT.

– Berserah diri dan pasrah kepada rencana Allah SWT.

– Selalu menepati janji atau sumpah yang sudah dibuat.

– Berusaha dan tidak putus asa dalam mengingatkan orang lain akan kebenaran.

– Sabar dalam menghadapi ujian hidup yang sedang dialami.

– Harus yakin di setiap kesusahan atau ujian hidup pasti ada hikmahnya.

Kisah Nabi Ayub yang menjalani kehidupannya dengan penuh kesabaran pastinya memberikan teladan baik.

Sudah sepantasnya kisah ini diceritakan kepada siapa saja, termasuk anak-anak agar mereka bisa meneladani sosok Nabi Ayub.