5 Doa Nabi Daud Penuh Keutamaan, Melembutkan Hati Hingga Mendapat Jodoh

Doa Nabi Daud
image by: slate.com

Waktuku.com – Doa Nabi Daud dapat dijadikan amalan yang dibaca sehari-hari. Doa yang dibaca Nabi Daud tersebut memiliki beberapa keutamaan yang berbeda, mulai dari melembutkan hati hingga merekatkan rumah tangga.

Nabi Daud sendiri adalah salah satu dari 25 nabi yang wajib diimani oleh umat Islam. Ia diutus oleh Allah SWT untuk berdakwah dan menyampaikan wahyu kepada kaum Bani Israil.

Dirinya juga termasuk utusan Allah SWT yang disebut sebagai Ulul Azmi, yakni nabi dan rasul yang memiliki kesabaran dan kegigihan yang luar biasa dalam menyampaikan dakwah dan mengajak manusia ke jalan yang benar.

Lantas, apa saja bacaan doa Nabi Daud yang bisa kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari? Yuk, simak lewat ulasan berikut ini.

5 Doa Nabi Daud

1. Doa Nabi Daud untuk Melembutkan Hati Seseorang

Doa Nabi Daud untuk Melembutkan Hati Seseorang
image by: unitecloud.org

Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT agar melembutkan hati seseorang. Karena memang hanya Allah sajalah yang mampu membolak-balikkan hati manusia dan melembutkan kerasnya hati seseorang. Lafaznya adalah seperti di bawah ini:

Allahumma laiyinli qalbahu, laiyinta li daudal hadid

Artinya: “Ya Allah, lembutkanlah hatinya sebagaimana Engkau melembutkan Daud (akan) besi.”

2. Doa Nabi Daud Meminta Suara Merdu

Doa Nabi Daud Meminta Suara Merdu
image by: muslimmatters.org

Ada pula doa yang bermaksud untuk meminta agar diberikan suara yang merdu. Doa ini banyak dibaca dan diamalkan oleh para pembaca Al Quran. Doa yang dimaksud adalah seperti di bawah ini:

Allaahumma inni as aluka shautan khofiifan hasanan qawiyyan ka shauti nabiyyina daawuda ‘alaihi salaam

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku minta kepada-Mu suara yang ringan, bagus, dan kuat seperti suara Nabi Daud ‘alaihi salaam.”

3. Doa Nabi Daud untuk Dipermudah Jodoh

Doa Nabi Daud untuk Dipermudah Jodoh
image by: unsplash.com

Doa ini merupakan bacaan yang bisa diamalkan jika kamu sedang ingin segera menemukan jodoh. Doa yang satu ini juga dibaca oleh Nabi Daud saat diirnya memohon cinta kepada Allah SWT.

Allaahumma inni as aluka hubbaka, wa hubba man yuhibbuka, wal ‘amalalladzii yuballighunii hubbaka. Allaahummaj’al hubbaka ahabba ilayya min nafsii wa ahlii wa minal maail baarid

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kecintaan-Mu dan kecintaan orang yang mencintai-Mu, serta amalan yang menyampaikanku kepada kecintaan-Mu.

Ya Allah, jadikanlah kecintaan-Mu lebih aku cintai daripada diriku, keluargaku, serta air dingin.”

4. Doa Nabi Daud untuk Ketentraman Rumah Tangga

Setiap pasangan suami dan istri tentu mengharapkan rumah tangga yang harmonis dan tentram. Selain dengan ikhtiar, ketentraman dlam rumah tangga juga bisa dicapai dengan doa.

Di antara doa yang bisa dibaca untuk menjaga ketentraman dalam rumah tangga adalah doa dari Nabi Daud. Bacaannya adalah sebagai berikut:

Allahumma inni a’uzubika min malin yakunu ‘alayya fitnatan wa min waladin yakun ‘alayya wabalan wa min imroatis su-i tuqorribus syaiba qablal masyibi

Wa a’uzubika min jaris su-i tar’ani ‘ainahu wa tasma’uni uzunahu in ro-a hasanatan dafanaha wa ini ro-a sayyiatan aza’aha.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari harta yang menjadi fitnah, dari anak yang menjadi bencana, dari istri buruk yang mendekatkan uban sebelum datangnya waktu beruban.

Dan aku berlindung kepada-Mu dari tetangga buruk yang matanya mengawasiku dan kedua telinganya mendengarku, yang jika melihat kebaikan ia sembunyikan, dan jika melihat keburukan maka ia sebarkan.”

Doa ini berasal dari hadis riwayat Imam Thabrani dari ibnu abbas, ia berkata:

“Sebagian doa Nabi daud adalah, ‘Allahumma inni a’uzubika min malin yakunu ‘alayya fitnatan wa min waladin yakun ‘alayya wabalan wa min imroatis su-i tuqorribus syaiba qablal masyibi.

Wa a’uzubika min jaris su-i tar’ani ‘ainahu wa tasma’uni uzunahu in ro-a hasanatan dafanaha wa ini ro-a sayyiatan aza’aha.”

5. Doa Nabi Daud Untuk Meluluhkan Hati Seseorang

Bacaan yang satu ini bisa diamalkan jika ingin memohon kepada Allah SWT agar berkehendak meluluhkan hati seseorang. Selain itu, doa ini juga bisa dibaca saat sedang mengalami suatu kesulitan. Bacaannya adalah sebagai berikut:

Allaahumma innaka antal azizul kabir. Wa anaa abduka adh-dhoiifudz dzalil. Alladzii laa haula wa laa quwata illaa bika. Allaahumma sakh-khir lii (sebut nama orang yang dimaksud) kama sakh-khorta firauna li musa.

Wa layyin li qolbahuu kama layyan talhadiida li dawuda fa innahu la yantiqu illa bi idznika. Nashiyatuhuu fi qobdhatika, wa qolbuhuu fi yadikka. Jalla tsanau wajhik ya arhamar raahimiin.

Artinya: “Ya Allah, sungguh Engkau Maha Mulia Maha Besar. Sementara aku hamba-Mu yang sangat hina dina. Tiada upaya dan kekuatan kecuali karena Engkau.

Ya Allah tundukkanlah (sebut nama orang yang dimaksud) padaku, sebagaimana Engkau telah menundukkan Firaun pada Musa. Dan luluhkan hatinya sebagaimana Engkau telah meluluhkan besi untuk Daud.

Karena sungguh dia takkan berbicara kecuali dengan izin-Mu. Ubun-ubunnya dalam genggaman-Mu, dan hatinya di tangan-Mu. Pujian wajah-Mu telah Agung, wahai yang lebih sayang dari para penyayang.”

Mukjizat Nabi Daud

Selayaknya para nabi dan rasul utusan Allah SWT yang lainnya, Nabi Daud juga memiliki mukjizatnya tersendiri. Berikut ini deretan mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Daud.

1. Kitab Zabur

Di antara semua mukjizat nabi Daud, kitab Zabur adalah yang terbesar yang dimilikinya. Kitab suci ini berisi pujian terhadap Allah SWT, peringatan, dan juga kisah-kisah dari umat terdahulu beserta kisah para nabi yang akan datang.

Nabi Daud juga memiliki kemampuan untuk menghabiskan bacaan kitab Zabur dengan lancar dan cepat.

2. Dikaruniai Suara yang Sangat Merdu

Mukjizat Nabi Daud yang selanjutnya adalah ia memiliki suara yang sangat merdu dan tak ada tandingannya. Suaranya yang merdu saat membaca kitab Zabur dapat membuat orang yang sakit menjadi pulih dan sembuh seperti sediakala.

Selain itu, dikatakan bahwa siapapun yang mendengar suara merdu Nabi Daud, maka ia dapat tidur dengan lelap.

3. Mampu Memahami Bahasa Para Hewan

Selama ini mungkin kita mengetahui bahwa yang mampu memahami bahasa Hewan adalah Nabi Sulaiman. Namun, ternyata Nabi Daud pun juga memiliki kemampuan tersebut.

Hal ini terjadi saat suatu hari, Nabi Daud melewati burung-burung yang saling berkicau satu sama lain. Ternyata sang nabi mampu mengerti apa yang dibicarakan oleh burung-burung tersebut.

Sejak saat itu, Nabi Daud menyadari bahwa ia memiliki kemampuan untuk mengerti bahasa yang diucapkan oleh para hewan.

Tak hanya memahaminya, Nabi Daud juga sangat menyayangi hewan-hewan tersebut. Para hewan pun demikian, mereka juga punya rasa sayang yang besar pada Nabi Daud dan sangat patuh kepadanya.

4. Dapat Melembutkan Besi dengan Tangannya

Mukjizat Nabi Daud lainnya yang terkenal adalah kemampuan untuk melunakkan atau melembutkan besi. Tangan Nabi Daud dikaruniai kekuatan yang besar sehingga mampu menempa, melenturkan, dan melembutkan besi tanpa perlu dipanaskan dengan api.

Dengan mukjizatnya yang satu ini, Nabi Daud mampu membuat baju besi dengan kualitas yang terbaik dan sempurna.