4 Doa Nabi Sulaiman Lengkap dengan Artinya, Mengandung Banyak Keutamaan

Doa Nabi Sulaiman
image by: gencil.news

Waktuku.com – Sudah tahu tentang doa Nabi Sulaiman? Doa yang dipanjatkan oleh Nabi Sulaiman diabadikan di dalam Al Quran.

Doa-doa tersebut menjadi contoh bagi umat Islam sekaligus memiliki keutamaan dan hikmah yang bisa diambil. Tak hanya doa yang dipanjatkannya, kisah Nabi Sulaiman pun tertulis di dalam kitab suci agar menjadi pelajaran.

Ada beberapa doa dari nabi yang memiliki kerajaan besar tersebut, yang bisa diamalkan sehari-hari oleh umat Islam. Lantas, apa saja doa Nabi Sulaiman tersebut? Yuk, simak lewat pembahasan berikut ini.

4 Doa Nabi Sulaiman

Ada setidaknya 4 doa Nabi Sulaiman yang bisa dibaca dan diamalkan oleh umat Islam dalam keseharian mereka. Berikut ini keempat jenis doa tersebut.

1. Doa Nabi Sulaiman Soal Bersyukur

Doa Nabi Sulaiman Soal Bersyukur
image by: detik.com

Doa yang pertama adalah mengenai doa bersyukur. Bersyukur menjadi salah satu hal yang sudah sepatutnya kita lakukan selama hidup di dunia.

Namun, bersyukur memang tak selalu mudah untuk dilakukan oleh manusia. Hal itu karena sifat manusia yang penuh dengan keterbatasan.

Agar selalu dipermudah untuk mensyukuri berbagai hal dalam hidup, salah satu caranya adalah dengan berdoa memohon kepada Allah SWT. Doa Nabi Sulaiman yang satu ini bisa diamalkan agar kita senantiasa mudah dalam bersyukur.

Rabbi awzi’nii an asykura ni’mataka allatii an’amta ‘alayya wa’alaa waalidayya wa-an a’mala shaalihan tardaahu wa adkhilnii birahmatika fii ‘ibaadikash shaalihiina.

Artinya: “Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai, dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hambaMu yang saleh,” (QS An-Naml: 19)

2. Doa Nabi Sulaiman Untuk Kelancaran Rezeki dan Kekayaan

Doa Nabi Sulaiman Untuk Kelancaran Rezeki dan Kekayaan
image by: ayojakarta.com

Rezeki yang lancar dan kekayaan tentu menjadi harapan bagi setiap manusia. Kedua hal tersebut tidak hanya bergantung atas usaha manusia itu sendiri, namun juga bergantung pada kehendak Allah SWT.

Oleh karena itulah penting untuk kita memohon dengan doa agar Allah SWT selalu melancarkan rezeki selama di dunia. Tak ada salahnya pula untuk meminta diberikan kekayaan dan berkah hidup di dunia. Doa yang dapat dibaca adalah sebagai berikut:

Qaala rabbighfirlii wahablii mulkan laa yanbaghii li ahadin min ba’dii innaka antal wahhab.

Artinya: Yaa Rabku, ampuni segala dosaku dan beri kepadaku kerajaan yang tidak akan bisa dimiliki oleh seorang pun setelahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.

3. Doa Nabi Sulaiman Untuk Menjinakkan Hewan

Salah satu mukjizat yang dimiliki Nabi Sulaiman dan banyak diketahui oleh umat Islam adalah kelebihannya yang bisa berbicara dengan hewan dan memerintah mereka.

Ada satu doa Nabi Sulaiman yang bisa dibaca untuk menjinakkan hewan atau melindungi diri dari bahaya yang mengancam. Bacaan doa tersebut adalah seperti di bawah ini:

Bismillahirrahmanirrahim, allaa ta’luu alayya wa’tuunii muslimin.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Bahwa janganlah kamu berlaku sombong kepadaku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri.”

4. Doa Nabi Sulaiman Untuk Mengusir Jin

Mukjizat Nabi Sulaiman lainnya yang tidak kalah terkenal selain berbicara dengan hewan adalah kemampuannya berkomunikasi dengan bangsa jin.

Terdapat sebuah doa Nabi Sulaiman yang bisa dibaca untuk mengusir jin hingga membantu orang yang kerasukan jin. Bacaannya adalah sebagai berikut:

Allahumma adkhilna fi suri sulaimana wa mulki sulaimana minal masyriqi ilal maghrib bi dzatihi wa shifatihi wa af’alihi wa quwwatihi.

Yaa robba jibrila wa mikaila wa isrofila wa ‘azroila, wa mulku sulaimana minal masyriqi ilal maghribi, jinnan wa insan wa rihan wa ghamaman, tasliman katsiran. Wasubhanahu wa ta’ala jalla jalaluhu wa kamaluhu ‘aliman.

Yaa iblis.. (3x) wasy syayathinu sakinan fizhulumati.

Robbana taqobbal minna du’a sulaimana, wa shallallahu ‘ala sulaimana wa ‘ala sairil anbiyai birohmatika ya arhamar rohimin.

Artinya: “Ya Allah, masukkan kami dalam kawalan lingkungan Nabi Sulaiman, dan Nabi Sulaiman telah memiliki daripada timur dan barat dengan kebolehan anugerah Allah, sifat, perbuatan-perbuatan dan juga kekuatannya.

Selamat sejahterakanlah kami wahai Tuhan Jibril, Mikail, Israfil dan Izrail. Telah menguasai Nabi Sulaiman dari timur dan barat, jin, manusia, angin dan awan, beserta keselamatan yang banyak.

Maha Suci Allah Ta’ala yang Maha Mulia, kemuliaan dan kesempurnaan-Nya, ketahuilah oleh kamu wahai iblis, wahai iblis, setan-setan tinggal dalam kegelapan.

Wahai Tuhan kami, terimalah dari pada kami doa Nabi Sulaiman dan semoga rahmat Allah atas Nabi Sulaiman, juga para nabi dengan rahmat-Mu, ya Allah yang Maha Pengasih dari semua yang mengasihi.”

Untuk mengusir jin dari tubuh orang yang sedang kerasukan, doa ini dianjurkan dibaca dengan baik dan benar di telinga kanan orang yang sedang kerasukan tersebut.

Bacalah doa ini sambil menekan kedua jempol kakinya. Dengan izin Allah SWT, jin yang merasuki akan keluar tanpa menyakiti orang tersebut.

Keutamaan Doa Nabi Sulaiman

Pada setiap doa yang diajarkan oleh para nabi tentu memiliki keutamaannya masing-masing. Begitu pula dengan doa-doa Nabi Sulaiman di atas.

Lantas, apa saja keutamaan dari doa-doa tersebut? Yuk, cari tahu.

1. Membuat Lebih Mensyukuri Nikmat Allah SWT

Membuat Lebih Mensyukuri Nikmat Allah SWT
image by: bola.com

Nabi Sulaiman mengajarkan kepada umatnya agar selalu bersyukur atas semua nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT selama hidup.

Bersyukur dilakukan untuk berterima kasih kepada Allah SWT, sekaligus mengingatkan diri bahwa semua yang dimiliki di dunia hanyalah titipan.

Tugas manusia selama di dunia hanyalah berusaha semaksimal mungkin. Sementara hasilnya diserahkan kepada Allah SWT.

2. Lebih Menghargai Makhluk Ciptaan Allah SWT

Lebih Menghargai Makhluk Ciptaan Allah SWT
image by: catlovers.id

Sebagai sang Maha Pencipta, ada banyak sekai hasil ciptaan Allah SWT yang bisa ditemukan di dunia. Makhluk ciptaan Allah SWT saja terdapat berbagai jenis, mulai dari manusia, hewan, tumbuhan, malaikat, hingga bangsa jin dan setan.

Semuanya adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang memiliki tugas masing-masing dan mempunyai sifat berbeda satu sama lain.

Nabi Sulaiman pun mengajarkan kepada umatnya untuk selalu menghargai setiap makhluk ciptaan Allah dan jangan sampai menjadi manusia yang berbuat semena-mena.

3. Memahami Lebih Jauh Arti Usaha

Nabi Sulaiman diketahui memiliki kerajaan sekaligus kekayaan yang melimpah. Meski kelihatannya hal tersebut mudah didapatkan, namun sang nabi sebenarnya juga mendapatkan ujian dan kesulitannya sendiri sebelum emmperoleh kekayaan tersebut.

Salah satu tantangan dan ujian yang dimiliki oleh Nabi Sulaiman adalah amanahnya untuk menyebarkan agama Allah SWT di muka bumi.

Selain itu meskipun menjadi seorang nabi, Nabi Sulaiman tidak lantas berpangku tangan dan hanya tinggal meminta kekayaan dari Allah SWT. Ia pun melakukan ikhtiar dan memiliki berbagai sifat yang patut diteladani.

Nah, seperti itulah kumpulan doa Nabi Sulaiman yang bisa diamalkan pada kehidupan sehari-hari umat Islam. Selain itu, ada banyak hikmah dan keutamaan yang tersimpan dalam tiap doa yang diajarkan Nabi Sulaiman.