5 Doa Nabi Musa yang Bermanfaat dan Permudah Urusan

Doa nabi musa
image by: detik.com

Waktuku.com – Doa Nabi Musa diabadikan dalam Al Quran dan dapat dihafalkan untuk kemudian diamalkan dalam keseharian.

Nabi Musa sendiri termasuk ke dalam Ulul Azmi, yakni utusan Allah SWT yang memiliki kesabaran dan ketabahan yang luar biasa.

Kisah Nabi Musa berdakwah menghadapi Firaun yang keji banyak mengandung hikmah dan teladan bagi kita para umat Islam.

Dalam menjalankan dakwahnya, Nabi Musa menghadapi begitu banyak cobaan dan rintangan. Ia pun berusaha melewatinya dengan berdoa meminta pertolongan kepada Allah SWT.

Di antara doa-doa yang dipanjatkan Nabi Musa, kita juga bisa membaca doa itu untuk menghadapi berbagai masalah yang terjadi dalam hidup.

Untuk kamu yang ingin mengetahui dan mengamalkan doa Nabi Musa, berikut ini 5 bacaannya beserta arti dan manfaatnya.

5 Doa Nabi Musa Beserta Artinya

1. Doa Nabi Musa untuk Memohon Ampunan

Doa Nabi Musa untuk Memohon Ampunan
image by: harianberkat.com

Sebagai seorang manusia, tentu ada banyak kesalahan dan dosa yang telah dilakukan. Kesalahan dan dosa itu bisa dilakukan secara sadar ataupun tidak. Untuk itu, penting agar kita senantiasa meminta ampunan kepada sang Maha Pengampun.

Saat berdoa memohon ampunan, doa Nabi Musa berikut ini bisa menjadi pilihan untuk dibaca. Lafaz bacaannya adalah sebagai berikut:

Robbi innii zholamatu nafsii faghfir lii fa ghofarolah, innahuu huwal ghofuurur rohiim.

Artinya: “Ya Tuhanku sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri karena itu ampunilah aku. Maka Allah mengampuninya, sesungguhnya Allah Dialah Yang Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang” (QS. Al-Qashash: 16).

Doa ini dilafalkan oleh Nabi Musa saat ia tidak sengaja membunuh. Kala itu, Nabi Musa dikisahkan bertemu dengan dua orang dari Bani Israil dan dari bangsa Firaun. Kedua orang tersebut sedang bertengkar satu sama lain.

Orang yang berasal dari Bani Israil pun lalu menghampiri Nabi Musa dan meminta bantuannya. Nabi Musa pun memutuskan untuk membantu orang Bani Israil tersebut dan meninju orang dari bangsa Firaun tadi.

Akan tetapi, ternyata pukulannya itu membuat orang bangsa Firaun tersebut meninggal dunia. Karena itu lah Nabi Musa menjadi penuh penyesalan dan tanpa henti memohon ampun kepada Allah SWT dengan membaca doa di atas.

2. Doa Nabi Musa untuk Kemudahan Urusan dan Ucapan

Doa Nabi Musa untuk Kemudahan Urusan dan Ucapan
image by: detik.com

Doa yang satu ini sering dianjurkan untuk dibaca dalam berbagai kesempatan. Hal itu karena di dalam doa ini, terdapat permohonan agar dilancarkan urusan yang sedang dilakukan dan dimudahkan dalam berucap.

Doa ini bisa diamalkan saat kamu hendak menjadi pembicara, agar kata-kata yang dikeluarkan bersifat baik dan membawa manfaat serta keuntungan bagi diri sendiri dan orang yang mendengarkan.

Selain itu, doa ini juga bisa dibaca setelah melakukan shalat, baik shalat wajib ataupun shalat sunnah. Lantas bagaimana bacaan doanya? Berikut ini bacaan beserta artinya:

Robbis rohlii shodrii wa yassirlii amrii, wahlul uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii.

Artinya: “Ya Rabbku, lapangkanah untukku dadaku dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku supaya mereka mengerti perkataanku” (QS Thoha: 25-28).

Nabi Musa melafalkan doa ini setelah Firaun menantangnya untuk memakan bara api. Saat itu, Nabi Musa takut dan khawatir setelah memakan bara api ia tak bisa lagi berdakwah dengan baik, lantaran lidahnya terluka karena bara api itu.

Oleh karena itulah Nabi Musa kemudian membaca doa ini. Selanjutnya atas izin Allah SWT, Nabi Musa tetap bisa berdakwah. Diutus pula Nabi Harun untuk membantu Nabi Musa berdakwah menyebarkan ajaran tauhid.

3. Doa Nabi Musa Agar Terhindar dari Fitnah

Doa Nabi Musa selanjutnya dapat dibaca untuk memohon perlindungan dari fitnah yang keji. Tak hanya itu, doa ini juga bisa diamalkan jika sedang mengalami ujian hidup.

Lantas, seperti apa bacaannya? Simak selengkapnya di bawah ini:

Fa qoolu ‘alallohi tawakkalnaa, robbanaa laa tajalnaa fitnatal lil qoumizh zhoolimiin. Wa najjinaa birohmatika minal qoumil kaafiriin.

Artinya: “Kepada Allah lah kami bertawakal. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi kaum yang zalim, dan selamatkanlah kami dengan rahmat Engkau dari (tipu daya) orang-orang yang kafir.” (QS Yunus: 85-86)

Nabi Musa membaca dan mengamalkan doa ini karena memohon kepada Allah SWT agar melindungi dirinya dari tipu daya dan fitnah kaum Firaun.

4. Doa Nabi Musa untuk Memohon Kebaikan

Doa yang selanjutnya merupakan bacaan untuk memohon kebaikan ataupun pertolongan dari Allah SWT. Lafaz doanya yakni seperti berikut ini:

Robbi innuu limaa anzalta ilayya min khoirin faqiir

Artinya: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan suatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku” (QS Al Qashash: 24)

Nabi Musa sendiri mengamalkan doa ini ketika ia sedang berada dalam pelarian. Kala itu ia bertemu dengan dua orang penggembala wanita yang sedang kesulitan memberikan minum kepada hewan ternaknya.

Tanpa berlama-lama, Nabi Musa memberikan bantuan kepada dua penggembala tersebut. Kebaikan yang dilakukan oleh Nabi Musa itu pun terbalas, karena ayah dari dua orang penggembala tadi memberikan kesempatan pada Nabi Musa untuk menginap di rumah mereka.

5. Doa Nabi Musa untuk Meminta Petunjuk

Sebagai manusia yang punya banyak kekurangan, tentu kita membutuhkan petunjuk dari Allah SWT terutama di saat sedang dihadapkan pada pilihan atau masalah yang membuat bingung.

Saat berdoa memohon diberikan petunjuk, kamu bisa membaca salah satu doa Nabi Musa seperti berikut ini:

Robbi najjinii minal qoumizh zhoolimin. Asaa robbii ay yahdiyanii sawaa as sabiil.

Artinya: “Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dari orang-orang yang zalim itu. Mudah-mudahan Tuhanku memimpinku ke jalan yang benar.” (Al Qasas: 21-22).

Nabi Musa membaca doa ini ketika ia sedang berada di pelarian dan sedang dikejar-kejar ingin dibunuh. Ia pun kemudian memohon kepada Allah SWT dengan doa ini agar diberikan petunjuk apa yang harus dilakukan selama pelarian.

Keutamaan Membaca Doa Nabi Musa

Ada beberapa keutamaan yang bisa dirasakan jika membaca doa-doa Nabi Musa di atas dengan penuh kesungguhan. Beberapa di antaranya seperti di bawah ini:

1. Diperlancar Urusannya

Diperlancar Urusannya
image by: bola.com

Ketika akan melakukan sebuah urusan, tentu kita berharap agar diberi kelancaran dan kemudahan dalam menunaikan urusan tersebut.

Salah satu keutamaan yang bisa diambil dari doa Nabi Musa di atas adalah akan mendapat kelancaran dan kemudahan dalam hal yang kita lakukan.

Kemudian, doa itu juga bisa dibaca apabila saat menjalankan urusan, kita mengalami kendala atau musibah. Daripada mengeluh atau berpangku tangan, membaca doa tersebut tentu lebih baik.

2. Mendapat Pertolongan dari Allah SWT

Mendapat Pertolongan dari Allah SWT
Image by: lampung.nu.or.id

Salah satu tujuan berdoa adalah memohon agar diberikan pertolongan oleh Allah SWT. Semua doa baik untuk dibaca, termasuk doa Nabi Musa di atas.

Doa yang diajarkan oleh Nabi Musa pun bisa kita amalkan agar mendapatkan pertolongan dalam menghadapi masalah hidup.

3. Dimudahkan Berkata yang Baik

Kata-kata yang baik tentu akan memberi manfaat bagi diri sendiri dan orang yang mendengarkannya. Dengan membaca doa Nabi Musa, diharapkan kata-kata yang keluar dari mulut kita memberikan kebaikan