4 Doa Nabi Yusuf Lengkap dengan Arti dan Manfaatnya

doa nabi yusuf
image by: dalamislam.com

Waktuku.com – Doa Nabi Yusuf bisa menjadi bacaan yang dipanjatkan dan diamalkan sehari-hari. Doa ini juga dapat dibaca ketika mengalami musibah atau kesulitan.

Di antara ke-25 nabi, Nabi Yusuf merupakan salah satu yang penting untuk kita ketahui kisahnya. Jika membaca kisah Nabi Yusuf, maka kita akan menemukan bahwa sang nabi mengalami berbagai ujian dan cobaan yang datang silih berganti.

Meski begitu, Nabi Yusuf tetap sabar dan berdoa kepada Allah SWT dalam melewati ujian tersebut. Nah, doa-doa yang dipanjatkan oleh Nabi Yusuf tersebut bisa kita pelajari dan amalkan juga dalam kehidupan.

Lantas, apa saja doa Nabi Yusuf tersebut? Yuk, simak bacaan doa beserta artinya lewat pembahasan berikut ini.

4 Doa Nabi Yusuf

1. Doa Nabi Yusuf Ketika Diuji

Doa Nabi Yusuf Ketika Diuji
image by: kaltim.tribunnews.com

Doa pertama aadalah doa Nabi Yusuf yang dibaca ketika dirinya mengalami ujian berupa godaan dari istri orang yang mengasuhnya. Saat itu, wanita tersebut memaksa Nabi Yusuf untuk bersetubuh.

Nabi Yusuf pun berusaha keras untuk menolak karena ia tidak mau terjerumus kepada godaan tersebut. Salah satunya adalah dengan memanjatkan doa kepada Allah SWT agar dijauhkan dari godaan setan maupun godaan hawa nafsunya. Berikut doa yang dipanjatkan:

Rabbis sijnu ahabbu ilayya mimma yadh’unani ilaihi. Wa illa tashrif anni kaidahunna ashbu ilaihinna wa akun minal jahilin.

Artinya: “Ya Tuhanku, penjara lebih aku senangi daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan aku dari tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh.”

Bacaan doa tersebutlah yang menyelamatkan Nabi Yusuf dari godaan setan dan fitnah dari wanita yang mengajaknya melakukan maksiat saat itu.

Doa Nabi Yusuf ini dapat digunakan untuk menghindari cobaan dan agar tidak kalah dari hawa nafsu.

2. Doa Nabi Yusuf Agar Dicintai

Doa Nabi Yusuf Agar Dicintai
image by: haibunda.com

Doa Nabi Yusuf yang satu ini bisa dibaca agar Allah SWT mengizinkan kita mendapatkan wajah yang menawan dan mampu membuat siapapun yang melihat akan mudah menyukai.

Tak hanya itu, doa ini juga bisa dibaca untuk memohon agar diberikan aura yang positif sehingga menambah rasa kasih sayang dari orang lain. Doa yang bisa dibaca adalah seperti di bawah ini:

Allaahumma ‘alnii nuuru yusufa ala wajhii fa man ro aanii yuhibbunii mahabbatan.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah Nur cahaya Nabi Yusuf pada wajahku, dan bagi siapa yang melihat akan menjadi kagum dan memiliki rasa cinta kasih kepadaku.

3. Doa Nabi Yusuf saat Bercermin

Doa ini dapat dibaca saat kita sedang bercermin sebagai doa agar Allah berkenan memberikan rupa serta akhlak yang terbaik.

Doa yang satu ini juga menjadi bacaan yang umum saat seorang muslim mematut diri di depan cermin. Lantas seperti apa doanya? Berikut ini bacaannya:

Allahumma kamaa hassanta khalqii fa hassin khuliqi.

Artinya: “Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku.”

4. Doa Pengasih Nabi Yusuf

Doa yang selanjutnya diabadikan dalam surat Yusuf ayat 4. Bacaan ini bisa dijadikan amalan sebagai doa pengasih. Lafaz doanya adalah seperti di bawah ini:

Iz qaala yusufu li ‘abiihi yaa abati innii ra ‘aitu ahada ‘asyara kaukabaw wasy-syamsa wal qamara ra’aituhum lii saajidiin.

Artinya: “(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, ‘Wahai ayahku! Sungguh, aku (bermimpi) melihat sebelas bintang, matahari dan bulan, kulihat semuanya sujud kepadaku.” (Q.S Yusuf: 4).

Manfaat Doa Nabi Yusuf

Deretan doa Nabi Yusuf tersebut tentunya memiliki manfaat dan keutamaan yang akan dirasakan jika membacanya dengan sungguh-sungguh.

Ketika berdoa memohon sesuatu kepada Allah SWT, seseorang tentu harus bersungguh-sungguh dan berpasrah diri agar mendapat manfaat dari doa yang dipanjatkan.

Berikut ini adalah sederet manfaat yang bisa didapatkan dari membaca doa Nabi Yusuf secara sungguh-sungguh:

1. Mendapat Kekuatan Saat Menghadapi Ujian

Mendapat Kekuatan Saat Menghadapi Ujian
image by: kubikleadership.com

Setiap manusia tentu memiliki ujiannya masing-masing untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan yang dimilikinya. Bukan hanya kita sebagai manusia biasa, para mani dan rasul pun memiliki ujiannya sendiri.

Setiap ujian yang diterima pun berbeda kadarnya tergantung kapasitas dan kemampuan yang dimiliki oleh orang tersebut. Meski ujian yang diberikan disesuaikan dengan kemampuan, namun sebagai manusia tentu kita tetap membutuhkan pertolongan dari Allah SWT.

Seorang mukmin meminta pertolongan kepada Allah SWT lewat doa yang dipanjatkan. Begitu juga dengan membaca doa Nabi Yusuf di atas, diharapkan dapat memberikan kekuatan di kala sedang menghadapi ujian yang melanda.

2. Menghindarkan dari Musibah

Menghindarkan dari Musibah
image by: hipwee.com

Selain ujian, hal lain yang tak terlepas dari kehidupan manusia selama di dunia adalah mengalami musibah.

Contohnya dalam kisah Nabi Yusuf adalah ketika dirinya dimusuhi oleh para saudaranya hingga mendapatkan fitnah dari wanita yang mengajaknya bermaksiat.

Musibah pun bisa datang kapan saja dan dengan berbagai bentuk. Namun, kita dapat memohon kepada Allah SWT dengan memanjatkan doa agar dihindarkan dari musibah.

Doa yang dibaca pun bisa doa apa saja, termasuk deretan doa dari Nabi Yusuf di atas.

3. Mendapat Kekuatan Mengendalikan Hawa Nafsu

Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan adalah kekuatan untuk mengendalikan hawa nafsu. Di antara doa-doa di atas, ada doa yang dibaca oleh Nabi Yusuf saat ia mengalami cobaan berupa godaan dari seorang wanita.

Sebagai seorang lelaki, godaan tersebut membangkitkan hawa nafsunya. Namun, ia berusaha untuk tidak kalah dan memilih berdoa meminta pertolongan kepada Allah SWT agar dapat mengendalikan hawa nafsunya.

Oleh karena itulah, doa ini atas izin Allah SWT akan memberikan manfaat agar kita dapat lebih mengendalikan hawa nafsu dan mengalahkan godaan dari setan.

4. Memberikan Aura yang Bercahaya

Doa di atas juga dapat membantu agar kita bisa memiliki aura yang positif dan bercahaya, sehingga akan lebih mudah membuat orang lain menyukai kita dan ingin berteman atau dekat dengan kita.

Aura yang bercahaya sama pentingnya dengan paras wajah yang rupawan. Dengan memiliki aura yang bercahaya, maka seseorang bisa terlihat lebih berkharisma.

Seseorang yang memiliki paras rupawan namun memancarkan aura yang kurang positif, kemungkinan besar akan membuat orang lain yang berada di sekitarnya atau orang yang berinteraksi dengannya kurang nyaman.

Jadi, selain penampilan yang tampan atau cantik, aura seseorang juga menjadi bagian yang penting.

5. Membuat Hubungan Suami Istri Menjadi Lebih Rekat

Selain menguatkan diri menghadapi ujian hingga memberikan aura yang bercahaya, manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan adalah merekatkan hubungan antara suami dan istri.

Hubungan suami dan istri tentu memiliki pasang surut dan tidak selamanya harmonis. Terkadang, hubungan tersebut bisa saja renggang karena satu dan lain hal.

Selain dengan berusaha merekatkan kembali hubungan tersebut dengan ikhtiar, cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan memanjatkan doa.

Doa yang telah dijelaskan di atas juga bisa dibaca untuk memohon kepada Allah SWT agar kembali direkatkan hubungan antara suami dan istri.